aplikasi zoom

5 Alternatif Aplikasi Zoom yang Biasa Digunakan Perusahaan

Di masa pandemi seperti saat ini, aplikasi zoom menjadi pilihan utama meeting online di banyak perusahaan. Mengapa? Karena zoom menyediakan komunikasi video yang mudah digunakan dan dapat dipakai oleh banyak orang secara sekaligus. Selain kemudahan dalam penggunaannya, zoom meeting membantu perusahaan menjaga komunikasi tetap berjalan baik meski harus bekerja secara jarak jauh.

Sebagian besar perusahaan mungkin hanya mengandalkan aplikasi zoom saja sebagai media komunikasi dengan karyawan, manajer, atau klien. Namun ada beberapa alternatif media komunikasi video yang cocok untuk UMKM atau startup yang harus menghemat dana di masa pandemi. Berikut ini beberapa alternatif dari aplikasi Zoom yang umum digunakan oleh berbagai perusahaan.

 

Google Meet

Sesuai namanya, Google Meet merupakan aplikasi komunikasi video buatan Google yang dibuat untuk melakukan meeting online berkualitas tinggi secara aman. Google Meet dirancang khusus agar dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang melalui perangkat apa pun.

Google Meet memiliki tingkat keamanan yang sama dengan yang diterapkan Google, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir mengenai privasi. Perlindungan yang dimiliki oleh Google Meet diperbarui secara terus menerus untuk meningkatkan keamanan. Berikut beberapa keunggulan Google Meet bagi perusahaan:

 

  • Memungkinkan perusahaan untuk mengadakan rapat bisnis dari mana saja. Perusahaan dapat mengundang banyak orang ke dalam rapat bisnis yang diselenggarakan. 
  • Dapat digunakan di segala perangkat. Perusahaan dapat melakukan rapat bisnis melalui perangkat apapun tanpa harus menginstall software. 
  • Menghasilkan audio yang jernih. Google Meet akan menyesuaikan performanya dengan kecepatan jaringan yang dimiliki perusahaan.

 

Baca Juga: Panduan Mudah Membuat Google Docs

 

Skype

Skype adalah salah satu sarana komunikasi berkualitas tinggi berbasis online dengan harga yang terjangkau. Skype memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi satu sama lain di berbagai belahan dunia.

Dengan menggunakan Skype, pengguna dapat melakukan meeting online dengan mudah melalui browser tanpa perlu menginstal aplikasi pada perangkat. Keamanan yang dimiliki Skype pun juga terjamin karena percakapan pengguna akan enkripsi secara end-to-end sesuai standar industri. 

Bagi UMKM atau bisnis startup yang memiliki banyak jadwal meeting online, aplikasi Skype dapat menjadi pilihan terbaik. Sebab, Skype dapat diakses secara gratis sehingga dapat menghemat dana. Selain itu, Skype memiliki beragam fitur canggih di dalamnya yang tentunya memudahkan perusahaan dalam melakukan meeting online.

 

Microsoft Teams

Selain Zoom Meeting, salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengadakan meetings online adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams ialah platform kolaborasi berbasis obrolan yang persisten, lengkap dengan fitur berbagi dokumen, meetings online, dan banyak lagi fitur yang sangat berguna untuk komunikasi bisnis.

Mengapa bisnis harus menggunakan Microsoft Teams? Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan (user friendly) dan bisa memfasilitasi sebuah lingkungan kerja antara pengguna jarak jauh dalam sebuah bisnis besar. Dengan demikian, Microsoft Teams merupakan media komunikasi yang memiliki banyak manfaat untuk bisnis. 

 

Meet Now

Pada Windows 10, Meet Now adalah sebuah fitur bagian dari platform komunikasi Skype, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan cepat melalui panggilan suara dan video dengan teman, partner kerja, maupun keluarga.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi Meet Now untuk melakukan meeting online yang dapat berlangsung 24 jam penuh. Menariknya, aplikasi Meet Now ini gratis sehingga sangat cocok untuk bisnis atau UMKM yang ingin menghemat dana pengeluaran. 

 

Baca Juga: Contoh Surat Cuti Melahirkan untuk PNS, Guru dan Karyawan Swasta

 

Cisco Webex

Salah satu alternatif komunikasi video yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah Cisco Webex. Mungkin aplikasi ini terdengar asing di telinga sebagian banyak orang karena aplikasi ini tidak terlalu banyak digunakan seperti Zoom.

Cisco Webex adalah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk panggilan, berbagai pesan, meetings, dan sebagainya. Cisco Webex atau disebut juga Webex Meeting menawarkan panggilan audio, video, dan berbagi konten yang aman dan terintegrasi dengan perangkat apa pun serta dimana pun. 

Cisco Webex memiliki beragam fitur canggih seperti penghilang kebisingan, Webex Assistant, dan People Insights. Cisco Webex membantu banyak perusahaan untuk mengadakan meeting online yang efektif. Apabila meeting online yang diadakan berjalan efektif maka hubungan di tempat kerja semakin kuat sehingga memengaruhi tumbuh kembang bisnis. 

 

Simpulan

Setelah membaca penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi untuk mengadakan meeting online tidak hanya terbatas oleh Zoom saja. Terdapat banyak aplikasi meeting online lainnya  yang memiliki fungsi serupa dengan aplikasi Zoom.

Bahkan, beberapa aplikasi  di atas dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan yang terpenting, gratis! Dengan demikian, bisnis UMKM atau startup yang ingin mengadakan meeting online tetapi terbatas oleh dana dapat menggunakan beberapa aplikasi yang telah dibahas. Semoga bermanfaat!