contoh pertanyaan wawancara

17 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Tips Menjawabnya

Telepon berdering, sebaris nomor asing mengabari bahwa perusahaan tertarik mengundang wawancara. Satu kesempatan emas bagi pencari kerja, khususnya fresh graduate yang baru saja selesai menyelesaikan pendidikan. Akan menjadi sebuah pengalaman baru untuk fresh graduate hadir dan kemudian menjawab berbagai pertanyaan. Mungkin karena sibuk membayangkan daftar pertanyaan, stress dan terlihat mengantuk saat wawancara adalah hal biasa. 

Berikut ini 20 contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan oleh HR. Pertanyaan bisa saja berbeda pada saat anda melakukan sesi interview.

 

#1. Latar Belakang

Pertanyaan: Coba ceritakan diri anda secara singkat!

Pertanyaan wawancara kerja ini bukan basa-basi. Pewawancara ingin tahu siapa dan apa latar belakang pendidikan dan karakter anda. Baiknya jawab tanpa bertele-tele, anda juga dapat menjelaskan sisi menarik terkait kepribadian anda yang dapat bermanfaat untuk posisi anda.

Misal anda melamar untuk posisi Public Relation. Jelaskan bahwa anda orang yang mudah bergaul, dan pandai berkomunikasi. hal ini karena posisi public relation membutuhkan kemampuan komunikasi yang cakap.

 

#2. Subjek Kuliah

Pertanyaan: Mengapa anda memilih jurusan tersebut?

contoh pertanyaan wawancara kerja seperti ini untuk mengukur seberapa antusias kita terhadap jurusan yang dipilih. Jelaskan secara jelas dan tujukan bahwa antusias dengan jurusan tersebut.

 

#3. Terkait Perusahaan

Pertanyaan: Mengapa anda tertarik dengan perusahaan ini?

Pewawancara ingin tahu apa alasan mendasar memilih perusahaan tersebut. Coba jawab dengan menyebutkan hal baik atau positif tentang perusahaan tapi jangan terkesan berlebihan, pertanyaan ini cukup sering ditanyakan, simak artikel berikut ini:

https://www.linovhr.com/mengapa-anda-ingin-bekerja-di-perusahaan-kami/ untuk mendapatkan cara menjawab nya.

 

#4. Keterampilan

Pertanyaan: Selain program studi yang anda kuasai, apa ada keterampilan yang anda miliki?

Ini saatnya anda unjuk keahlian. anda bisa menjawab pertanyaan wawancara kerja semacam ini dengan menceritakan keterampilan lain. Tapi tentunya keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

 

#5. Kerja Sama

Pertanyaan: Apakah anda bisa bekerja dalam tim?

Di setiap wawancara kerja, pewawancara pasti bertanya apakah kita termasuk orang yang bisa bekerja sendiri atau tim. Jawab dengan jujur, anda juga dapat menceritakan kemampuan kerjasama tim yang anda miliki saat sedang mengerjakan tugas terkait pendidikan anda.

 

#6. Posisi Yang Dilamar

Pertanyaan: Mengapa anda memilih posisi ini?

Jelaskan betapa antusias anda terhadap posisi yang anda lamar. ceritakan bahwa skill yang anda miliki sesuai dengan pekerjaan tersebut. dengan catatan anda memang menguasai skill terkait posisi yang dilamar.

 

#7. Pengalaman Atau Kebutuhan

Pertanyaan: Anda bekerja untuk mencari uang atau pengalaman?

Daftar pertanyaan wawancara ini sedikit menjebak. Tapi coba jawab dengan santai dan serius dan tidak terpancing untuk memilih salah satunya. tujuan dari pertanyaan ini untuk menguji totalitas anda dalam bekerja.

 

#8. Terkait Kritik

Pertanyaan: Apa yang anda siap di kritik jika tidak sesuai ekspektasi?

Ceritakan bahwa anda orang yang terbuka dan siap untuk menerima kritik, selama kritik tersebut membangun anda menjadi pribadi yang lebih baik.

 

#9. Masalah Kerja

Pertanyaan: Apa yang kamu lakukan jika terjadi masalah dalam pekerjaan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menguji kamampuan problem solving yang anda miliki. Anda bisa menceritakan kejadian masalah yang alami terkait pekerjaan yang dilamar dan jelaskan cara anda menyelesaikannya.

 

#10. Kerja Tambahan

Pertanyaan: Apakah anda siap bekerja lembur?

Pertanyaan ini menguji anda terkait tanggung jawab terhadap pekerjaan. 

 

#11. Pindah Domisili

Pertanyaan: Apakah anda siap ditempatkan di luar kota?

Anda harus benar-benar jujur dalam menjawab pertanyaan ini, jika anda keberatan jelaskan alasan anda keberatan untuk ditempatkan di luar kota.

 

#12. Alasan Bergabung

Pertanyaan: Mengapa perusahaan harus memilih anda?

Perusahaan ingin diyakinkan apakah kita cocok untuk mengisi posisi tersebut. Jawab pertanyaan wawancara tanpa terkesan menyombongkan diri. Jelaskan juga mengenai skill yang anda miliki dan tentunya akan dapat bermanfaat untuk perusahaan.

 

#13. Gaji Bulanan

Pertanyaan: Berapa gaji yang anda inginkan?

Meskipun terdengar mengintimidasi, contoh pertanyaan wawancara seperti ini selalu ada. Kita berhak menyebut angka,  untuk fresh graduate bisa melakukan riset standar gaji di posisi yang anda lamar. 

 

#14. Negosiasi Gaji

Pertanyaan: Kami tidak bisa memenuhi gaji sebesar itu. Seberapa banyak anda bisa menurunkan gaji yang diinginkan?

Pertanyaan ini masih berkaitan dengan pertanyaan wawancara kerja No 7. jadi tergantung tujuan anda bekerja di perusahaan tersebut.

 

#15. Mulai Bekerja

Pertanyaan: Kapan anda siap bekerja?

Jika fresh gradute sebaiknya anda menjawab secepatnya sedangkan untuk yang sudah memiliki pekerjaan sebaiknya menjawab one month notice.

 

Baca Juga : Resign Kerja Tanpa One Month Notice, ini akibatnya !

 

#16. Penilaian Perusahaan

Pertanyaan: Seperti apa perusahaan kami menurut anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu melakukan riset terkait perusahaan yang anda lamar terutama hal – hal positif terkait perusahaan.

 

#17. Penutup Pertanyaan Wawancara Kerja 

Apakah Anda Punya Pertanyaan?

Di akhir sesi, biasanya pewawancara justru akan bertanya apakah kita punya pertanyaan. Kita punya kesempatan untuk mengenal perusahan lebih detil dan dari situ juga menunjukkan seberapa besar minat kita di mata pewawancara.

Satu catatan, sangat mungkin pewawancara memberi pertanyaan yang sama sekali berbeda dari yang sudah disebutkan. Jadi untuk pelamar, baiknya selalu siap dengan pertanyaan kejutan.