360 Degree Feedback: Arti dan Manfaatnya untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

360 degree feedback
Isi Artikel

 

Metode 360 Degree Feedback sering digunakan dalam berbagai penilaian kinerja perusahaan. Metode feedback ini pun memiliki beragam manfaat, mulai untuk karyawan, tim, dan manajer.

Selain metode 360 degree feedback, ada juga metode 720 degree feedback. Perbedaannya terletak pada, metode 720 degree feedback cakupan penilaian yang lebih luas dibanding dengan metode 360 degree feedback.

Apa saja manfaat tersebut? Yuk, mari simak penjelasan berikut!

 

Apa itu 360 Degree Feedback?

Metode 360 Degree Feedback merupakan metode penilaian kinerja karyawan menggunakan umpan balik yang didapat dari berbagai pihak.

Pihak pemberi penilaian antara lain adalah atasan, bawahan, rekan kerja satu divisi, hingga klien atau pelanggan. Dengan penilaian berdasarkan berbagai pihak tersebut, maka hasil diperoleh akan lebih mendalam.

Melalui cara ini, pihak yang memperoleh penilaian akan lebih paham tentang kemampuan serta kepribadiannya. Diharapkan karyawan bersangkutan dapat memperbaiki dirinya demi pengembangan karir dan perusahaan di masa depan.

 

360 degree feedback mockup
360 Degree Feedback dengan LinovHR

 

Baca Juga: Apa Kelebihan Menggunakan Stack Ranking dalam Penilaian Kinerja?

 

Manfaat Metode 360 Degree untuk Karyawan

Setiap penilaian kinerja pasti memiliki manfaat untuk karyawan itu sendiri. Manfaat yang dapat dirasakan oleh karyawan antara lain: 

 

1. Meningkatkan Kesadaran Diri Karyawan

Melalui metode 360 degree feedback, seorang karyawan mampu meningkatkan kesadaran dirinya sendiri atas kelebihan dan kekurangan. 

Penilaian dari berbagai pihak dapat menciptakan berbagai sudut pandang. Maka, karyawan dapat melakukan eksplorasi lebih jauh atas potensinya. 

 

2. Mengembangkan Keterampilan Karyawan

Karena mampu mengeksplorasi potensi diri setelah mendapatkan penilaian dari berbagai pihak, karyawan akan mampu mengenali sejauh mana keterampilan yang dimiliki.

Selanjutnya, perusahaan dapat memutuskan apakah karyawan butuh pelatihan atau tidak untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman-pemahaman ilmu pengetahuan yang dapat berguna untuk karyawan atau pelatihan yang bersifat praktikal.

 

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan dengan produktivitas tinggi. Nah, hal tersebut dapat dilakukan dengan penilaian karyawan menggunakan metode ini. Mengapa demikian? 

Karena metode 360 degree berfokus pada umpan balik yang diberikan oleh pihak sekitar karyawan. Metode ini bahkan dapat mendeteksi hal-hal yang luput dari pandangan karyawan, tetapi berpengaruh dalam proses pekerjaan.

 

4. Mengurangi Risiko Diskriminasi

Perlakuan diskriminasi kerap terjadi dalam kehidupan. Salah satunya dalam lingkungan pekerjaan.  Namun, melalui metode 360 Degree Feedback, hal ini dapat diminimalisir. 

Hal tersebut lantaran penilaian karyawan dilakukan dari sudut pandang berbagai pihak sehingga lebih berimbang. Semua pihak memiliki kedudukan yang sama saat menilai seorang karyawan.

 

Baca Juga: Apakah Diversity Penting di Perusahaan? Simak 5 Alasan Berikut!

 

Manfaat Metode 360 Degree untuk Tim

Metode penilaian ini juga mendatangkan berbagai manfaat untuk memajukan kinerja sebuah tim. Berikut penjelasannya.

 

1. Meningkatkan Komunikasi Satu Sama Lain

Salah satu manfaat dari penggunaan metode ini dalam tim adalah makin terbukanya alur komunikasi antar karyawan dalam satu divisi. Semua karyawan memiliki kesempatan yang sama untuk saling memberikan feedback yang membangun satu sama lain.

Dengan begitu, akan timbul rasa tanggung jawab antara satu sama lain untuk memperbaiki diri masing-masing. Kinerja sebuah tim pun akan semakin dinamis dalam menghadapi berbagai kendala.

2. Meningkatkan Efektivitas Kerja Tim

Setiap kelebihan, kekurangan, dan titik buta dapat diketahui melalui umpan balik satu sama lain.

Masing-masing karyawan dalam tim akan memahami perlunya peningkatan kinerja pada dirinya sendiri agar semakin efisien dalam bekerja. Alhasil, produktivitas tim akan meningkat.

 

3. Membangun Sinergi 

Saling bertukar feedback mampu meningkatkan pemahaman antar kemampuan karyawan satu sama lain. Para anggota tim dapat lebih mudah dalam berkolaborasi dalam melakukan pekerjaan.

Selain itu, metode 360 Degree Feedback dapat menyesuaikan visi, misi, proses, dan tujuan kerja.

Lalu, tingkat keterlibatan karyawan dapat meningkat lantaran mereka menyadari bahwa semua pihak dalam tim memiliki peran yang sama dalam memajukan tim.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Setiap Individu

Sebuah tim dapat memetakan setiap kemampuan individu melalui penilaian dari berbagai pihak. Dengan begitu, sebuah tim mampu mengenali kekurangan kemampuan anggotanya.

Hal ini memudahkan pendelegasian tugas serta pemahaman karakter sesama rekan yang turut membantu meningkatkan produktivitas tim.

 

Baca Juga: Kelebihan Metode Penilaian Kinerja BARS

 

Manfaat 360 Degree untuk Manajer

Selain bermanfaat untuk karyawan dan tim, 360 Degree Feedback juga mendatangkan keuntungan untuk manajer. Apa saja manfaat tersebut? 

 

1. Mempermudah Dalam Menilai Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja melalui metode ini tentu memudahkan manajer dalam melakukan evaluasi pada karyawannya. Hal tersebut lantaran penilaian dilakukan oleh berbagai pihak. 

Selain itu, manajer pun memperoleh berbagai sudut pandang penilaian untuk dijadikan referensi dalam evaluasi. Alhasil, penilaian karyawan menjadi lebih optimal.

 

2. Dapat Menjadi Acuan Dalam Memberikan Bonus 

Layaknya metode penilaian karyawan lainnya, 360 Degree Feedback dapat dijadikan tolak ukur manajemen untuk memberikan bonus kinerja karyawan.

Semakin baik umpan balik yang diperoleh seorang karyawan, bonus yang didapat pun juga semakin tinggi.

 

3. Mengurangi Kesalahan akan Penilaian Karyawan

Pada umumnya penilaian kinerja karyawan dilakukan secara mandiri oleh manajemen. Namun, hal tersebut rentan adanya kesalahan atau subjektivitas dalam penilaian. Melalui 360 Degree Feedback, kemungkinan tersebut dapat dihindari.

Sebab, metode ini dilakukan melalui penilaian dari berbagai pihak. Alhasil, pihak manajemen dapat menyelaraskan penilaiannya dengan pihak lain yang memberikan penilaian.

 

4. Memudahkan Dalam Membuat Laporan Kinerja

Dengan metode ini, manajer dapat lebih mudah dalam membuat laporan kerja karyawan. Laporan akan disusun dengan cara menghimpun hasil penilaian dari berbagai pihak.

Hasilnya, penilaian dalam laporan tersebut akan berimbang untuk segala aspek. 

 

Baca Juga: Employee Feedback: Pengertian, Cara Melakukan dan Contohnya

 

Performance Management System LinovHR: Solusi Manajemen Penilaian Kinerja

performance review

 

Masih kesulitan dalam menilai karyawan? Anda dapat menjadikan Software Penilaian Kinerja Karyawan dari LinovHR sebagai solusi.

Performance Management System LinovHR mampu membantu perusahaan Anda dalam mengelola penilaian kinerja dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.  

Di samping itu, Performance Management System dari LinovHR juga didukung dengan sistem keamanan yang ketat. Semua informasi mengenai karyawan disimpan dengan aman dan rahasia dalam cloud based server. Jadi, penilaian karyawan tetap berjalan transparan namun tetap konfidensial. 

Penjelasan metode 360 Degree Feedback di atas dapat menjadi referensi dalam melakukan evaluasi untuk perusahaan. Manfaat yang ada dari metode 360 Degree Feedback, tentu dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai kinerja sesama rekan dalam satu tim.

Semoga informasi di atas dapat membantu!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter