kenaikan gaji

HRD Wajib Tahu! Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Menentukan Kenaikan Gaji!

Kenaikan gaji karyawan biasanya dikelola oleh bagian personalia atau HRD perusahaan. Upah atau gaji merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan kinerja karyawan. Perusahaan yang profesional dan berbadan hukum tentunya mengerti soal pemberian gaji yang layak untuk karyawan.

HRD merupakan divisi yang bertanggungjawab untuk mengelola penggajian karyawan, mengingat HRD pula yang paham dan mengetahui kinerja karyawan dari awal bekerja hingga saat ini. Apa saja hal yang menjadi pertimbangan dalam menaikkan gaji karyawan?  Dan mengapa perusahaan perlu menaikkan gaji karyawan? 

 

Alasan Perusahaan Menaikkan Gaji karyawan

Sebenarnya, tidak ada aturan absolut yang mengatur tentang persentase kenaikan gaji karyawan. Setiap perusahaan pastinya memiliki kebijakan dan peraturan sendiri dalam mengatur sistem kerja karyawannya, termasuk dengan sistem pemberian gaji. 

 

Karyawan Menerima Kenaikan Jabatan atau Perubahan Status 

Gaji setiap karyawan yang ada di perusahaan tentu berbeda-beda tergantung dengan posisi atau jabatan yang dimiliki. Biasanya semakin tinggi jabatan maka semakin besar pula nominal gaji yang diberikan oleh perusahaan.

Tidak hanya itu, perusahaan biasanya juga akan menaikkan gaji karyawan ketika karyawan tersebut diangkat menjadi karyawan tetap dari awalnya karyawan kontrak. Jumlah nominal gaji juga dapat ditentukan berdasarkan berapa lama karyawan bekerja di perusahaan tersebut. 

 

Menghindari Kesenjangan

Perbedaan gaji tak jarang menimbulkan kecemburuan antara sesama karyawan sehingga perusahaan perlu mengambil tindakan untuk mengatasinya. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menaikkan gaji karyawan.

 

Kinerja Karyawan Meningkat

Sebagai bentuk apresiasi, perusahaan akan memberikan kenaikan gaji kepada karyawan dengan kinerja unggul.

Dalam hal ini, HRD perlu meninjau bagaimana perkembangan kinerja si karyawan. besarnya jumlah kenaikan gaji bisa dihitung oleh perusahaan dengan cara meninjau gaji secara berkala dengan tetap memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas

 

Baca Juga : Bagaimana Cara Hitung Kenaikan Gaji Karyawan Secara Berkala?

 

Apa yang Perlu HRD Pertimbangkan Ketika Menaikkan Gaji Karyawan? 

 

Penyesuaian Biaya Kebutuhan Hidup

Sebelum memutuskan menaikkan gaji karyawan, hal pertama yang perlu HRD pertimbangkan adalah besaran inflasi yang terjadi setiap tahun. Mengapa perlu mempertimbangkan besaran inflasi? Karena secara umum tingkat kenaikan harga terjadi secara terus menerus pada jangka waktu tertentu.

Oleh sebab itu, perusahaan perlu setidaknya menyesuaikan gaji karyawan berdasarkan inflasi yang terjadi  sehingga karyawan tetap mempunyai daya bel untuk memenuhi kebutuhan hidup. Serta, perusahaan juga perlu memperhatikan Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku.

 

Produktivitas Kerja yang Meningkat

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan oleh HRD sebelum menaikkan gaji karyawan adalah peningkatan produktivitas kerja. Dengan menaikkan gaji, karyawan menjadi lebih termotivasi dan semangat dalam melakukan pekerjaanya. Produktivitas kerja karyawan dapat dinilai berdasarkan beberapa aspek yaitu pencapaian target atau KPI, ketaatan karyawan pada aturan, dan loyalitas karyawan.

 

Kemampuan Perusahaan

HRD dapat menaikkan gaji karyawan dengan mengacu pada struktur perusahaan, skala upah, dan kemampuan keuangan perusahaan.

Sebelum menaikkan gaji karyawan, sebaiknya perusahaan menganalisis terlebih dahulu mengenai dampak naiknya gaji karyawan terhadap pendapatan perusahaan. Jangan sampai naiknya gaji karyawan mengganggu segala kebutuhan perusahaan sehingga perusahaan menjadi rugi.

 

Kriteria Karyawan yang Layak Naik Gaji

Selain mempertimbangkan beberapa hal, kenaikan gaji karyawan dapat ditinjau berdasarkan kelayakan karyawan selama bekerja. Berikut sederet kriteria karyawan yang layak untuk naik gaji.

 

Berhasil mencapai target

Salah satu kriteria karyawan yang layak untuk naik gaji adalah yang berhasil menyelesaikan project atau mencapai target. Apabila Anda diberikan kepercayaan untuk menangani project besar yang sangat menentukan kemajuan perusahaan dan berhasil menyelesaikannya dengan baik maka Anda layak untuk melakukan negosiasi gaji yang lebih tinggi dengan pihak perusahaan.

 

Memiliki disiplin yang tinggi

Kriteria lainnya adalah karyawan memiliki nilai disiplin yang tinggi. Kedisiplinan karyawan dapat dinilai dari sikapnya dalam mentaati peraturan perusahaan.

Peraturan yang dibuat oleh perusahaan bukanlah tanpa tujuan, melainkan untuk ditaati oleh setiap anggota perusahaan mulai dari karyawan hingga petinggi perusahaan. Sehingga untuk bisa naik gaji, karyawan harus mentaati peraturan yang telah dibuat perusahaan.

Misalnya Anda merupakan karyawan yang tidak pernah terlambat dan selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka Anda bisa meminta gaji yang lebih tinggi kepada perusahaan.

 

Mampu bekerja dengan efektif dan efisien

Kriteria karyawan yang layak untuk mendapatkan kenaikan gaji adalah mampu bekerja dengan efektif dan efisien. Karyawan dengan bekerja dengan efektif artinya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna tanpa biaya yang besar. Sementara, karyawan dengan kerja yang efisien mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Karyawan yang memiliki kemampuan kedua hal tersebut akan memberikan keuntungan yang besar untuk perusahaan.

 

Memiliki kreativitas yang tinggi

Ciri dari karyawan yang memiliki kreativitas tinggi dapat dilihat dari bagaimana karyawan menyelesaikan pekerjaan tanpa harus membebani perusahaan dengan modal yang besar. Kreativitas yang tinggi ini perlu diberikan apresiasi lebih oleh perusahaan dalam bentuk kenaikan gaji.

 

Sudah lama bekerja di perusahaan

Kemudian, salah satu kriteria dari karyawan yang layak untuk naik gaji adalah karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Karyawan yang sudah lama bekerja artinya memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan. Sehingga sudah sepatutnya perusahaan memberikan apresiasi lebih.

 

Baca Juga : Ciri-Ciri Karyawan Top Talent

 

Atur Proses Gaji Karyawan lebih cepat dengan Modul Payroll LinovHR

Sistem pemberian gaji karyawan merupakan hal yang harus dikelola dengan tepat oleh sebuah perusahaan. Namun, pengelolaan gaji karyawan tidak semudah kelihatannya karena adanya sejumlah kendala yang menghambat seperti keragaman komponen gaji, kurangnya pengetahuan tentang regulasi, jumlah karyawan yang banyak, dan lain-lain.

Kini, proses penggajian dapat dikelola dengan lebih cepat dan akurat dengan menggunakan Payroll Software dari LinovHR. Keuntungan dari menggunakan Payroll Software LinovHR yaitu sesuai dengan regulasi dan UU Ketenagakerjaan yang berlaku. Selain itu, fitur dalam Payroll Software LinovHR sangat user friendly dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan Payroll Software dari LinovHR, HRD perusahaan dapat memproses kenaikan gaji dengan lebih cepat dan mudah. Tertarik dengan Payroll Software dari LinovHR?

Hubungi tim LinovHR dan diskusikan kebutuhan Anda sekarang juga!