out of the box

Jadilah Out of The Box dalam Pekerjaan Anda! Bagaimana Caranya?

Saat ini banyak perusahaan yang mulai mempekerjakan karyawan yang mampu berpikir out of the box atau berpikir dengan cara yang tidak biasa. 

Lalu bagaimana cara untuk berpikir secara  out of the box dan kenapa harus melakukan berpikir secara tidak biasa? Untuk menjawab hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya tentang pemikiran out of the box dibawah ini.

 

Apa Itu Out of The Box?

Out of the box artinya adalah mengeksplorasi ide-ide yang kreatif dan tidak biasa dan tidak dibatasi atau dikendalikan oleh aturan atau tradisi.

 

Kenapa Anda Harus Menjadi Orang Out of The Box?

Berpikir out of the box berarti kita dapat menemukan atau memecahkan masalah dengan cara yang berbeda. Berpikir out of the box adalah mencari cara-cara baru bagaimana meningkatkan produktivitas diri.

Bukan hanya meningkatkan 5% atau 10% saja, tetapi bagaimana melipatgandakannya. Berpikir dengan cara serperti ini berarti Anda harus berani melakukan sesuatu yang berbeda. Selain itu apalagi?

 

Perspektif yang Lebih Besar

perspective
perspective

 

Berpikir dengan cara ini dapat memperluas pandangan Anda, memungkinkan Anda untuk memiliki perspektif yang lebih besar tentang peristiwa dan kejadian dalam karir Anda.

Ketika Anda bersedia mempertimbangkan sudut pandang dan cara melakukan sesuatu dengan lainnya, Anda akan lebih terbuka terhadap berbagai sudut pandang dan solusi potensial yang berbeda.

 

Pemecahan Masalah yang Lebih Kreatif.

Ketika Anda berpikir hanya itu-itu saja, pertumbuhan karier Anda bisa terhambat. Ketika ada sejumlah cara yang terbatas yang dapat dilakukan berarti ada batasan yang akan Anda capai.

Ketika Anda berpikir out of the box, tiba-tiba ada lebih banyak kemungkinan dan peluang. Anda mungkin akhirnya menemukan cara yang lebih kreatif untuk memecahkan masalah.

 

Mudah Beradaptasi.

Baik Anda seorang penulis, pedagang, atau entrepreneur, satu hal yang pasti yaitu, karir Anda akan berubah seiring waktu. Teknologi, selera orang, dan segala macam faktor lainnya terus berkembang, dan Anda harus dapat mengubah jenisnya agar tetap relevan.

Sebagai contoh, sebagai seorang guru harus terus berkembang agar tetap kekinian. Jika tidak mengevaluasi dan mengubah teknik dengan perubahan waktu, akan dengan cepat menjadi ketinggalan jaman di bidang saya.

Mungkin salah satu efek paling mendalam dari berpikir dengan cara ini adalah hal itu akan membantu Anda tetap beradaptasi. Pikiran Anda tidak akan tertutup untuk ide atau solusi atau situasi baru, dan karena itu Anda akan lebih mampu menavigasi lanskap bisnis yang terus berubah.

 

Baca Juga: Jadilah Agen Perubahan atau Agent of Change dalam Perusahaan!

 

Membantu Anda untuk Tetap Stands-Out

Ketika Anda mampu mendekati bisnis dan karir Anda dari sudut pandang out-of-the-box, Anda pada dasarnya membiarkan diri Anda berpikir secara berbeda.

Kemampuan untuk berpikir out of the box dapat menjadi aset bagi Anda sebagai individu atau sebagai profesional. Para pemimpin dan perusahaan mengetahui hal ini dengan sangat baik. Jangan takut untuk menjadi berbeda, karena itu dapat memisahkan Anda dari pesaing dan membantu Anda menonjol dengan cara yang baik.

 

Cara Menjadi Orang Out of The Box

Berpikir out of the box membutuhkan perubahan perilaku yang terkait dengan masing-masing. Anda dapat menganggap masing-masing perubahan ini sebagai cara untuk upgrade diri.

Bagaimana cara menjadi orang out of the box?

 

Mengikuti Kelas Pelatihan

Mempelajari topik baru tidak hanya akan mengajarkan Anda serangkaian fakta baru, tetapi juga akan mengajarkan Anda cara baru dalam memandang dan memahami aspek kehidupan sehari-hari Anda atau tempat kerja.

Hal ini akan membantu memperluas baik cara Anda melihat masalah maupun luasnya kemungkinan solusi yang dapat Anda temukan.

 

Mengubah Space

Sangat penting untuk menjauh dari semua rutinitas yang biasa untuk menumbuhkan kreativitas. Gagasan untuk mengubahnya adalah hal yang umum di antara para pemikir sukses dan kreatif. Ini berarti Anda membuat aktivitas khusus seputar kreativitas, atau Anda hanya menemukan cara untuk beristirahat.

 

Belajar Lebih dalam Tentang Pandangan yang Berbeda

Perbedaan perspektif dapat membantu Anda menemukan solusi dan menghasilkan ide yang berbeda. Salah satu cara untuk mengubah perspektif Anda adalah dengan mengeksplorasi sesuatu dari sisi lain argumen.

Anda mungkin memiliki alasan yang baik untuk melakukan atau memercayai sesuatu sebagaimana adanya Anda, tetapi orang lain juga memiliki alasan untuk menentang keyakinan mereka.

Anda mungkin juga menemukan bahwa keyakinan yang berlawanan tidak memiliki validitas untuk mereka, tetapi dengan menjelajahinya, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda.

 

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

 

Selalu Bertanya “Mengapa?”

why
Why

 

Berpikir kreatif adalah tentang eksplorasi. Terus-menerus bertanya dan menjawab pertanyaan “Mengapa?” akan membangun pengetahuan dan fleksibilitas berpikir Anda.

Anda akan menemukan jalan baru dan berbeda untuk dijelajahi dengan menyelidiki alasannya, karena Anda akan menemukan hal-hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Bertanya “Mengapa?” juga mencegah Anda jatuh ke dalam kebiasaan dan rutinitas yang sama.

Misalnya,

  • Mengapa aku melakukan ini?
  • Mengapa kita melakukan ini dengan cara khusus ini?
  • Mengapa saya tidak bisa melakukan ini dengan cara yang berbeda?
  • Mengapa cara ini dipilih?

 

Menjadi seorang karyawan out of the box merupakan hal yang diinginkan oleh setiap pimpinan. Untuk menjadi karyawan unik dan out of the box butuh usaha yang keras akan itu. Yuk ubah dirimu menjadi lebih update!

Semangat!

 

Referensi:

Why You Need to Think Outside the Box (entrepreneur.com)