pekerjaan dengan gaji tinggi

Mengejutkan! Deretan 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia!

Pekerjaan dengan gaji tinggi tentu menjadi idaman banyak orang. Mungkin Anda juga mengidamkan hal yang sama? Kira-kira apa saja pekerjaan yang memiliki gaji tinggi di Indonesia? Simak 10 pekerjaan berikut ini!

 

Rentang Gaji Tinggi di Indonesia

Sebelum mulai memasuki daftar pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia, pertanyaannya berapakah angka gaji yang dianggap tinggi? 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata gaji yang diperoleh karyawan di Indonesia pada 2021 sebesar Rp 2,76 juta per bulan.

 

10 Pekerjaan Gaji Tertinggi di Indonesia

Lalu bagaimana dengan pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia? Berapa rupiah yang dapat mereka bawa pulang? Inilah 10 diantaranya:

 

1. Pakar Konstruksi

Di tengah pembangunan infrastruktur yang terus digenjot, maka tenaga ahli konstruksi semakin dibutuhkan. 

Karena tingginya permintaan maka pakar konstruksi yang baru menjadi sarjana atau fresh graduate dengan posisi manajer proyek bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 20 juta. Apabila latar belakang pendidikan semakin tinggi misalnya S3 maka gaji yang diperoleh dapat mencapai Rp 60 juta setiap bulannya. 

 

2. Manajer Human Resource (SDM)

Karena HRD adalah bagian vital yang menghubungkan antara pekerja dengan perusahaan maka wajar apabila departemen ini mendapat gaji tinggi. 

Contohnya saja manajer SDM di PT. Indofood berpenghasilan mencapai Rp 55 juta setiap bulan. 

Sementara berdasarkan data yang dirilis pada tahun 2017, penghasilan manajer bagian HRD dapat berada di kisaran Rp 30 juta setiap bulan, itu belum termasuk tunjangan dan benefit yang mereka dapatkan. 

 

3. Kepala Bidang Hukum

Kepala bidang hukum memiliki tanggung jawab besar berkaitan dengan segala urusan hukum. Apabila hukum dan undang-undang tidak diperhatikan maka perusahaan dapat terjebak di dalam masalah hukum yang tidak diinginkan. 

Sehingga wajar adanya apabila Kepala Bidang Hukum ini memperoleh gaji sebesar 57 juta – 90 juta rupiah. 

 

4. Ahli Tambang

Memang sebelumnya artikel ini mengatakan bahwa gaji pertambangan berada di kisaran 4 juta rupiah. 

Namun jika seseorang adalah fresh graduate berkualitas dapat memperoleh minimal penghasilan Rp 6 juta sampai dengan Rp 8 juta. Apabila karir terus menanjak sampai ke level menengah dan senior maka minimal dapat mendapatkan bayaran sebesar 30 juta rupiah setiap bulan. 

Namun apabila menduduki jabatan sebagai kepala operasional maka penghasilan dapat dimulai dari angka 150 – 300 juta per bulan. Maka tak heran jika ahli tambang dapat digolongkan sebagai salah satu pekerjaan gaji termahal. 

 

5. Pemasaran

Seluruh bidang usaha pasti membutuhkan pemasaran. Karena itu tenaga ahli pemasaran memiliki potensi penghasilan yang cukup besar. 

Dengan pendapatan awal dapat mencapai 10 juta rupiah. Cukup besar bukan jika dibandingkan dengan gaji rata-rata tertinggi di Indonesia? 

Namun tidak berhenti sampai disitu saja. Sebab apabila karir terus membaik dan mencapai posisi Direktur Pemasaran maka gaji tiga digit dapat diraih, mulai dari 110 juta – 150 juta rupiah per bulan.

 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan di Perusahaan

 

6. Insinyur di Bidang Perminyakan dan Gas

Indonesia kaya akan minyak dan gas. Namun membutuhkan tenaga berkualitas untuk menangani bidang ini. Karena itu penghasilan yang didapatkan oleh fresh graduate dapat berkisar antara 4 sampai 10 juta rupiah. 

Namun jika memiliki spesialisasi seperti petroleum engineer maka gaji yang didapatkan berkisar 35 – 70 juta rupiah. 

 

7. Ahli Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi semakin dahsyat dan cepat. Maka perusahaan akan berusaha untuk mengejar teknologi agar mampu bersaing. 

Ahli TI menjadi salah satu tenaga kerja yang diincar oleh perusahaan. Ingin tahu berapa penghasilannya?

Mulai dari 15 juta rupiah sampai dengan 35 juta rupiah bagi mereka yang berposisi sebagai software engineer atau kepala proyek TI. Namun jika jabatan manajer TI maka penghasilan dapat menembus 250 juta rupiah. 

 

Baca Juga: Apa Saja Peranan CTO di Perusahaan? 

 

8. Konten Kreator

Di era saat ini kebutuhan konten kreator semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Baik sebagai tenaga kerja lepas atau tetap. Dengan adanya konten kreator maka perusahaan dapat terus menyajikan konten berkualitas terutama pada situs atau platform digital mereka.

Gaji konten kreator yang sukses dapat mencapai 250 juta rupiah dan tidak terbatas. Selama terus kreatif dan dicari banyak orang maka sumber penghasilannya akan terus berputar. 

 

9. Perbankan

Dunia perbankan adalah sektor esensial yang harus terus hidup. Setiap saat bank akan terus mencari lulusan baru. Gaji untuk fresh graduate memang “hanya” 5 juta rupiah. 

Tetapi bila karir terus beranjak naik maka angka 100 juta akan dapat dicapai. Bahkan apabila menjadi direktur keuangan gaji yang didapat mulai dari 120 – 250 juta/bulan.

 

10. CEO

Tentu saja siapa yang tidak mendambakan posisi Chief Executive Officer? CEO adalah jabatan tertinggi di dalam dunia korporasi yang penunjukkanya dilakukan oleh dewan direksi. 

Apabila ditarik jumlah rata-rata maka penghasilan CEO adalah 37 juta rupiah. Tetapi tentu semakin besar perusahaan maka semakin besar pula gajinya. Sebagai gambaran saja, PT Garuda Indonesia memberikan gaji CEO sebesar 80 juta setiap bulan atau jika dikalkulasikan per tahun mencapai 960 juta rupiah. 

Bahkan angka ini belum yang tertinggi sebab CEO perusahaan asing dapat memiliki gaji sebesar 130 – 250 juta setiap bulannya. Apabila Anda adalah pemilik perusahaan atau staf HRD maka tentu mengelola gaji karyawan menjadi tantangan tersendiri. 

Gaji yang bervariasi dengan jumlah karyawan yang tidak sedikit dapat membuat pekerjaan HRD menjadi berat. Belum lagi HRD juga harus menghitung berbagai benefit yang didapatkan setiap karyawan yang berbeda-beda.

Sebab kini LinovHR hadir melalui Software HRD khusus menangani seluruh keperluan human resources. Mulai dari pengelolaan gaji, payroll, cuti, pensiun sampai data karyawan yang keluar masuk akan terdata secara digital. 

Seluruh data karyawan dan staf dari level terendah sampai tertinggi akan terkelola dengan baik tanpa ada miss. Sebab teknologi yang digunakan berbasis cloud, tanpa kertas, dan dapat diakses dari mana saja. Pengelolaan gaji mulai dari fresh graduate, tenaga lepas, paruh waktu, karyawan tetap sampai dengan CEO mampu dilakukan secara digital, akurat dan terkomputerisasi. 

 

Baca Juga: Ingin Menjadi Data Scientist? Kenali Skill Wajib dan Tugas Berikut Ini!

 

Itulah pembahasan mengenai pekerjaan dengan gaji tinggi, apakah Anda tertarik untuk menggeluti salah satu profesi di atas? Semoga ulasan mengenai pekerjaan dengan gaji termahal dapat menginspirasi Anda!