manfaat journaling

6 Manfaat Journaling Bagi Pegawai, Mampu Tingkatkan Produktivitas!

Tahukah Anda bahwa orang sukses melakukan journaling dalam kesehariannya? Ternyata melakukan journaling dapat memiliki efek yang kuat dan positif pada kehidupan profesional Anda, termasuk meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan meningkatkan produktivitas! Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 6 manfaat journaling untuk karir Anda.

 

Apa Itu Journaling? 

Journaling adalah sebuah kegiatan dimana Anda menuliskan segala pikiran dan perasaan Anda saat itu juga. Anda dapat mengungkapkan apapun lewat journaling. Jurnal tersebut merupakan catatan tertulis dari pikiran dan perasaan Anda. Dengan journaling, Anda dapat mencari tahu apa yang membuat Anda senang ataupun kesal.

Journaling adalah salah satu teknik self-care termudah yang dapat Anda lakukan.

Bayangkan saja, hanya dengan journaling Anda dapat menjadikan satu buku atau jurnal sebagai tempat yang sangat baik untuk mengelola stres sehari-hari, menulis tujuan karir Anda, menandai keberhasilan Anda dan banyak lagi! 

 

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Stress di Tempat Kerja? Anda Harus Waspada!

 

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Memulai Journaling?

Terdapat beberapa peralatan esensial yang perlu Anda siapkan untuk memulai journaling agar dapat menulis dengan maksimal, yakni diantaranya: 

  • Buku journaling atau buku planner
  • Alat tulis (pensil atau pulpen)
  • Correction
  • Penggaris 
  • Highlighter

 

Anda tidak perlu menjadi seorang penulis, atau seorang yang kreatif untuk membuat jurnal. Apapun tujuan Anda, menyisihkan waktu dalam kehidupan sibuk Anda untuk journaling dapat membantu Anda mencapainya. 

 

Benarkah Journaling Baik Bagi Kesehatan Mental dan Bantu Produktivitas? 

Salah satu studi yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, partisipan yang membuat jurnal di hari selesai bekerja mengalami peningkatan performa 25% jika dibandingkan dengan kelompok partisipan yang tidak membuat jurnal.

Jadi, melakukan journaling singkat yang memakan waktu tidak lebih dari sepuluh menit sehari memberi para karyawan berbagai perspektif baru tentang diri mereka sendiri sebagai seorang profesional dan apa yang perlu mereka tingkatkan. 

Di bawah ini adalah manfaat journaling lainnya:

 

Meningkatkan Fokus untuk Mencapai Tujuan 

Menulis tentang pekerjaan di jurnal Anda membantu Anda menandai tujuan karir & mencatat pencapaian-pencapaian Anda. Journaling akan menambah dosis positif dalam diri Anda setiap hari, dan aktivitas sederhana ini dapat memiliki manfaat jangka panjang.

Orang yang menuliskan tujuan dalam jurnal secara signifikan akan lebih mungkin untuk mencapainya karena lebih paham tentang tujuan diri mereka.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menulis dalam jurnal dapat berdampak pada kehidupan orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menuliskan emosi Anda, ini dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki manfaat jangka panjang untuk kesehatan Anda. Hal ini juga merupakan cara cepat untuk mempertahankan produktivitas bebas stres!

 

Mengurangi Stres 

Journaling adalah cara sempurna untuk melepaskan stress. Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa menuliskan seluruh usaha Anda dapat meringankan efek fisik dan mental negatif dari stres.

Mengekspresikan frustasi dan ketakutan Anda di atas kertas sebenarnya membantu Anda melepaskan trauma. Biarkanlah diri Anda bersantai sejenak dengan journaling di sela-sela jam kerja.

 

Meminimalkan Kebiasaan Buruk dan Tetap Produktif

Jika Anda berada dalam pekerjaan yang sering memiliki waktu sibuk, tetap akan selalu ada godaan untuk scrolling media sosial atau teralihkan pada gangguan lainnya.

Agar menjaga produktivitas, para ahli menyarankan untuk membuat “jurnal produktivitas” untuk bekerja. Hal ini dapat meminimalkan kebiasaan buruk Anda selama bekerja, sehingga Anda dapat lebih produktif.

 

Baca Juga: Apa Itu Sistem Kepegawaian? Inilah Keunggulannya Dibandingkan Manual

 

Meningkatkan Daya Ingat

Melakukan journaling juga menawarkan manfaat yang signifikan, meningkatkan daya ingat dan membantu Anda tenang selama situasi sulit. Jurnal tidak hanya untuk tulisan tangan, Anda dapat mengisi jurnal visual dengan karya seni Anda sendiri. Buka jurnal Anda di kantor dan ekspresikanlah diri Anda! 

 

Menciptakan Kesadaran Diri 

Menuliskan perasaan Anda tentang situasi yang sulit dapat membantu Anda memahami kondisi diri serta meningkatkan self awareness dengan lebih baik. Dengan menempatkan pengalaman ke dalam kata-kata, ini memungkinkan Anda untuk membentuk persepsi baru tentang sebuah peristiwa atau kondisi tertentu yang sedang Anda hadapi. 

 

Bagaimana Cara Memulai Journaling? 

Membuat jurnal membantu Anda menciptakan keteraturan saat sekeliling Anda terasa kacau. Anda dapat mengenal diri sendiri dengan mengungkapkan ketakutan, pikiran, dan perasaan Anda. Cobalah beberapa tips journaling sederhana yang bisa Anda terapkan!

 

  • Cobalah untuk menulis setiap hari. Sisihkan beberapa menit setiap hari untuk menulis. Ini akan membantu Anda menulis jurnal secara teratur.
  • Tulis apa pun yang menurut Anda benar. Ini adalah tempat pribadi Anda untuk berdiskusi dan menciptakan apa pun yang Anda inginkan untuk mengekspresikan perasaan Anda. Jangan terlalu memikirkan tentang kesalahan penulisan atau apa yang mungkin dipikirkan orang lain.
  • Menjadi kreatif. Journaling tidak harus hanya tentang menulis kalimat. Coba format yang berbeda. Menulis puisi, menggambar beberapa karya seni, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan teknik penjurnalan yang berbeda untuk membuat jurnal Anda  menarik. 
  • Mulailah dengan rasa syukur. Mulailah dengan mendaftar tiga hal yang Anda syukuri. Ini bisa berupa hal-hal kecil seperti cuaca yang baik. Anda dapat membuat daftar atau menulis kalimat lengkap. Detail dapat membantu Anda menghidupkan kembali momen positif hari Anda. 

 

Ketika Anda mampu mengungkapkan perasaan, ketakutan, dan impian-impian Anda, Anda akan merasa lebih bebas untuk mencapai tujuan karir Anda.  Menulis tentang apa yang menjadi impian atau tujuan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kualitas diri.

Jangan lupa untuk tengok kembali cara journaling di atas jika Anda sudah siap untuk memulai, ya! Selamat mencoba!