Aplikasi HRD

Tugas utama seorang HRD adalah mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan. Namun pada prakteknya, pekerjaan HRD lebih banyak melakukan tugas seperti meringkas absensi, melakukan kalkulasi lembur, melakukan penghitungan pph 21, menghitung gaji, memperhitungkan cuti yang diambil, mempersiapkan THR, dan mengurus BPJS karyawan.

 

Baca Juga artikel ini: https://www.linovhr.com/tidak-ingin-lembur-urus-pembayaran-gaji-ini-solusinya/

 

Jika diperhatikan lebih teliti, pelaksanaan tugas di atas kebanyakan bersifat administratif, yang sebenarnya sangat menyita waktu. Belum lagi jika harus melayani pertanyaan dan permintaan karyawan. Tugas-tugas rutin tersebut seharusnya bisa digantikan dengan sebuah sistem yang akan membantu HRD melakukan fungsinya dengan lebih baik.

 

Studi Kasus HRD di Amerika Serikat

Sebuah perusahaan penyedia aplikasi HRD dari Amerika Serikat, Gusto, membuat survei kegiatan 100 HRD profesional dalam satu hari yang biasa. Hasilnya cukup mengejutkan.

 

21% mengurus arsip karyawan

20% menjawab pertanyaan karyawan

16% mengarahkan masalah-masalah karyawan

10% melatih karyawan

7% memberikan konseling

6% kegiatan umum seperti membuat inventaris kantor dan menerima paket

5% mengelola PP dan PKB

4% memberikan orientasi karyawan

4% mewawancarai calon karyawan

3% mengurus gaji (payroll)

2% mengatur tunjangan karyawan

2% merencanakan kegiatan team building

 

Data di atas menunjukkan bahwa mayoritas waktu dihabiskan HRD untuk kegiatan administratif. Pekerjaan yang lebih penting seperti wawancara calon karyawan, mengurus gaji dan merencanakan kegiatan team building hanya memakan sekitar 2–4% waktu kerja. Dengan 8 jam kerja sehari, berarti HRD hanya melakukan tugas utamanya selama 20 menit! Sangat tidak efektif.

Alasan ini menunjukkan mengapa perusahaan membutuhkan sebuah aplikasi HRD, sehingga HRD bisa mengembangkan sumber daya manusia dengan lebih baik, terarah, dan menghasilkan kinerja yang menguntungkan perusahaan. Pengembangan produk atau jasa, layanan pelanggan, dan inovasi lain akan lebih mudah dilakukan dan akan meningkatkan nilai bisnis perusahaan.

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu otomatisasi dan meringankan beban kerja HRD, misalnya HCM atau Human Capital Management. HCM berfungsi untuk memperbaiki dan menyelaraskan pengelolaan karyawan beserta kegiatan mereka yang relevan. Modul-modul aplikasi HRD ini termasuk pengelolaan data calon rekrutan, mengatur gaji dan tunjangan, membantu proses evaluasi kinerja, dan membantu karyawan untuk meningkatkan skill melalui training internal dan peluang kerja, dan memfasilitasi kerja sama melalui tools media sosial.

Aplikasi HRD membantu proses rekrutmen dengan menyimpan informasi calon karyawan dan mengikuti perjalanannya sampai selesai. Beberapa aplikasi yang ada bahkan bisa melakukan pemeriksaan latar belakang (background check).

Dalam hal training, aplikasi HRD bisa menjadi database untuk karyawan, manajer, dan instruktur dalam melacak perkembangan setiap karyawan. Presentasi dan sertifikasi training bisa dilakukan secara online dan menghasilkan laporan yang berharga bagi HRD.

Aplikasi HRD juga menolong dalam monitoring kinerja karyawan. Setiap target dan pencapaiannya termasuk evaluasi berkala bisa menghasilkan laporan analisa yang menentukan promosi dan arah pengembangan sumber daya manusia.

Modul manajemen kompensasi berguna untuk mengoptimalkan sistem kompensasi dengan memberikan penghargaan kepada top performers dengan bonus dan insentif yang sesuai kinerja, dan menghindari menggaji karyawan yang tidak produktif.

Aplikasi HRD yang lebih canggih bisa membuat perencanaan kepemimpinan, dengan menciptakan skema yang mempertahankan orang-orang potensial, membangun database karyawan produktif untuk pengembangan perusahaan, dan menghindari gangguan yang disebabkan oleh kejadian yang tidak diharapkan. Aplikasi ini secara sistematis mengevaluasi sumber daya manusia internal maupun eksternal untuk posisi-posisi kunci dalam perusahaan.

Modul perencanaan tenaga kerja menyediakan analisa untuk mengevaluasi tren yang sedang berjalan dan perencanaan masa depan. Dengan melihat secara keseluruhan bagaimana tingkat urgensi dari Aplikasi HRD terhadap perusahaan, Maka LinovHR sebagai Aplikasi HRD dan Payroll di Indonesia memberikan solusi untuk anda dalam memudahkan aktivitas HR di perusahaan anda. Klik di sini untuk mengetahui Profile kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>