minder

8 Tips Mengatasi Rasa Minder atau Kurang Percaya Diri di Kantor

Ketika datang ke lingkungan yang baru, seringkali seseorang merasa kurang percaya diri. Rasa minder atau kurang percaya diri kepada kemampuan pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Jangan biarkan rasa minder ini dibiarkan dan menjadi penghambat dalam pertumbuhan karir.  Untuk Anda yang kerap kali merasa minder di lingkungan kerja, LinovHR akan membantu untuk menumbuhkan rasa percaya diri!

 

Apa Itu Minder?

Minder adalah sebuah respon alami yang umumnya bersumber dari perasaan dan juga penilaian diri yang buruk. Alfred Adler berpendapat bahwa merasa minder karena mengalami inferioritas (rendah diri) ditandai dengan rasa tidak kompeten atau kurangnya kemampuan diri. 

Umumnya, rasa minder ini muncul dari pengalaman masa lalu. Rasa trauma masa lalu yang tersimpan pada memori otak memunculkan rasa minder di kemudian hari. 

Seseorang yang minder akan merasa bahwa dirinya lebih rendah atau kurang dari pada orang lain. Kata minder ini biasa disebut dengan rendah diri atau low self-esteem, atau condescending.

 

 

Dampak Buruk Rasa Minder Bagi Perkembangan Karir

Rasa minder memang hal wajar yang akan dirasakan setiap orang. Tetapi jika dibiarkan tertanam dalam mindset Anda, akan berdampak buruk pada perkembangan karir. Dampak buruknya antara lain: 

 

  • Sulit Mencari Koneksi

Karena rasa minder, Anda terus menutup diri untuk menjalin hubungan pertemanan baru. Padahal dengan memiliki teman yang banyak penting untuk memperluas koneksi yang nantinya akan memudahkan Anda dalam perkembangan jenjang karir. 

 

  • Tidak Dapat Berkembang

Anda yang suka merasa minder akan gampang terpengaruh terhadap omongan orang lain yang mengomentari kelemahan diri Anda. Akibatnya Anda lebih memilih untuk menjauhi orang tersebut.

Jika Anda berpikir untuk menjauh adalah solusi yang tepat, faktanya adalah salah. Karena Anda akan terperangkap dengan kata-kata negatif tersebut dan akan sulit untuk mengembangkann potensi diri.

 

stress
Source Image: psiloveyou.xyz

 

  • Mudah Stres

Karena tidak mau mendengarkan kritik dan juga saran dari orang lain, Anda jadi sering menyendiri dan tidak memiliki orang untuk bercerita. Jika dibiarkan, hal tersebut akan membuat Anda stres bahkan burnout dan berdampak pada perkembangan potensi dalam diri Anda.

 

Tips Mengatasi Rasa Minder di Kantor

Rasa minder bisa muncul di mana saja dan dalam situasi kapan saja. Tidak terkecuali pada lingkungan kantor.

Sebagai karyawan, Anda akan mendapatkan rekan kerja yang memiliki kemampuan bekerja yang cepat dan juga bisa berbaur antar sesama rekan kerja. Melihat kondisi tersebut, kerap kali mungkin Anda merasa minder karena tidak mampu seperti rekan kerja anda.

Jika Anda pernah mengalami kondisi tersebut, jangan khawatir!  Di bawah ini adalah cara mengatasi rasa minder di lingkungan kerja atau kantor yang bisa Anda terapkan: 

 

1. Tunjukan Kelebihan Anda

Tunjukan kemampuan diri dengan fokus terhadap kekuatan dan juga keterampilan yang Anda punya akan membantu dalam proses peningkatan percaya diri. 

Jangan selalu memikirkan kelemahan-kelemahan pada diri sendiri. 

 

Baca Juga: Tips Menjawab Kelemahan dan Kekuatan Saat Interview

 

2. Anda Direkrut Karena Dipercaya

Coba Anda ingat kembali ketika sedang menjalani proses interview pada perusahaan yang merekrut Anda. Saat interview terdapat beberapa orang dengan pengalaman kerjanya yang sudah tinggi.

Keesokan harinya, HRD menelpon untuk mengabari bahwa Anda diterima. Dari proses tersebut bahwa HRD dapat melihat kemampuan yang terdapat dalam diri Anda.

Hal ini tentu karena HRD percaya bahwa anda memiliki kemampuan serta kecocokan skill yang anda miliki dengan posisi yang tersedia.

 

3. Jangan Sepelekan Bakat Terpendam

Walau tidak selalu terlihat, bakat terpendam yang Anda punya jangan sampai disepelekan. Karena bisa jadi Anda mempunyai bakat yang belum Anda gunakan. Cari tahu bakat terpendam yang Anda miliki untuk kemudian mengasah bakat tersebut.  

 

4. Susun Daftar Prestasi Yang Anda Punya

Kurangnya rasa percaya diri terjadi karena Anda tidak dapat mencapai suatu target. Padahal banyak target-target kecil yang sudah Anda capai tapi seringkali terlupakan.

Cobalah untuk menyusun pencapaian target yang sudah Anda kerjakan. Cara itu akan memotivasi Anda untuk dapat mencapai target yang lebih tinggi dan tidak berfokus pada kegagalan Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Kesuksesan Karir

 

5. Buat Tantangan Untuk Diri Sendiri

Tantangan akan membuat Anda lebih maju dari sebelumnya hal ini karena mengerjakan pekerjaan yang penuh tantangan dan belum pernah dikerjakan sebelumnya akan mengeluarkan segala kemampuan tersembunyi. 

Jika pekerjaan tersebut bisa diselesaikan, rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki akan meningkat.

 

6. Perhatikan Penampilan

Baju yang Anda kenakan dapat menunjukan kepercayaan diri Anda. Tunjukkan penampilan terbaik Anda di hadapan rekan kerja. 

Dengan cara itu, rekan kerja atau atasan akan menghargai Anda karena melihat penampilan terbaik Anda. Mengenakan pakaian yang rapi dan baik juga menjadi tanda bahwa Anda terorganisir dan pribadi yang teratur. 

 

7. Tanamkan Rasa Percaya Diri

Untuk semakin meningkatkan rasa percaya diri, anda harus menanamkan kalimat ini kedalam pikiran anda, Bahwa:

  • “Saya adalah orang yang berguna”
  • “Saya adalah orang yang pantas dihargai “
  • “Saya adalah orang yang bahagia”

 

Dengan konsisten menanamkan kalimat tersebut, Anda bisa kalahkan rasa minder yang menyelimuti pikiran.

 

8. Ingat! Percaya Diri Bukanlah Kesombongan

Jangan samakan percaya diri dengan kesombongan. Percaya diri adalah sebuah pengakuan untuk diri sendiri yang bersifat positif. Sementara kesombongan adalah usaha untuk mendapatkan perhatian dari orang lain yang akan berdampak negatif. 

Jadi, jangan ragu untuk mempercayai diri Anda sendiri. 

 

Terkadang untuk menumbuhkan rasa percaya diri memang harus melakukan perlawanan kepada diri sendiri. Tetapi jika perasaan minder terus tertanam dalam diri Anda akan menghambat pada perkembangan karir Anda. 

Ingatlah setiap orang memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Siap mengembangkan karir Anda lebih gemilang? Semoga informasi di atas bermanfaat!