HRMS

HRMS dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Sumber daya manusia adalah penggerak utama di setiap lini pekerjaan dalam perusahaan. Apapun bidangnya, produk ataupun jasa, penjualan maupun manufaktur, semua dikerjakan oleh manusia (karyawan). Semua peralatan canggih dan software tetap memerlukan manusia sebagai operatornya.

Solusi teknologi seperti HRMS (Human Resource Management System) seharusnya membantu perusahaan (dalam hal ini HRD) untuk mempercepat dan mempermudah manajemen karyawan dan membuat pelayanan yang lebih baik untuk mendukung kinerja mereka.

HRMS mendukung pelacakan dan peningkatan performa melalui sistem payroll (penggajian) dan pembayaran pajak. Akan lebih baik jika sistem HRMS ini terintegrasi dengan sistem lainnya seperti Akunting sehingga membuat suatu proses kerja yang selaras khususnya bagi HRD yang mengelola banyak karyawan. Solusi HR software juga dapat mempercepat proses rekrutmen, onboarding, pelatihan, penilaian kerja, mutasi, promosi, dan administrasi karyawan pada umumnya.

 

Bagi anda yang masih asing mengenai istilah HRMS, anda dapat membaca artikel kamidi sini.

 

Bagaimana HRMS Dapat Membantu Departemen HR?

Seperti software Akunting yang dapat memberikan peringatan seandainya ada potensi kerugian dan indikator penting lainnya, HRMS juga dapat melakukan yang sama dalam pengelolaan karyawan. Beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan misalnya mendeteksi kekosongan dalam organisasi, perencanaan pelatihan untuk pertumbuhan perusahaan, yang semuanya dapat menghemat biaya dalam keterlambatan penanganannya.

Software ini juga menyimpan data karyawan yang penting bagi perusahaan seperti keterampilan dan pengalaman, detail penilaian kerja, keterampilan atau pengalaman ekstra karyawan, pelatihan yang sudah pernah dilakukan, dan lain-lain yang sangat berguna bagi manajer HRD dalam melakukan perekrutan, pemindahan, dan penilaian kinerja.

 

Baca Juga:5 Alasan Mengapa Perusahaan Middle Up Membutuhkan Software HR

 

HRMS bisa difungsikan juga sebagai alat pemantau atau pemberitahuan mengenai hal-hal yang dianggap penting untuk peningkatan kinerja karyawan. Misalnya, notifikasi mengenai ulang tahun sehingga HRD bisa menyiapkan kartu ucapan atau bentuk apresiasi lainnya sebagai penghargaan terhadap kontribusi dan keberadaan karyawan bersangkutan. Tindakan sederhana seperti ini bisa meningkatkan moral, kinerja, dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. HRD yang cerdas akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk memaksimalkan potensi karyawan yang dikelolanya.

HRMS yang baik juga menyediakan integrasi tambahan yang dapat digabungkan dengan modul yang sudah ada untuk manajemen yang lebih baik. Sebagai contoh, jika terintegrasi dengan kehadiran dan track record atau catatan kinerja, maka pengerjaan tugas khusus atau proyek bisa dilakukan dengan mengetahui karyawan mana yang sedang mengerjakan tugas apa dan bisa dipindah atau diperbantukan ke proyek lain. Dengan kata lain pengaturan sumber daya manusia yang lebih efisien, setiap karyawan bekerja dengan maksimal dan tidak tumpang tindih dalam pekerjaannya serta respons tindakan yang lebih cepat.

 

Modul-Modul Yang Sebaiknya Ada dalam Software HRM

Sistem perangkat lunak HR yang kompeten idealnya harus memiliki:

  • Rincian data karyawan

  • Deskripsi tugas setiap karyawan

  • Database kemampuan atau skill

  • Daftar kehadiran

  • Perencanaan

  • Catatan pekerjaan sehari-hari (work log)

  • Daftar gaji (payroll)

  • terhubung dengan sistem lain dalam perusahaan (Akuntansi dan operasi organisasi)

 

Siapa Yang Bisa Mendapatkan Keuntungan dari Sistem Software HRMS?

Semakin banyak jumlah karyawan, semakin tidak efektif dan efisien pengelolaan sumber daya manusia jika dikerjakan secara manual. Tidak ada jumlah karyawan yang tepat untuk menggunakan HRMS, ada yang menganjurkan perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika mengerjakan administrasi karyawan seperti penghitungan gaji, absensi, cuti, lembur, performance appraisal, dan lainnya sudah terlalu menyita waktu sehingga Anda tidak bisa lagi memikirkan pengembangan sumber daya manusia perusahaan (peningkatan kemampuan melalui pelatihan dan lainnya), maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mulai menggunakan software HRMS.

LinovHR merupakan salah satuSoftware HRMS di Indonesiayang dapat menjadi solusi manajemen HR anda yang menginginkan sistem penggajian, pengelolaan data karyawan dan lain-lain dapat dikelola dengan baik.