Manfaat Perencanaan SDM

Manfaat dari Perencanaan SDM yang baik Bagi Perusahaan

Memiliki rencana yang jelas adalah hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga perencanaan SDM yang baik bagi perusahaan sangat vital untuk kelangsungan hidupnya.

Sayangnya banyak perusahaan maupun organisasi yang tidak mengerti atau bahkan mengabaikan faktor perencanaan ini.

Sudah sepantasnya bagi perusahaan dan HRD untuk memahami dengan benar apa yang dimaksud dengan perencanaan SDM. 

 

Pengertian Perencanaan SDM 

Anda sering menggunakan istilah HRD untuk menunjukkan bagian perusahaan yang menangani permasalahan karyawan seperti perekrutan, penghitungan gaji dan insentif, pengaturan lembur, cuti, dan lain sebagainya.

Namun kepanjangan dari kata HRD itu sendiri sebenarnya sudah menunjukkan fungsi dan tugasnya, yaitu Human Resources Development atau Pengembangan Sumber Daya Manusia. 

Jadi, perencanaan SDM bisa didefinisikan sebagai analisis sistematis untuk memastikan tersedianya jumlah karyawan yang tepat dengan kemampuan (skills) yang sesuai pada saat dibutuhkan.

Kegagalan melakukan perencanaan SDM akan mengakibatkan performa buruk bagi perusahaan dan masalah seperti kerugian keuangan disebabkan oleh lamanya waktu yang diperlukan untuk mengisi lowongan serta hilangnya kesempatan bisnis.

 

Baca juga:  7 Hal yang Wajib dilakukan dalam Perencanaan SDM Perusahaan

 

Manfaat Perencanaan SDM

Perencanaan SDM adalah suatu proses yang dimulai dari mengumpulkan informasi yang membantu para manajer membuat keputusan-keputusan yang baik. Informasi ini dipakai untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perencanaan SDM yang baik bagi perusahaan:

 

1. Membuat Kinerja Perusahaan Efektif dan Efisien

Perencanaan SDM yang tepat sasaran akan membuat perusahaan lebih efektif dan efisien. Artinya, perusahaan berjalan baik dengan personel yang produktif dan jumlah karyawan yang sesuai dengan kebutuhan.

Karyawan yang produktif adalah karyawan yang mampu bekerja sesuai dengan SOP dengan jam kerja yang sudah ditentukan.

Mereka adalah orang-orang yang mengerjakan dan menghasilkan lebih banyak daripada karyawan rata-rata. Dengan produktivitas yang tinggi, tidak dibutuhkan jam kerja ekstra (lembur) ataupun karyawan yang banyak untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

2. Menimbulkan Sikap Positif Karyawan

Perencanaan SDM yang baik akan menimbulkan sikap positif dalam diri karyawan. Jenjang karir yang jelas, pelatihan teknis dan soft skills yang rutin berkesinambungan, serta sistem kompensasi dan insentif yang menarik membuat karyawan nyaman dalam bekerja.

Mereka merasa memiliki kemampuan dan mendapat ruang kesempatan yang cukup untuk terus maju bertumbuh di dalam dan bersama perusahaan.

Karyawan tahu mereka diperhatikan dan dihargai dengan tulus, daripada hanya sekedar menjadi “sapi perah” perusahaan. Survei di beberapa negara menunjukkan bahwa gaji atau penghasilan bukanlah faktor utama seseorang bertahan dalam pekerjaannya.

 

3. Meningkatkan Kompetensi Karyawan

SDM yang kompeten akan didapatkan dengan perencanaan yang terarah. Hanya karyawan dengan kinerja bagus yang akan terus mendorong kemajuan perusahaan.

Karyawan yang tidak mau berkembang akan otomatis terdesak oleh sistem. Mereka tidak bisa lagi mengandalkan senioritas dalam lingkup pekerjaan.

Sistem SDM yang baik mampu meningkatkan koordinasi antar karyawan dan juga menciptakan atmosfir kerja yang nyaman dan kondusif.

Rasa kekeluargaan bisa dipupuk dan bertumbuh baik, sehingga hanya ada sedikit perbedaan di pikiran karyawan antara rumah dan tempat bekerja.

Suatu perencanaan sumber daya manusia yang baik dan menyeluruh dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dalam perusahaan, seperti:

  • Apa saja kekuatan SDM dari perusahaan?
  • Karyawan seperti apa dalam hal kemampuan (skills) yang harus dipunyai?
  • Bagaimanakah seharusnya perusahaan berjalan agar bisa memaksimalkan semua sumber daya dengan benar?
  • Bagaimana cara perusahaan mempertahankan karyawan yang baik?

 

4. Memperkuat Posisi Perusahaan di Tengah Persaingan 

Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang paling unggul. Namun, tidak semua perusahaan mampu saling mengungguli satu sama lain. Hal ini dikarenakan kompetensi tiap perusahaan yang berbeda.

Maka dari itulah setiap perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi perusahaan melalui perencanaan SDM.

Ketika perusahaan mempunyai kompetensi yang cukup, perusahaan akan lebih kokoh dan kuat walau arus persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat. 

 

Melakukan Perencanaan SDM dengan HR Software LinovHR

Tidak mudah untuk merencanakan sistem SDM yang handal, banyak kriteria KPI (Key Performance Index) yang perlu disusun, diuji, dan dikaji ulang. Diperlukan usaha yang fokus dan penuh komitmen dari perusahaan untuk melakukannya.

Namun mengingat SDM adalah salah satu pilar penting dalam keberhasilan perusahaan manapun, yakinlah bahwa ini adalah bagian yang layak mendapat perhatian tersendiri.

LinovHR sebagai penyedia layanan serta produk Software Payroll dan HRD yang ada di Indonesia dapat membantu perencanaan SDM anda dengan baik melalui berbagai fitur yang tersedia.

Penasaran mengenai info lebih lanjut? Segera jadwalkan demo Software HRD bersama tim kami dengan klik tautan berikut! www.linovhr.com/contact/