search engine marketing

Mengenal Tugas, Tanggung Jawab dan Gaji Search Engine Marketing (SEM)

Bisnis saat ini membutuhkan visibilitas online yang baik agar bisa sukses. Pengunjung situs web sama dengan pelanggan baru. Mengkomunikasikan dan memunculkan minat pada layanan serta produk adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

Maka dari itu, kehadiran Search Engine Marketing Spesialis dalam sebuah bisnis dapat menjadi sebuah solusi. Simak artikel ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai apa itu Search Engine Marketing Spesialis!

 

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)?

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)? Search Engine Marketing adalah sebuah praktik pemasaran untuk beriklan dan muncul di mesin pencari. Mekanisme dari praktik ini adalah pengiklan membayar atau memberikan bid dengan nominal tertentu agar bisa muncul di halaman pencarian untuk kata kunci atau keyword tertentu.

Strategi beriklan ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan di berbagai bidang, besar maupun kecil. Hal ini dikarenakan biaya beriklan dalam saluran ini memiliki tarif yang bervariatif, bahkan cenderung murah.

Alasan lainnya kenapa banyak perusahaan sudah mempraktikkan praktik ini adalah karena impact-nya cenderung cepat. Berbeda dengan praktik Search Engine Optimization (SEO) yang lebih memakan waktu lama.

Salah satu contoh Search Engine Marketing adalah iklan berbayar per-klik atau pay per click (PPC).

 

Baca juga: Berikut 6 Tips Bagaimana Memilih Influencer yang Tepat Untuk Tingkatkan Marketing

 

Manfaat Search Engine Marketing untuk Perusahaan?

Lalu, seberapa penting Search Engine Marketing dan apa manfaatnya bagi perusahaan? Simak jawabannya di bawah ini.

 

Menjangkau Klien Secara Instan

Pada dasarnya Search Engine Marketing digunakan untuk membuat iklan pencarian berbayar di mesin pencari. Teknik ini digunakan sebagai strategi jangka pendek dengan tujuan untuk menaikkan visibilitas secara cepat ke produk atau layanan Anda. 

 

Meningkatkan Kesadaran Merek

Cara kerja Search Engine Marketing yang melalui mesin pencari memungkinkan pengiklan untuk mengekspos nama merek mereka baik di judul, deskripsi, URL tayangan, atau tautan ekstensi iklan.

Terlebih menurut riset yang dilakukan Google sendiri, dibandingkan pengggunaan SEO atau cara lainnya, SEM mampu meningkatkan kesadaran merek hingga 80%. Meskipun iklan Anda tidak di klik, namun tetap akan tampil di halaman mesin pencarian.

 

Membuat Iklan Penelusuran Bertarget Geografis

SEM dapat mambantu Anda mencapai sasaran ke target pemasaran. Anda dapat menentukan negara, kota, dan bahkan wilayah tertentu di mana saja di dunia yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan siapa saja yang mampir situs Anda berpotensi besar jadi calon pelanggan potensial.

 

Mengelola Iklan Dengan Mudah dan Cepat

Iklan penelusuran secara berbayar dapat dibuat dan dikelola dengan lebih mudah dan cepat. Google Ads memungkinkan Anda menyiapkan jadwal untuk setiap campaign– Anda dapat menjalankan dan menghentikan iklan kapan saja Anda mau. 

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja campaign Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak traffic ke halaman bisnis Anda dalam waktu singkat.

 

Meningkatkan Traffic Melalui Visibilitas Iklan

Iklan penelusuran yang dioptimalkan dapat mengarahkan traffic yang relevan ke situs web Anda karena muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari di atas hasil organik.

 

Tentang Role Search Engine Marketing Spesialis

Search Engine Marketing Spesialis adalah seseorang yang akan membantu mengiklankan suatu bisnis, produk atau jasa di halaman mesin pencari dengan mempertimbangkan berbagai metrics, agar iklan dapat berjalan dengan optimal.

Search Engine Marketing Spesialis akan bekerja berdampingan dengan pakar web lainnya, seperti Web Designer, SEO Spesialis, dan Digital Content Manager untuk meningkatkan traffic situs web melalui berbagai mekanisme berbayar.

 

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Search Engine Marketing? 

Dalam menjalankan tugasnya, seorang SEM Spesialis akan mengelola, melacak, dan menguji marketing campaign. Caranya dengan menggunakan iklan bayar per klik (PPC), menulis copy iklan yang menarik, dan melakukan riset kata kunci. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab Search Engine Marketing Spesialis:

  • Mengumpulkan dan menganalisis data, mengidentifikasi tren dan wawasan untuk mencapai ROI maksimum 
  • Melacak, melaporkan, dan menganalisis analitik situs web dan iklan bayar per klik (PPC)
  • Mengelola pengeluaran campaign untuk tetap pada anggaran 
  • Mengoptimalkan salinan dan landing pages 
  • Melakukan research dan mengoptimalkan kata kunci berbayar 
  • Meneliti dan menganalisis tautan iklan pesaing

 

Baca juga: Marketing 4.0, Menaklukkan Pasar di Era Digital

 

Apa Syarat untuk Menjadi Seorang Search Engine Marketing?

Search Engine Marketing Spesialis bisa dikatakan profesi yang baru dan tidak memiliki persyaratan khusus dalam pendidikan formal. Mayoritas perusahaan pemasaran dan bisnis online yang mencari pekerja yang berprofesi sebagai SEM spesialis lebih mensyaratkan beberapa hal berikut ini:

  • Gelar sarjana dalam pemasaran, komunikasi, teknologi informasi atau bisnis.
  • Berpengalaman satu tahun atau lebih dalam pemasaran online.
  • Kemahiran dalam HTML, CSS, dan bahasa pemrograman yang paling umum.

 

Selain itu, adapun skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang SEM Spesialis adalah:

  • Harus dapat memberikan metrik mengenai efektivitas peningkatan mesin pencari.
  • Memahami, mendukung, dan menyempurnakan teknik yang digunakan dalam pengoptimalan mesin pencari.
  • Mampu memproduksi dan mengelola konten asli yang ditargetkan untuk situs web.
  • Memiliki pengalaman dengan layanan penautan, vendor iklan, dan mekanisme berbayar untuk penerapan kampanye SEM.
  • Dapat menghasilkan kata kunci yang ditargetkan.
  • Memiliki kemampuan mengembangkan marketing campaign yang strategis dan unggul dengan menganalisis semua campaign pesaing.
  • Mampu memberikan data tentang keberhasilan campaign dibandingkan dengan investasi yang telah dikeluarkan klien.

 

Berapa Gaji Seorang Search Engine Marketing?

Tertarik menjadi seorang SEM Spesialis? Jika ya, Anda dapat menikmati gaji yang lumayan besar. Gaji Search Engine Marketing Spesialis di Indonesia berkisar antara 3 juta untuk posisi level junior.

Sedangkan untuk level senior bisa mendapatkan gaji di kisaran 4-7 juta perbulannya. Namun, perlu diingat bahwa untuk menjadi seorang SEM Spesialis dan memiliki penghasilan yang tinggi, tentunya Anda butuh kemampuan lebih seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

Baca juga: Mengenal Content Creator, Profesi yang Sedang Naik Daun di Era Digital

 

Itulah tadi pembahasan mengenai search engine marketing dan juga search engine marketing spesialis. Media dan saluran pemasaran saat ini semakin berfokus ke digital. Tak ayal, perusahaan semakin fokus ke saluran ini karena terhitung murah dan memiliki metrics yang jelas.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mendalami bidang ini?

Semoga pembahasan di atas bermanfaat.