Aplikasi Rekrutmen Karyawan

Proses rekrutmen lebih mudah dengan Aplikasi Rekrutmen Karyawan LinovHR

Rekrutmen karyawan tentu bukan hal asing di sebuah perusahaan. Mereka bisa melakukannya secara berkala ataupun kondisional. Proses rektrutmen dilakukan untuk menjaring calon karyawan baru dengan kualifikasi khusus sesuai kebutuhan perusahaan. Tentunya perusahaan tidak ingin mendapatkan karyawan yang tidak tepat, karenanya proses rekrutmen tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Rekrutmen menjadi masalah penting dalam pengadaan tenaga kerja. Jika rekrutmen sukses artinya adalah saat banyak pelamar yang memasukkan lamarannya, peluang untuk mendapatkan karyawan yang baik terbuka lebar, karena perusahaan dapat memilih yang terbaik diantara yang baik.

 

Aplikasi Rekrutmen Karyawan

Menurut sebuah studi oleh Bersin by Deloitte, dibutuhkan waktu rata-rata 52 hari untuk mengisi posisi kosong dan menghabiskan biaya sekitar USD 4.000 untuk wawancara, menjadwalkan, dan menilai kandidiat. Dengan waktu dan biaya tersebut, proses rekrutmen artinya juga harus diisi oleh tim perekrutan yang mampu bekerja secara benar dan efektif.

Meskipun terlihat sepele, tapi tugas HRD untuk merekrut karyawan memiliki tantangannya sendiri. Kegiatan perekrutan ini juga akan semakin tidak efisien ketika dilakukan secara manual karena harus berhadapan dengan tumpukan kertas, mengulas CV atau dokumen lain, hingga harus menyimpan dokumen print out-nya. Oleh karena itu, di era serba digital seperti sekarang sudah waktunya untuk beralih dari manual ke otomatis.

Beruntung, aplikasi rekrutmen karyawan sudah dikembangkan dan sudah menjadi hal wajar digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Aplikasi berupa software ini menjadi solusi yang komprehensif dalam membantu proses perencanaan dan adminitsrasi manajemen dari proses rekrutmen karyawan.

 

Aplikasi Rekrutmen Karyawan LinovHR Berbasis Web

Aplikasi rekrutmen karyawan atau Recruitmen & Talent Acquisiton berbasis web dari LinovHR memiliki berbagai macam fitur yang akan membantu menjalankan fungsi-fungsi yang dijalankan. Berikut berbagai fungsi penggunaan Aplikasi Rekrutmen Karyawan LinovHR untuk perusahaan.

 

1.    Membantu Proses Perencanan Tenaga Kerja

 

rencanatenagakerja

 

Tiap divisi tentu memiliki perencanaan akan tenaga kerja pengisi posisinya. Oleh karena itulah tersedia menu manpower planning untuk melakukan perencanaan akan tenaga kerja pada posisi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain berisi daftar posisi yang dibutuhkan, menu ini juga dilengkapi dengan daftar rencana yang telah disetujui oleh pimpinan sebagai acuan dalam perencanaan rekrutmen karyawan.

Tak hanya itu, daftar rencana tenaga kerja juga dibuat secara periodik melalui menu Manpower Plan Period. Menu ini digunakan untuk menentukan periode manpower planning dalam jangka satu tahun.

Fungsi perencanaan tenaga kerja juga tak hanya sebatas menu manpower planning. Realisasi akan perencanaan yang dibuat juga diakomodir melalui menu reruitment request. Pada menu ini, perekrut dapat mengajukan permintaan atau request untuk melakukan proses rekrutmen pada unit atau posisi yang dibutuhkan.

 

2. Menentukan Penanggung Jawab Rekrutmen

 

software rekrutmen

 

Dalam proses rekrutmen tentunya membutuhkan penanggung jawab pelaksanaannya. Agar tidak terjadi tumpang tindih kerja, admin bisa memanfaatkan fitur Person in Charge.  Fitur inilah yang akan memudahkan pengaturan penanggung jawab dalam proses rekrutmen dari awal hingga akhir yang dilakukan oleh perusahaan.

 

3.    Membantu Mengatur Halaman Karir di Dalam Website Perusahaan

 

career website

 

Career Website adalah fitur yang bisa diaktifkan perusahaan untuk mendapatkan halaman URL career websitenya sendiri secara otomatis. Dengan fitur ini, admin bisa mengatur dengan mudah halaman karir karena terkoneksi langsung dengan website perusahaan.

 

4.    Membuat Informasi Lowongan Kerja Dengan Detail

 

detail lowongan kerja

 

Membuat informasi mengenai lowongan kerja perusahaan juga bisa langsung dilakukan dari aplikasi rekrutmen karyawan LinovHR ini. Terdapat dua fitur yang mendukung fungsi ini yaitu Vacancy dan Selection Stage.

Melalui fitu vacancy, pihak manajerial bisa langsung membuat detail lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan. Nantinya, info lowongan yang telah dibuat bisa langsung di-publish pada halaman career website. Sedangkan pada fitur selection stage, perekrut bisa membuat urutan seleksi rekrutmen sehingga bisa lebih teratur dan terorganisasi dalam melakukan pendataan.

 

5.    Membantu Mengelola Formulir yang Akan Diisi Oleh Kandidat

 

formulir lowongan kerja

 

Fungsi pengelolaan formulir kandidat bisa terbantu melalui fitur Webform. Fitur ini akan membantu mengatur dan mengelola data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait dengan kandidat karyawan yang masuk. Fitur ini sendiri berisi form tentang informasi kandidat seperti data pribadi.

 

Baca Juga : Proses Rekrutmen yang Ideal Untuk Perusahaan

 

6.    Menyimpan Seluruh Data Kandidiat Secara Online

 

sortir kandidat secara online

 

Seluruh data kandidat bisa tersimpan secara online dan mudah ditemukan melalui fitur Candidate yang sudah tersedia di aplikasi. Data yang ada pada fitur ini bisa berasal dari career website atau bisa juga diinput secara manual oleh admin.

7.    Menyeleksi Kandidat yang Terpilih

Melakukan penyeleksian kandidat juga bisa terbantu melalui fitur Ready-to-Hire. Fitur ini akan membantu admin dalam melakukan seluruh proses terkait perekrutan dan akan ditampilkan kandidat yang lolos pada seluruh tahapan seleksi.

Selain memudahkan proses rekrutmen karyawan, software rekrutment karyawan LinovHR juga memiliki berbagai modul yang memudahkan aktivitas manajemen SDM anda. Dapatkan akses akun  trial Aplikasi Rekrutment LinovHR  secara gratis dengan mengisi form yang ada di website kami. Hubungi tim sales kami untuk informasi lebih lanjut.