Sistem HRM dan Cara Penerapannya di Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Sistem HRM dan Cara Penerapannya di Perusahaan
Isi Artikel

Sistem HRM dapat menjadi solusi bagi perusahaan terutama HR department dalam pengelolaan sumber daya manusia agar lebih optimal.

Sistem ini berjalan secara otomatis, sehingga memungkinkan perusahaan menyederhanakan tiap proses administrasi dan operasional yang berkaitan dengan sumber daya manusia. 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini mengenai sistem HRM beserta cara implementasinya agar ideal untuk perusahaan.

Mengenal Sistem HRM

Human Resources Management System (HRMS) atau biasa disebut sistem HRM adalah sebuah perangkat lunak yang mengotomatisasikan dan memudahkan banyak tugas HR department perihal pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. 

Cara kerja sistem ini mengintegrasikan berbagai informasi mulai dari data karyawan, gaji, kompetensi, riwayat pekerjaan, dokumen administrasi, dan lain sebagainya ke dalam satu platform yang dikelola serta diakses oleh perusahaan. 

Sehingga dalam penerapannya, HRMS ini mampu mempermudah departemen HR ketika menjalankan banyak tugas seperti:

  • Rekrutmen, HRMS mengefisiensikan segala proses rekrutmen mulai dari pencarian calon karyawan hingga onboarding.  
  • Manajemen Kinerja, Sistem ini mampu mempermudah evaluasi kinerja karyawan berdasarkan data real time dan akurat. 
  • Payment Management, HRMS membantu mengotomatisasi pengelolaan gaji sesuai dengan peraturan yang berlaku. 
  • Employment Training, Melalui sistem ini perusahaan mampu menentukan metode pelatihan yang tepat guna meningkatkan kompetensi karyawan.

Selain sebagai alat bantu yang memudahkan departemen HR dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Terdapat beberapa manfaat lain dari penerapan sistem ini, antara lain:

  • Mengefisiensikan proses administrasi karyawan 
  • Menghemat pengeluaran anggaran akan kebutuhan tenaga ahli 
  • Meningkatkan keamanan dan akurasi data karyawan 
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan data atau human error 
  • Memberikan transparansi data
  • Membantu penyusunan strategi bisnis guna pertumbuhan bisnis perusahaan

Berdasarkan hal tersebut, penggunaan sistem HRMS di perusahaan tidak hanya memudahkan pengelolaan sumber daya manusia saja. Melainkan juga dari sisi operasional bisnis secara keseluruhan.

Cara Mengimplementasikan Sistem HRM yang Ideal untuk Perusahaan

Dalam implementasinya, HRMS harus ideal dan tepat guna memberikan dampak yang positif terhadap pengelolaan sumber daya manusia. Maka dari itu, terdapat beberapa langkah khusus yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar implementasi sistem ini dapat berjalan sesuai dengan tujuan bisnis. 

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum mengimplementasikan sistem HRM di perusahaan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis 

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan sistem HRM dengan kebutuhan bisnis. Sebab kebutuhan spesifik perusahaan dapat menentukan fitur dan layanan apa saja yang akan hadir pada sistem tersebut guna membantu pengelolaan sumber daya manusia.  

Pertimbangkan Fitur yang Ingin Digunakan 

Setelah itu pilihlah fitur-fitur yang mampu mencakup kebutuhan secara keseluruhan berdasarkan kebutuhan. Pertimbangkan kembali fitur tersebut apakah mampu terintegrasi secara penuh dengan sistem lain seperti aplikasi mobile agar pemakaian sistem jauh lebih mudah dan fleksibel. 

Perhatikan Sistem Keamanan 

Sistem keamanan yang kuat menjadi prioritas utama dalam penerapan HRMS. Karena hal tersebut dapat menjadi garansi serta jaminan bahwa data-data karyawan aman di tangan perusahaan.  

Pertimbangkan Kemudahan Pemakaian 

User interface, merupakan hal berikutnya yang harus diperhatikan. Tampilan yang memudahkan pemakaian akan mempercepat adaptasi karyawan serta mampu memberikan efisiensi tambahan dalam penerapan HRMS sebagai alat bantu pengelola SDM.  

Sesuaikan Bujet

Tidak hanya fitur dan tujuannya, bujet yang dikeluarkan oleh perusahaan pun perlu diperhatikan. Dalam penerapannya biaya haruslah sesuai dan sepadan dengan hasil yang tercipta dari sistem HRM.

Lakukan Uji Coba dan Pengukuran Efektivitas 

Sebelum menjalankan sistem HRM ini secara penuh di perusahaan, lakukanlah uji coba terlebih dahulu guna memastikan sistem memenuhi standar. Uji coba ini juga dapat dibarengi dengan pengukuran efektivitas dari tim ahli guna memastikan tidak adanya kesalahan pada sistem.

Ciptakan Sistem HRM yang Ideal Bersama Software HRD LinovHR

Pengelolaan sumber daya manusia ini merupakan hal yang harus secara efektif dan efisien, sebab sektor tersebut cukup vital untuk perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. 

Maka dari itu, untuk membantu Anda menjawab tantangan tersebut, software HRIS dari LinovHR mampu mempermudah dan mengefisienkan segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

LinovHR menawarkan berbagai macam fitur komprehensif seperti:

  • Organization Management, yang mampu membantu mengelola operasional bisnis perusahaan.
  • Personal Administration, merupakan platform database yang memudahkan pengelolaan informasi kepegawaian.
  • Modul Payroll, yang memudahkan perusahaan mengatur perhitungan gaji karyawan sesuai dengan aturan pemerintah. 
  • Learning Management System, memberikan platform pelatihan bagi karyawan sesuai guna meningkatkan kompetensi karyawan.
  • Recruitment, memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menyeleksi calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.  

Tidak hanya itu, terdapat beberapa fitur lainnya yang membantu perusahaan mengatur jalannya bisnis dari segi operasional, salah satunya performance manager yang mampu memberikan data secara real time terkait performa karyawan.

Berdasarkan fitur di atas, LinovHR tidak hanya menawarkan banyak kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia tapi memberikan efisiensi pada operasional perusahaan.

Guna merasakan fitur tersebut secara penuh, Anda dapat mencobanya secara langsung melalui demo gratis yang kami tawarkan. Segera coba demonya dan permudah pengelolaan SDM perusahaan Anda!

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter