msdm

Mengenal Peran MSDM: Pengertian, Tujuan Fungsi, dan Manfaat

Human Resources atau dikenal dengan istilah HRD merupakan salah satu komponen paling penting dalam dunia bisnis. Tanpa manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang layak maka akan menghambat produktivitas dan tujuan strategis bisnis Anda. 

Oleh karena itu, peran MSDM sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. LinovHR telah merangkum informasi seputar manajemen sumber daya manusia lengkap dengan fungsi dan tujuannya dalam perusahaan.

 

Pengertian MSDM 

MSDM adalah singkatan dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah istilah yang digunakan untuk menggambar suatu sistem formal yang dirancang untuk memanajemen atau mengelola orang-orang dalam sebuah perusahaan atau organisasi.  

Sedangkan menurut Model Sumber Daya Manusia Harvard oleh Michael Beer, manajemen sumber daya manusia merupakan proses pendekatan strategis untuk pekerjaan, pengembangan, dan kesejahteraan orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan tindakan manajemen yang mempengaruhi hubungan antara organisasi dan sumber daya manusianya.  

Jadi, manajemen SDM adalah sebuah proses mempekerjakan orang, melatihnya, memberikan kompensasi kepada mereka, mengembangkan kebijakan yang berkaitan dengan mereka, dan mengembangkan strategi untuk mempertahankannya.

 

Tujuan MSDM

Manajemen sumber daya manusia mempunyai 7 tujuan utama untuk mendukung kesuksesan perusahaan, yaitu:

  1. Membantu perusahaan meraih tujuannya
  2. Memastikan perusahaan memanfaatkan sumber daya manusianya secara efektif dan melakukan pengembangan secara maksimal.
  3. Mengidentifikasi kepuasan dan kebutuhan para karyawan
  4. Mencapai dan mempertahankan moral yang tinggi diantara karyawan
  5. Menyediakan perusahaan dengan karyawan yang terlatih dan memiliki motivasi kuat
  6. Membantu meningkatkan kemampuan karyawan untuk melakukan pekerjaanya
  7. Menumbuhkan semangat, kinerja, dan kolaborasi baik dalam tim maupun antar tim.

 

Fungsi MSDM

fungsi msdm
Fungsi MSDM

Manajemen sumber daya manusia berfungsi membantu karyawan dalam perusahaan untuk dapat berkontribusi secara efisien dan efektif dalam mencapai seluruh tujuan perusahaan. Agar Anda lebih paham, fungsi MSDM terbagi menjadi tiga yaitu manajerial, operatif, dan penasihat seperti penjelasan dibawah ini.

 

Fungsi Manajerial

 

  • Planning (Perencanaan)

Manajemen sumber daya manusia memastikan bahwa karyawan mendapatkan pekerjaan (job desk)  yang sesuai dengan bidangnya, untuk menghindari kekurangan atau kelebihan tenaga kerja di perusahaan. 

 

  • Organizing (Pengorganisasian)

Manajemen sumber daya manusia juga berperan dalam pengembangan struktur organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Umumnya, struktur organisasi ini dibuat dalam bentuk bagan dan mampu mewakili seluruh ruang lingkup organisasi perusahaan.

 

  • Directing (Mengarahkan)

Fungsi directing manajemen sumber daya manusia adalah mengajak seluruh karyawan untuk aktif dan berkontribusi secara maksimal terhadap tujuan perusahaan. MSDM dapat memanfaatkan potensi maksimum dari seorang karyawan melalui motivasi dan perintah kerja yang konsisten.

 

  • Controlling (Mengendalikan)

Selanjutnya, kinerja karyawan akan dievaluasi, diverifikasi, dan dibandingkan dengan tujuan perusahaan. Jika ditemukan kinerja karyawan yang menyimpang dari rencana perusahaan, maka MSDM akan terjun mengendalikannya.

     

Fungsi Operatif

  • Recruitment and Selection

Manajemen sumber daya manusia berfungsi mengadakan proses rekrutmen dan seleksi untuk mengumpulkan calon kandidat dan memilih kandidat yang tepat untuk perusahaan. Berdasarkan hasil riset oleh Allegis Group, 83% perusahaan percaya bahwa menarik dan mempertahankan bakat adalah tahap untuk berkembang. 

 

  • Job analysis dan Design 

Fungsi manajemen sumber daya manusia satu ini adalah menggambarkan ruang lingkup pekerjaan yang meliputi kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman kerja yang diperlukan untuk posisi tertentu dalam suatu perusahaan. 

 

  • Performance management

Mengecek dan menganalisis kinerja karyawan merupakan fungsi penting lainnya dari manajemen sumber daya manusia. Berdasarkan hasil riset Global Human Capital Trends oleh Deloitte, 79% eksekutif menilai praktik manajemen kinerja untuk memasukan elemen-elemen seperti umpan balik berkelanjutan, penetapan tujuan dan komunikasi yang dilakukan karyawan sebagai prioritas tertinggi.

 

  • Learning dan Development

Fungsi learning dan development adalah memungkinkan karyawan untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru yang mendukung pekerjaan mereka agar semakin efektif. Selain itu, melalui fungsi learning dan development ini karyawan dipersiapkan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih tinggi.

 

  • Compensation Management

Fungsi manajemen SDM juga mencakup penentuan pembayaran untuk berbagai tingkat pekerjaan. Serta, pembayaran kompensasi, insentif, bonus, dan tunjangan lain yang terkait dengan fungsi pekerjaan.

 

  • Policies (Kebijakan)

Manajemen SDM berfungsi menyusun, menerbitkan, merevisi dan menerapkan kebijakan perusahaan yang berlaku adil bagi semua karyawan dalam suatu perusahaan.

 

  • Employee Welfare

Fungsi manajemen SDM satu ini menangani berbagi layanan, manfaat, dan fasilitas yang diberikan kepada karyawan untuk kesejahteraan mereka.

 

  • HRMS

Selanjutnya, fungsi HRMS yaitu manajemen SDM mencatat,mengawasi, dan mengambil informasi yang terkait dengan karyawan meliputi riwayat pekerjaan, jam kerja, riwayat penghasilan, dan lain-lain.

 

Fungsi Penasihat

  • Penasihat Top Management

Salah satu fungsi penting manajemen SDM dalam perusahaan adalah untuk memberikan nasihat kepada top management dalam merumuskan kebijakan dan prosedur. Selain itu, MSDM juga memberikan nasihat kepada top management tentang penilaian tenaga kerja dan meningkatkan moral karyawan.

 

  • Penasihat Departemental Head

Fungsi manajemen SDM ini adalah memberikan nasihat kepada Head dari berbagai departemen mengenai kebijakan yang terkait dengan deskripsi pekerjaan, rekrutmen, seleksi, dan penilaian.

 

Manfaat MSDM

Manajemen SDM berfokus pada orang-orang yang bekerja di belakang layar dalam suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat manajemen SDM di perusahaan:

 

  • Budaya Organisasi 

Budaya perusahaan menyatukan nilai-nilai, visi perusahaan, kepercayaan, tradisi, dan aturan kerja yang telah diadopsi dari waktu ke waktu. Sistem Human Resource memainkan peran yang penting dalam mempengaruhi budaya organisasi. Manajemen SDM bertugas untuk menetapkan standar prosedur dan pedoman perusahaan sehingga karyawan dapat mengetahui bagaimana harus bersikap dan berperilaku di tempat kerja. 

 

Baca Juga: Berbagai Jenis Budaya Organisasi dalam Perusahaan

 

  • Perencanaan perubahan

Seperti yang kita ketahui, dunia bisnis berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Perkembangan ini menjadi tanggung jawab manajemen SDM untuk membantu perusahaan untuk mengikuti perubahan secara berkelanjutan. Lalu, salah satu bentuk rencana perubahan yang dilakukan adalah membantu karyawan melihat dari sudut pandang perusahaan bahwa posisi mereka sangat penting.

 

  • Pelatihan dan pengembangan

Hampir seluruh karyawan, termasuk yang memiliki kemampuan dan kualitas harus mendapatkan pelatihan tertentu. Adanya pelatihan ini, karyawan dapat bekerja  memberikan ide-ide baru, bekerja lebih efisien dan efektif sehingga cepat mencapai tujuan perusahaan. Sudah menjadi tanggung jawab manajemen SDM untuk memberikan pengembangan dan pelatihan kepada karyawan. 

 

  • Manajemen konflik

Dalam suatu perusahaan, pasti ada momen-momen tertentu dimana terjadi konflik antara sesama karyawan dan tidak bisa dihindari. Untuk mengatasi hal tersebut, manajemen SDM akan terjun sebagai mediator atau konselor untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan efektif. 

 

  • Kesehatan dan keselamatan

Perlu diketahui, bahwa manajemen SDM memainkan peran penting terhadap kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Manajemen SDM akan memastikan bahwa karyawan memahami segala prosedur dan risiko ketika melakukan pekerjaan. 

 

Baca Juga : Sederet Alasan Mengapa HRD Penting dalam Manajemen Perusahaan

 

Keberadaan HRD dalam MSDM

Keberadaan HRD sangat penting dalam manajemen SDM. Tanpa adanya HRD, manajemen SDM tidak akan bisa berjalan dengan baik. Sebab, HRD merupakan pihak yang menjembatani hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan. 

HRD profesional berperan dalam memberi nasihat kepada para top manajer dan kepala departemen mengenai permasalahan yang berkaitan dengan karyawan dan bagaimana peran karyawan dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya. 

Mengimplementasikan dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang tepat dan layak sangat penting untuk perusahaan Anda. Peran MSDM sangat penting dalam membangun dan mengelola suatu organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, tujuan perusahaan dapat lebih cepat diraih.