nft adalah

Meraup Untung Dari NFT: Ketahui Pengertian hingga Cara Membuatnya

NFT merupakan salah satu hal yang ramai diperbincangkan baru-baru ini. Salah satu aset digital ini mulai diperbincangkan karena dikenal mampu membuat penggunanya meraup keuntungan dengan nominal yang cukup fantastis.

Ghozali dan Karafuru adalah contoh dua creator NFT yang berhasil mendapat keuntungan yang besar dari penjualan aset digital ini.

Berkat fenomena tersebut, masyarakat Indonesia mulai banyak yang mengikuti jejak Ghozali dan Karafuru untuk menjadi content creator dan menjual aset digital.

Lantas, apa itu NFT dan bagaimana cara membuatnya?

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait pengertian, cara membuat, contoh, hingga keuntungan dari berjualan NFT.

 

Pengertian NFT

Melansir dari Investopedia, NFT atau non-fungible tokens adalah aset crypto yang diperjualbelikan secara digital pada blockchain.

Aset ini disisipi kode identifikasi yang unik dengan metadata yang berbeda sehingga tidak sama dengan aset crypto lainnya. 

NFT dikenal sebagai aset crypto dengan transaksi yang terbatas. Akan tetapi, hal itu membuat penjual dan pembeli dapat membeli aset secara langsung tanpa adanya perantara di antara keduanya.

 

non-fungible tokens
non-fungible tokens

 

Salah satu alasan mengapa orang rela menghabiskan banyak uang demi NFT adalah karena nilai dari aset itu sendiri. Setelah Anda membeli NFT, Anda akan mendapatkan verifikasi bahwa Anda adalah pemilik tunggal dari aset yang dibeli.

Nilai sebuah NFT juga dilihat dari ketersediaan aset yang disediakan. Setiap aset NFT tidak bisa dibuat atau diproduksi berulang kali. Hal tersebut disebabkan karena aset-aset tersebut memiliki keunikannya masing-masing.   

Berdasarkan penjelasan di atas, NFT dapat menjadi salah satu perantara yang cocok untuk menggantikan penjualan aset fisik.

Atau juga salah satu cara bagi para konten kreator untuk memonetisasi setiap karya seni mereka tanpa menghilangkan nilai atau value dari aset itu sendiri.

 

Cara Membuat NFT

Terdapat 6 langkah untuk membuat karya seni Anda menjadi sebuah NFT. Namun sebelum itu, Anda perlu menentukan aset seperti apa yang akan Anda jual, memilih blockchain, menentukan dompet digital khusus NFT, menentukan platform NFT, lalu barulah Anda bisa membuat dan menjual aset Anda.

Berikut adalah langkah-langkah beserta penjelasan lengkap cara membuat NFT.

 

  1. Menghubungkan Rekening/Dompet

Pada menu OpenSea, Anda bisa memilih ikon bergambar dompet, lalu pilih opsi dompet digital mana yang Anda inginkan. Lalu, Anda diharuskan untuk melakukan verifikasi pada aplikasi dompet digital Anda.

 

  1. Memilih Opsi ‘Create’ atau Buat

Pada bagian ini Anda akan mulai untuk membuat NFT. Di sini juga beberapa fitur lain seperti fitur untuk NFT, properti, dan blockchain

 

  1. Mengunggah File atau Media

Pada tahap ini, Anda bisa mengunggah secara langsung atau mengaitkannya menggunakan tautan eksternal. Anda dapat mengunggah file yang diinginkan seperti gambar, musik, atau media lainnya.

 

  1. Mengisi Detail NFT

Langkah ini akan mengharuskan Anda untuk mengisi detail aset yang akan Anda unggah, seperti memberi nama dan memberi deskripsi pada aset. Pada tahap ini, Anda juga bisa memberi segel atau kunci aset Anda, memberi promo atau diskon, atau bahkan membuat batasan terkait jumlah pencetakan aset.

 

  1. Memilih Blockchain 

Pada langkah ini Anda harus memilih blockchain tempat NFT Anda akan ditempatkan. Pemilihan ini hanya bisa dilakukan sekali dan tidak bisa diubah setelah Anda mencetak NFT Anda. 

 

Setelah semua langkah telah lengkap, Anda hanya perlu mengklik tombol ‘create’ atau ‘buat’ sebagai langkah terakhir dalam membuat NFT. 

 

Keuntungan Menjadi Konten Kreator NFT

NFT merupakan salah satu inovasi yang mengubah banyak hal, terlebih dalam jual-beli aset yang bernilai secara digital. Salah satu dampak yang paling terbantu adalah content creator di dalamnya.

Dengan segala kecanggihannya, content creator bisa mendapatkan banyak dukungan yang dapat membuat mereka terus menghasilkan karya yang diminati oleh pembeli. 

Berikut adalah keuntungan apa saja yang bisa dirasakan saat menjadi content creator NFT.

 

  1. Mendukung Finansial Content Creator

Keuntungan finansial adalah dampak paling besar yang bisa dirasakan oleh creator NFT. Hal ini disebabkan karena karya yang diunggah bisa memiliki nilai jual dan menghasilkan royalti.

 

  1. Mendapatkan Pasar yang Lebih Luas

Membuat karya di NFT membuat seorang creator bisa merambah pasar yang lebih luas. Hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan, karena dengan begitu semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli aset yang dijual.

 

Baca Juga: 8 Tips Agar Produk Tembus ke Pasar Internasional

 

  1. Mudah untuk Dikenal Banyak Orang 

Selain menjual karya, seorang content creator NFT juga berkesempatan untuk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal tersebut bisa membawa peruntungan baru bagi content creator itu sendiri.

 

Contoh NFT

Sebagian besar kreator konten NFT kerap menjual koleksi dari karya seni mereka secara digital dalam bentuk aset. Beberapa contoh aset yang biasa biasanya untuk hobi, bisnis, dan karya seni.

Contoh kreator konten karya seni adalah Cryptokitties. Cryptokitties adalah gambar kucing digital yang dijual dengan identifikasi pengenal yang unik. 

 

Cryptokitties
Cryptokitties. Sumber: guide.cryptokitties.co

 

Kucing digital tersebut akan bereproduksi dan menghasilkan keturunan baru yang unik, lalu dapat dibeli oleh orang lain. Cryptokitties berhasil meraup sampai 20 juta dolar AS setelah beberapa minggu diluncurkan. 

Contoh NFT lainnya adalah Ghozali Everyday, seorang kreator konten NFT yang berasal dari Indonesia. Ghozali memiliki total 933 swafoto atau selfie yang ditawarkan. Lalu, tak disangka bahwa koleksinya tersebut banyak terjual dan hanya tersisa 300 foto dalam tiga hari.

Sejauh ini, harga termurah dari koleksi fotonya adalah kisaran 13 juta atau 0,28 ETH. Dengan nominal yang besar dan jumlah yang sebanyak itu, Ghazali Everyday adalah salah satu content creator NFT yang bisa dikatakan sukses dalam menjual aset berupa swafoto yang ia ambil setiap hari sejak tahun 2017. 

 

Baca Juga: Beberapa Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang!

 

Itulah beberapa ulasan tentang NFT. Dari mulai pengertian, cara membuatnya, contoh, serta keuntungan yang bisa didapatkan dengan cara menjadi konten kreator NFT.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satunya?