Legal Officer

Tugas, Skill dan Syarat Wajib untuk Menjadi Legal Officer

Untuk mengurusi permasalahan hukum, Legal Officer menjadi profesi yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi. Sebagai seorang sarjana hukum, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan profesi ini bukan?

Namun agar bisa berkecimpung secara langsung pada pekerjaan ini, tentunya terdapat berbagai persyaratan dan skill yang harus dipenuhi. Apa saja persyaratan dan skill tersebut? Untuk lebih jelasnya, simaklah artikel berikut ini!

Pengertian Legal Officer

Apa itu legal officer?

Legal officer adalah suatu profesi yang bertugas untuk menangani masalah hukum baik internal maupun eksternal, serta melakukan menjaga organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja agar terhindar dari permasalahan hukum.

Posisi ini bisa ditempatkan oleh suatu perusahaan swasta, agensi, dan berbagai bidang pekerjaan lainnya untuk mengatur legalitas serta izin perusahaan. Maka dari itu, profesi tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar bisa tetap beroperasi.

 

Syarat Menjadi Legal Officer

Jika Anda tertarik untuk bekerja menjadi Legal Officer, tentunya terdapat beberapa persyaratan atau kualifikasi yang harus dipenuhi.

Syarat pertama dan yang paling penting adalah memiliki gelar sarjana hukum setingkat Diploma atau Strata 1 (S1). 

Selain memiliki gelar dalam bidang hukum, Anda juga bisa mengikuti praktik magang di berbagai firma hukum atau perusahaan agar bisa menambah pengalaman kerja serta wawasan dalam bidang penasihat hukum.

 

Baca Juga: Pentingnya Asas Legalitas untuk Pengelolaan SDM

 

Tugas dan Tanggung Jawab Legal Officer

Agar lebih memastikan bahwa tindakan hukum yang dijalani telah sesuai untuk keberlangsungan operasi perusahaan, pekerjaan ini memiliki tugas dan tanggung jawab penting yang akan mereka kerjakan.

Beberapa tugas atau job description Legal Officer antara lain. tersebut yaitu:

 

  • Memberikan Nasihat Hukum

Penasihat hukum memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pengarahan kepada anggota tim serta staff perusahaan mengenai masalah hukum, kewajiban potensial, serta tindakan hukum yang tepat.

Sehingga, pekerjaan ini akan membantu untuk menerjemahkan bahasa hukum yang rumit dan merubahnya ke bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang. Selain itu, mereka harus bisa memberikan rekomendasi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan hukum.

 

  • Mengelola Dokumen

Selanjutnya, mereka bertanggung jawab untuk memproses seluruh dokumen, mulai dari menulis, meninjau dokumen penyelesaian, kontrak, Surat Perjanjian, sertifikat saham, dan dokumen penting lainnya. Seluruh tugas inilah yang akan menjadi rutinitas sehari-sehari dan membutuhkan fokus dan presisi yang pas.

 

  • Melakukan Penelitian

Karena hukum serta peraturan perundang-undangan selalu berubah-ubah, Legal Officer harus terus melakukan penelitian terkait sumber daya hukum melalui artikel, Undang-Undang, keputusan pengadilan, dan sumber lainnya.

Dengan begitu, mereka dapat mengetahui semua Undang-Undang yang sedang ditetapkan dan bisa memberikan rekomendasi atau saran hukum yang tepat.

 

  • Mengidentifikasi Risiko Masalah Sejak Dini

Agar tidak menimbulkan masalah yang besar, permasalahan hukum harus dihentikan sejak awal bahkan sebelum masalah itu timbul. 

Maka dari itu, staff Legal Officer harus bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang akan timbul agar bisa menentukan tindakan serta keputusan yang tepat. Mereka juga akan memberikan pengarahan kepada perusahaan terkait alternatif tindakan untuk mengurangi risiko.

 

Baca Juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Firma di Indonesia

 

Skill yang Wajib Dikuasai Legal Officer

Agar bisa menguasai tugas dan tanggung jawab yang telah disebutkan di atas, tentunya terdapat beberapa skill khusus yang wajib dikuasai agar bisa menjadi Legal Officer profesional. Perhatikanlah skill berikut ini!

 

Skill Inti

Terdapat beberapa skill inti yang wajib dikuasai untuk menjadi seorang penasihat hukum, yaitu:

  • Skill komunikasi baik verbal maupun non verbal yang cukup baik.
  • Skill kepemimpinan.
  • Pengetahuan tentang hukum serta peraturan negara yang sedang berlaku.
  • Dapat melakukan pekerjaan secara detail.
  • Keterampilan negosiasi yang baik.
  • Kemampuan untuk menyiapkan seluruh dokumen hukum secara kompleks.
  • Keterampilan administrasi.
  • Kemampuan dalam menganalisa yang baik.

 

Skill Tingkat Lanjut

Setelah menguasai skill ini, terdapat juga skill tingkat lanjut yang umumnya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan atau organisasi.

  • Pengalaman dan pengetahuan terhadap industri tempat mereka bekerja.
  • Bisa menguasai lebih dari 1 bahasa.

 

Skill Penguasaan Alat/Perangkat

Selain skill-skill di atas, tentunya terdapat beberapa alat atau perangkat lunak yang akan sering digunakan untuk menunjang pekerjaan hukum. Maka dari itu, Anda juga harus bisa menguasai beberapa perangkat yang akan digunakan.

  • Kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office.
  • Dapat menggunakan peralatan kantor seperti halnya mesin fotokopi, printer, atau fax.
  • Menguasai sistem telekomunikasi.
  • Menguasai sistem komunikasi digital.

 

Gaji Legal Officer

Tugas dan perannya untuk mengurusi masalah hukum akan sangat dibutuhkan bagi perusahaan, organisasi, atau industri di berbagai bidang kerja. Karena dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki ini akan membantu perusahaan untuk terbebas dan memberikan arahan hukum demi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Maka dari itu, gaji Legal Officer di Indonesia ini bisa terbilang cukup tinggi. Dilansir dari hukumonline.com, Legal Officer akan mendapatkan gaji paling sedikit sekitar Rp370 juta, dan paling besar dapat mencapai angka Rp750 juta per tahunnya untuk tahun 2021. Jadi dalam sebulan, pekerjaan ini bisa mendapatkan gaji sekitar Rp29 juta hingga Rp 60 juta.

 

Baca Juga: 10 Daftar Pekerjaan di Indonesia dengan Gaji Tertinggi

 

Demikian penjabaran mengenai tugas Legal Officer beserta dengan skill yang harus dikuasai. Dalam sebuah perusahaan, tentunya pekerjaan ini akan menjadi posisi yang cukup penting untuk mengurusi seluruh perizinan serta permasalahan hukum suatu organisasi. Melalui artikel ini, semoga dapat membantu Anda untuk mengetahui ruang lingkup pekerjaan seorang Legal Officer. Selamat mencoba!