stress kerja

7 Cara Efektif Menurunkan Stress Saat Kerja

Stress dalam dunia kerja bisa dirasakan oleh semua orang. Biarpun bidang pekerjaannya sesuai dengan passion atau yang dicita-citakan, bukan berarti stress tidak akan pernah dirasakan. Sementara itu beberapa orang ada yang dengan mudah bisa mengurangi tingkat stress kerja dengan cepat ada juga yang sulit menguranginya sampai terpengaruh pada banyak hal.

Berikut ini adalah 7 cara efektif menurunkan stress kerja:

 

1. Atur Pola Makan

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mengatur pola makan. Loh, kenapa harus mengatur pola makan untuk mengurangi stress kerja ? Biasanya seseorang yang mengalami stress akan lebih cenderung memiliki pola makan yang semakin tidak teratur dan sembarangan. Saat Anda sedang stress kerja usahakan tetap makan dalam waktu yang teratur. Selain itu juga anda jug harus dapat mengatur asupan makanan, siapkan juga cemilan yang bisa membantu meredakan stress, seperti coklat misalnya atau cemilan lainnya yang anda sukai.

 

2.Jangan Biarkan Stress Mengganggu Pola Tidur!

Saat anda sedang stress jangan pernah membiarkan stress kerja sampai mengganggu pola tidur Anda. Bila Anda tidak tidur semalaman itu malah akan membuat Anda semakin merasa stress dan akan mengganggu pekerjaan karena rasa kantuk di esok harinya . Buatlah jadwal tidur yang teratur dan jangan pernah dilewati, kecuali memang ada yang harus Anda lakukan dan itu termasuk dalam hal yang mendesak dan harus segera dilakukan saat itu juga.

 

3.Mulai Hari Dengan Pikiran Positif dan Sesuatu yang Menyenangkan

Apa yang Anda lakukan pada pagi hari akan berpengaruh seluruh waktu Anda dalam satu hari tersebut. Oleh karena itu akan lebih baik awali pagi hari Anda dengan pikiran positif dan sesuatu yang menyenangkan agar bisa menghindari stress kerja. Cobalah dengan hal yang paling sederhana yaitu menikmati teh hangat atau kopi di pagi hari sebelum Anda bersiap pergi kerja. Pokoknya, aturlah mood pagi hari dengan sebaik mungkin.

 

Baca Juga : Kena Migrain Saat Kerja ? Ini Cara Mengatasinya

 

4.Jangan Terus Memikirkan Masalah, Saat nya Mencari Solusi

Tidak hanya Anda saja, semua karyawan dalam perusahaan atau semua pekerja juga punya masalah kok! Anda jangan terus saja memikirkan masalah tersebut, itu malah akan membuat kepala semakin pusing dan Anda makin terjebak dalam stress kerja. Cobalah mencari solusi atas masalah yang sedang anda hadapi, apalagi bila masalah berhubungan dengan dunia kerja tentu saja solusi harus bisa Anda temukan secepatnya.

 

5.Waktunya Me Time!

Kalau stress sudah Anda rasakan, cobalah anda mengambil waktu 1 sampai 2 jam dalam sehari untuk diri sendiri. Ingat, untuk diri sendiri ya bukan untuk memikirkan masalah. Nikmatilah waktu tersebut dengan hal yang membuat Anda merasa segar, misal menonton film atau bermain game yang anda sukai.

 

6.Cari Udara Segar Alias Jalan-Jalan

Saat anda sedang mengalami stress karena pekerjaan, Coba carilah udara segar alias jalan-jalan. Jangan hanya tinggal di ruang kerja saja, karena itu malah akan membuat Anda semakin terjebak dalam stress.

 

Baca Juga : 10 Tips Manajemen Waktu Untuk Maksimalkan Produktifitas

 

7.Sharing Dengan Teman Terdekat

Sharing memang tidak akan selalu memberikan solusi, tapi sharing juga bisa dapat meringankan stress yang sedang Anda rasakan. Cobalah untuk sharing dengan teman terdekat ceritakan masalah yang sedang anda hadapi agar beban stress Anda sedikit berkurang. Mungkin saja teman anda memiliki solusi atas masalah yang membuat stress.

Itulah 7 cara efektif menurunkan tingkat stress saat kerja. Ingat ketika anda sedang mengalami stress kerja jangan terus menyimpan rasa stress Anda tersebut ! Hal tersebut  malah akan membuat Anda semakin merasa tertekan dengan masalah pekerjaan yang sedang anda hadapi .