kreativitas adalah

6 Alasan Mengapa Kreativitas Penting dalam Pekerjaan

Orang dengan kreativitas tinggi cenderung mampu menghasilkan ide atau memecahkan masalah di sekitarnya. Anda harus mampu memandang sesuatu dari sudut pandang yang bermacam-macam. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja!

Mengapa menjadi kreatif sangat dibutuhkan di dunia kerja?

 

Apa yang Dimaksud dengan Kreativitas dalam Pekerjaan?

Ketika Anda membayangkan kreativitas, Anda mungkin memikirkan hal-hal seperti musik, karya seni, atau cerita. Tapi kreativitas lebih dari itu. Kreativitas adalah pola pikir yang tidak biasa atau out of the box yang mampu menggabungkan berbagai ide dengan cara baru lalu  menghasilkan ide atau solusi.

Orang-orang kreatif selalu mengajukan pertanyaan dan mencari cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu dengan cara yang efektif dan efisien. Karena ide-idenya yang brilian, orang kreatif ini sangat dibutuhkan di perusahaan untuk mampu menumbuhkan inovasi demi perkembangan bisnis yang lebih baik. 

 

6 Alasan Kreativitas Penting dalam Pekerjaan

Berpikir kreatif mendorong orang untuk terus mencari cara alternatif untuk menyelesaikan tugas atau memikirkan suatu konsep. Mengapa kreativitas penting dalam pekerjaan? Apa alasan lainnya selain menguntungkan pihak perusahaan? 

 

Memecahkan Masalah

Pemecahan masalah adalah salah satu aspek terpenting dari pekerjaan apa pun. Masalah apapun dapat terpecahkan baik itu masalah kecil seperti meredakan kemarahan pelanggan. Pemecahan masalah berguna dalam semua situasi.

 

Meminimalkan Stress

Ternyata, berpikir kreatif membuat Anda menjadi lebih tenang dan mengurangi stress. Hal ini dikarenakan masalah yang cepat diselesaikan melalui ide-ide unggulan. Semakin sedikit stress Anda, semakin baik Anda berpikir. Mengurangi stres bukan hanya bagian dari gaya hidup sehat tetapi juga karier yang sukses.

 

Menumbuhkan Ide Inovatif

Tanpa kreativitas, Anda tidak akan memiliki hal hal inovatif seperti mobil, lampu dan lainnya. Kreativitas sering dianggap aneh atau tidak berguna, tetapi imajinasi dan kepercayaan pada seseorang membantu menghasilkan ide-ide baru yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya oleh perusahaan. 

 

Meningkatkan Fokus

Di tengah dunia yang padat dengan informasi, mempunyai fokus tinggi adalah aspek yang penting. Karena Anda semakin cepat menyelesaikan atau menghasilkan solusi atas suatu hal dengan ide kreatif, Anda dapat fokus mengerjakan tugas lainnya. 

 

Membentuk Tim Solid

Membangun dan membina hubungan dengan orang lain di tempat kerja akan merangsang kerja tim dan kolaborasi yang lebih baik. Dengan adanya kreativitas melalui diskusi dan brainstorming dapat menyatukan tiap individu dalam suatu tim.

Bahkan, adanya kebebasan untuk eksplorasi berbagai hal dapat menjadikan seorang yang awalnya kurang kreatif menjadi lebih kreatif! 

 

Baca Juga: 7 Kiat Mengembangkan Kerja Sama Tim dalam Perusahaan

 

Menonjolkan Karir

Pribadi yang kreatif lebih dicari dibandingkan individu yang terlihat biasa-biasa saja. Menjadi seseorang dengan kreativitas yang tinggi dapat membuat Anda lebih menonjol dari segi karir.

Bila sudah begini, Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau justru perusahaanlah yang mencari Anda dikarenakan skill Anda yang terlihat meyakinkan!

 

Bagaimana Cara Menjadi Lebih Kreatif dalam Bekerja?

Setelah mengetahui pengertian kreativitas dan juga alasan mengapa kreativitas itu sangat dibutuhkan dan penting untuk pekerjaan, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi lebih kreatif saat bekerja.

 

Selalu Memiliki Rasa Penasaran

Rasa ingin tahu yang kuat adalah awal menjadi orang yang kreatif. Gunakan rasa ingin tahu Anda untuk mengeksplorasi mengapa sesuatu terjadi, bagaimana cara kerjanya, apa dampaknya.

Jika kebiasaan ini sudah terbentuk, Anda menjadi lebih terbiasa untuk memecahkan suatu permasalahan atau mencari solusi dalam pekerjaan. 

 

Rajin Mendokumentasikan Ide 

Orang yang kreatif cenderung memiliki segudang ide yang secara otomatis mengalir di otak. Sering kali banyaknya ide ini justru membanjiri Anda lalu Anda melupakannya di kemudian hari.

Agar tidak ada satu ide pun yang terbuang sia-sia, rajinlah mendokumentasikan ide dalam bentuk catatan sederhana. Sehingga ketika Anda membutuhkan ide tersebut, Anda tinggal mengembangkannya sesuai kebutuhan. 

 

Sering Terlibat dalam Diskusi

Cara selanjutnya untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif adalah melibatkan diri di dalam kegiatan diskusi. Jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau masukan yang membangun.

Akan tetapi, pastikan masukan tersebut tidak bersifat negatif dan akhirnya menyinggung orang lain. 

 

Baca Juga: Panduan Brainstorming Efektif & Efisien di Dunia Kerja 

 

Percaya Diri untuk Menjadi Beda

Ketika Anda memberikan suatu gagasan, mungkin gagasan Anda akan terlihat berbeda dari yang lain. Perbedaan gagasan Anda dengan yang lain tidak selalu menunjukkan jika Anda keliru atau bodoh.

Percaya dirilah dengan perbedaan tersebut tetapi tetap terbuka dengan segala masukan dari rekan untuk melengkapi gagasan Anda.

 

Minta Feedback dari Rekan

Sekreatifnya diri Anda, suatu hari Anda bisa mengalami kelelahan dan sulit untuk menggali ide-ide baru. Untuk itulah Anda harus meminta feedback dari rekan-rekan Anda.

Dari berbagai masukan tersebut, Anda bisa mengembangkan gagasan baru yang siap diimplementasikan.  

 

Siap untuk Gagal

Di balik setiap kejeniusan kreatif terdapat kisah-kisah kegagalan. Demikian juga jika Anda ingin menumbuhkan kreativitas, maka Anda harus siap mengalami kekeliruan hingga kegagalan. Anda dapat belajar dari kegagalan dan siap untuk memulai kembali dari awal. 

 

Kesimpulan

Kreativitas menjadi hal yang penting di dunia kerja. Ada berbagai manfaat yang diambil dari menjadi pribadi yang kreatif baik dari sisi perusahaan dan pekerja.

Untuk mempertahankan nilai Anda sebagai pekerja, Anda harus berlatih dalam mengembangkan dan memupuk gagasan terbaru. Beberapa ide di atas dapat Anda terapkan sehari-hari selama bekerja. Semoga berhasil!