penilaian kinerja pegawai

10 Tips Mensukseskan Penilaian Kinerja Pegawai

Penilaian kinerja pegawai adalah cara bagi perusahaan untuk meningkatkan performa karyawan dengan mengetahui hambatan yang terjadi serta mencari solusi secara bersama. Selain itu, proses ini menjadi tolok ukur perusahaan apakan seluruh pegawai sudah mengerjakan setiap tanggung jawab yang diberikan dengan benar.

Modul Performance Management dari Software HRD LinovHR merupakan software penilaian kinerja karyawan terbaik yang akan membantu manajemen HRD perusahaan Anda untuk menganalisis performa para pekerja secara terukur dan otomatis.

performance review

 

Agar penilaian bisa dilakukan secara efektif, dibawah ini terdapat 10 tips untuk memaksimalkan penilaian kinerja pegawai perusahaan. Langsung saja simak pembahasan di bawah!

 

Mempersiapkan Semua Hal Secara Matang

Untuk mensukseskan penilaian kinerja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan semua hal yang berkaitan secara matang. Anda bisa melakukan persiapan dengan cara menyiapkan catatan penting. Tulislah seluruh hal yang penting seperti hari apa akan bertemu karyawan? Pukul berapa? Serta topik apa yang akan didiskusikan.

Dengan menyiapkan catatan penting saat evaluasi kerja karyawan, karyawan Anda juga akan terdorong untuk memberikan ide serta pembahasan apa yang ingin mereka diskusikan. Dengan cara ini proses penilaian bisa dilakukan secara efektif.

 

Ketahui Tujuan dari Penilaian Kinerja Pegawai

Penilaian kinerja bukanlah semata-mata untuk mengkritik hasil kinerja para pegawai. Namun, tujuan dari proses ini adalah mengetahui akan kebutuhan serta tujuan karyawan, mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi, memberikan kesempatan bagi karyawan untuk memberikan feedback terhadap perusahaan, serta memberikan pengakuan atau mengapresiasi hasil kinerja karyawan.

Penilaian kinerja yang efektif akan menghasilkan komunikasi secara dua arah sehingga baik pihak pegawai maupun perusahaan sama-sama mengetahui kelebihan serta kekurangan apa yang harus mereka benahi. Dengan cara ini, seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil terbaik.

 

Dokumentasikan Kinerja Pegawai

Agar bisa memberikan feedback kepada para karyawan, pantaulah setiap perkembangan kinerja karyawan selama satu periode kerja. Setelah itu, catatlah atau dokumentasikan hasil yang telah mereka lakukan untuk menjadi bahan penilaian Anda.

Dokumentasikan hasil tersebut dilengkapi dengan hari ataupun waktu agar memudahkan Anda untuk memproses kinerja pegawai dengan memberikan bukti yang nyata.

 

Memberikan Feedback Terhadap Kinerja Pegawai

Feedback yang Anda berikan terhadap hasil kinerja para pegawai akan membantu mereka untuk mengetahui letak kesalahan dan meningkatkan kinerja karyawan. Feedback atau umpan balik yang dilakukan secara berkala juga dapat membantu mereka untuk mengetahui langkah yang tepat untuk proses kerja selanjutnya.

 

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik!

Selain memberikan penilaian, Anda juga harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk karyawan Anda. Sebagai seorang manajer atau atasan di perusahaan, tentunya Anda harus mengetahui masalah atau hambatan yang sedang mereka alami. Karena pekerjaan yang mereka lakukan tentunya akan berhubungan dengan pekerjaan karyawan lainnya.

Dari keluhan yang Anda ketahui tersebut, karyawan Anda akan sangat terbantu dengan solusi yang bisa dipecahkan bersama atau mungkin saja akan menemukan peluang baru yang menguntungkan. Hal ini juga dapat meningkatkan interaksi dan kekompakan antara atasan dengan karyawan.

 

Lakukan Penilaian dengan Pendekatan Secara Langsung

Selain melakukan evaluasi secara terstruktur, lakukanlah pendekatan secara langsung. Pendekatan ini bisa dilakukan dengan cara meluangkan waktu bagi Anda dan karyawan untuk saling berbicara. Namun pada kesempatan ini lebih berfokus pada keinginan karyawan.

Anda bisa menggunakan contoh pertanyaan seperti:

  • Seperti apakah gaya kepemimpinan yang Anda harapkan?
  • Dukungan apa yang Anda butuhkan?
  • Seberapa sering Anda ingin mendapatkan feedback dari kami?
  • Apa yang menjadi harapan terbesar Anda pada periode ini?

 

Baca Juga : 10 Pertanyaan Kepuasan Kerja yang Harus Ada di dalam Survei Karyawan

 

Posisikan Diri Anda Sebagai Karyawan

Saat memberikan evaluasi kinerja, terkadang ada beberapa karyawan yang tidak menerima hasil kinerjanya dikritik atau tidak sesuainya kritik yang diberikan. Agar tidak menimbulkan emosi karyawan, cobalah memposisikan diri Anda sebagai seorang karyawan yang akan menerima penilaian.

Dengan cara ini, Anda bisa menentukan cara penyampaian penilaian yang tepat agar karyawan bisa menerima kritik maupun saran yang diberikan. Gunakanlah bahasa santai dan usahakan untuk tidak menghakimi salah satu pihak. Karena pada dasarnya, tujuan dari penilaian kinerja pegawai adalah untuk menemukan solusi dan memperbaiki sistem kerja yang salah.

 

Jangan Libatkan Perasaan Pribadi Anda

Penilaian yang dilakukan dengan melibatkan perasaan pribadi akan berakibat sangat fatal. Sebab, hasil penilaian tidak akan memberikan hasil yang objektif dan produktivitas dan kinerja tetap tidak meningkat.

software hris

 

Siapkan Rencana Selanjutnya

Penilaian kinerja adalah cara yang tepat untuk menentukan langkah yang tepat untuk digunakan di waktu yang akan datang. Setelah melakukan proses penilaian, tugas selanjutnya adalah melakukan perencanaan selanjutnya untuk meningkatkan kinerja karyawan.

 

Lakukan Penilaian Secara Rutin

Setiap periode tentu saja terdapat masalah atau hambatan baru yang dihadapi karyawan. Maka dari itu proses penilaian yang dilakukan secara berkala akan membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas kerja yang akan berdampak baik pada perkembangan bisnis. Bisnis yang baik tentu saja dihasilkan oleh para karyawan yang berkompeten.

 

Baca Juga : 5 Metode Evaluasi Kinerja Bagi Karyawan Berperforma Buruk

 

Proses penilaian kinerja pegawai tentu saja akan memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan perusahaan. Melalui penilaian dan evaluasi kinerja, karyawan dengan performa yang buruk bisa ditingkatkan pada proses ini.

Namun pelaksanaan yang dilakukan secara manual tentu saja tidak akan berjalan secara efektif dan hasil yang diperoleh tidak bersifat subjektif. Jika perusahaan Anda masih menggunakan cara manual dan ingin beralih pada penggunaan sistem yang bisa dikerjakan secara otomatis, memanfaatkan software penilaian kinerja karyawan dari LinovHR merupakan pilihan yang tepat.

Software HRD LinovHR dilengkapi dengan modul Performance Management memiliki keunggulan untuk memproses seluruh manajemen kinerja karyawan mulai dari menentukan target kerja, penilaian, hingga membuat laporan hasil penilaian kinerja. 

Anda bisa melakukan penilaian kinerja untuk karyawan serta divisi atau unit kerja. Proses penilaian akan melibatkan seluruh pihak yang terlibat dengan memasukan komponen-komponen penting yang terkait. Sehingga hasil akan lebih objektif dan sangat terukur. 

Jadi, masih mau pakai cara manual dalam penilaian kinerja pegawai atau beralih ke Modul Performance Management LinovHR yang lebih cepat dan tepat? Segera jadwalkan demo Software HRD bersama tim kami!