7 Alasan Penting Mengapa Self Confidence Dibutuhkan dalam Karir

Percaya diri atau self confidence merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Berbeda dengan sombong atau tinggi hati, self confidence adalah kemampuan seseorang untuk memiliki keyakinan terhadap diri sendiri mengenai hal-hal tertentu.

Pengertian self confidence ini juga mengacu kepada sikap seseorang yang yakin dan mampu untuk menunjukan kredibilitasnya di depan banyak orang, sehingga sifat percaya diri ini menjadi hal yang sangat positif untuk dimiliki oleh setiap individu untuk menunjukkan kemampuan atau kompetensi akan suatu hal yang ia rasa miliki di dalam lingkungannya.

Namun, kenapa teori self confidence ini sangat penting untuk dimiliki oleh semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki karir?

 

Manfaat Self Confidence dalam Dunia Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki keyakinan atau kepercayaan diri adalah hal yang cukup penting untuk dimiliki, terlebih lagi bagi Anda yang ingin mendapatkan kesuksesan dalam jenjang karirnya. 

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda memiliki atau mengelola rasa percaya diri dengan baik. Apa saja manfaatnya? Simak poin-poin di bawah ini!

 

Tidak Takut Menghadapi Tantangan

Contoh self confidence bisa dilihat ketika seseorang menghadapi tantantangan. Apakah orang tersebut akan terpacu untuk mencari penyelesaian atau malah takut?

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari self confidence adalah kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan ataupun masalah yang ada di hadapan Anda. 

Mengapa demikian? Tentu dikarenakan bahwa Anda memiliki keyakinan atas diri dan pikiran yang selalu positif untuk melewatinya dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, orang yang memiliki tingkat self confidence yang tinggi maka Anda dapat lebih mudah untuk menenangkan diri dan berpikiran jernih.

 

Berani untuk Mengembangkan Diri

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari memiliki kepercayaan diri tinggi adalah tidak akan pernah takut untuk mengambil berbagai kesempatan dalam hal meningkatkan kualitas dirinya sejauh dan setinggi mungkin. Adanya rasa percaya pun juga membuat Anda selalu bersemangat dalam melakukan ataupun mencapai suatu hal.

 

Mampu Memaksimalkan Kekuatan dan Menerima Kekurangan

Jika Anda adalah seseorang yang percaya diri maka Anda akan mengetahui dengan jelas dan rinci mengenai kelebihan yang Anda miliki dan juga upaya untuk memaksimalkannya. 

Begitu pula dengan kekurangan yang pastinya setiap individu memiliki, bila Anda adalah seseorang yang percaya diri maka Anda tidak akan menganggap kekurangan sebagai kelemahan dan justru menggunakannya sebagai kesempatan untuk menjadi yang lebih baik lagi kedepannya. Sebab, kekurangan dan kelebihan akan menjadi nilai unik bagi diri Anda bisa dikelola dengan baik. 

 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Tempat Kerja

 

Tangguh Menjalani Rintangan

Seseorang dengan self confidence yang tinggi pastinya memiliki pola pikir yang selalu optimis. Fenomena ini pun berlaku apabila sedang dilanda suatu masalah. Seseorang yang percaya diri akan selalu berpikir positif akan semua hal dan akan lebih mudah untuk menghadapi rintangan yang ada di hadapannya. Berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri rendah, mereka cenderung selalu pesimis dalam menjalani rintangan. 

 

Sanggup Berada di Bawah Tekanan

Memiliki kemampuan untuk sanggup dalam menghadapi berbagai tekanan juga merupakan manfaat lain yang bisa Anda dapatkan apabila Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan adanya self confidence yang tinggi, maka Anda tidak akan pernah merasa terhalang apabila dihadapkan dengan berbagai tekanan ataupun masalah. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan selalu berpikir positif sehingga lebih mudah bagianya dalam hal menenangkan diri dan juga memecahkan suatu masalah.

 

Baca Juga: 8 Tips Manajemen Stress untuk Karyawan dengan Deadline Ketat

 

Mudah Dipercaya 

Kepercayaan diri bukanlah hal yang begitu saja muncul secara tiba-tiba, namun hal ini diraih dari usaha dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu, apabila Anda merupakan seseorang yang belajar dari masa lalu dan berkembang menjadi seseorang yang sangat percaya diri maka Anda akan lebih mudah untuk dipercaya orang lain karena sikap positif dan juga mamu dalam menyelesaikan berbagai masalah.

 

Berpotensi Menjadi Pemimpin

Karena menjadi seseorang yang percaya diri sangat bisa diandalkan atau mudah untuk dipercaya akan kemampuannya, maka seseorang yang tingkat self confidencenya tinggi akan sangat dapat dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang leader atau pemimpin. Dengan menjadi pemimpin, Anda dipastikan juga akan mendapatkan atau meningkatkan skill tertentu.

 

Itulah beberapa hal seputar self confidence dan juga manfaat yang bisa didapatkan. Maka dari itu, sangat diharapkan bagi siapapun untuk memiliki kepercayaan diri dalam menjalani pekerjaannya demi mendapatkan jenjang karir yang lebih baik lagi kedepannya. Tidak ada alasan untuk menjadi orang minder di lingkungan kantor!