premise

Mana Lebih Baik? Paket ON Premise atau ON Cloud untuk HRIS

Dalam Software HRIS, perusahaan dapat memilih 2 paket antara paket on premise dan on cloud sesuai dengan kebutuhan perusahaan. On premise merupakan paket yang memungkinkan perusahaan untuk mengkostumisasi sistem sesuai dengan keinginan perusahaan dengan membeli lisensi dari software tersebut. 

Sedangkan dalam Paket On Cloud merupakan paket yang lebih ekonomis dan sudah menyediakan fasilitas yang siap digunakan. Jadi perusahaan hanya tinggal memilih paket sesuai dengan jenis dan kebutuhan.

Perusahaan bebas untuk memilih antara paket on premise atau on cloud. Kedua paket tersebut sama-sama memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengelola sumber daya manusia. Namun, pemilihan sistem harus kembali disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang keliru dengan fungsi dari kedua paket tersebut sehingga paket yang dipilih tidak cocok dengan kebutuhan perusahaan. Agar hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, LinovHR akan menjelaskan perbandingan antara paket on premise dan on cloud. Simak penjelasan berikut ini! 

 

Baca juga : 6 Contoh Aplikasi HRIS Terbaik untuk Perusahaan

 

Perbandingan Paket On Premise dan On Cloud

Paket on premise maupun on cloud sama-sama memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Agar tidak salah dalam memilih, simaklah perbandingan singkat kedua paket tersebut dari beberapa aspek di bawah ini!

 

1. Lisensi

  • Paket On Premise : Harus membeli seluruh lisensi agar sistem bisa segera digunakan.
  • Paket On Cloud : Tidak harus membeli seluruh lisensi, perusahaan hanya cukup mengeluarkan biaya berlangganan untuk software yang diminta.

 

2. Pemasangan Sistem

  • Paket On Premise: dipasang pada sistem infrastruktur IT perusahaan. 
  • Paket On Cloud: Client tidak menyediakan infrastruktur IT.

 

3. Biaya yang Dikeluarkan 

  • Paket On Premise: Perusahaan harus membayar biaya pembelian lisensi sistem dan pemeliharaan berkala tahunan. 
  • Paket On Cloud: Biaya yang dikeluarkan mencakup biaya langganan yang disesuaikan dengan jumlah karyawan dalam suatu perusahaan dan dikeluarkan bulanan serta lebih ekonomis.  

 

4. Waktu

  • Paket On Premise: Agar sistem dapat digunakan, diperlukan waktu yang cukup lama sampai sistem benar-benar siap untuk dipakai. Karena, pemasangan sistem memerlukan instalasi, konfigurasi, implementasi dengan manajemen proyek yang lebih rumit serta testing dan pendampingan yang membutuhkan waktu lama. Rata-rata pengerjaan sistem antara 2 – 3 bulan, tergantung dengan permintaan perusahaan.

 

  • Paket On Cloud: software hanya perlu di-setup dalam waktu yang cepat dalam hitungan hari atau kurang dari sebulan. Perusahaan cukup menyesuaikan dengan sistem yang sudah tersedia.   

 

Baca Juga: HR Wajib Paham! 6 Aspek Penting dalam Manajemen Waktu Kerja

 

5. Maintenance atau Pemeliharaan

  • Paket On Premise: Perusahaan vendor atau pihak ketiga harus mengirimkan tenaga ahli kepada perusahaan untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan serta update berkala. Perusahaan juga harus mengeluarkan biaya tambahan setiap ada perubahan pada sistem yang berkaitan dengan vendor.  
  • Paket On Cloud: Sistem pada paket on cloud akan di-update secara otomatis dan jika terjadi kerusakan tidak perlu mendatangkan tenaga ahli. Sebab, pemeliharaan lebih banyak dilakukan secara on site. 

 

6. Biaya

  • Paket On Premise: Biasanya pemasangan pada paket ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar karena perusahaan harus membeli lisensi dan implementasi yang rumit. 
  • Paket On Cloud: Biaya untuk berlangganan lebih murah karena disesuaikan dengan sistem yang tersedia tergantung jumlah karyawan perusahaan client. 

 

Kelebihan dan Kekurangan Paket On Premise dan On Cloud

Agar paket yang Anda pilih sesuai dengan jenis dan kebutuhan perusahaan,  perhatikanlah kelebihan dan kekurangan pada setiap paket. Simak penjelasan berikut! 

 

payroll

Paket On Premise

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari paket on premise: 

 

Kelebihan:

  1. Kerahasiaan data perusahaan akan lebih terjaga karena seluruh sistem hanya bisa diakses oleh perusahaan Anda. Selain itu, data pun disimpan dalam server internal perusahaan. 
  2. Fitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi perusahaan Anda bisa request pengembangan fitur baru kepada vendor sesuai kesepakatan.

 

Kekurangan:

  1. Pada paket on premise, perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Karena sistem yang dipasang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan perusahaan.
  2. Perlu maintenance rutin. Setiap ada pembaharuan sistem, perusahaan harus mendatangkan tenaga ahli ke perusahaan. Hal ini akan dikenakan biaya tambahan. 

 

Paket On Cloud

Paket on cloud berbeda jauh dengan paket on premise. Apa saja kelebihan dan kekurangan paket ini? 

Kelebihan:

  1. Perusahaan hanya cukup membayar sesuai dengan sistem atau paket yang mereka pilih sesuai jumlah karyawan. Sehingga biaya yang akan dikeluarkan relatif lebih murah. 
  2. Mudah diakses karena perusahaan tidak perlu menyediakan komputer atau perangkat lain. Perusahaan cukup mengandalkan jaringan internet yang stabil.

 

Kekurangan:

  1. Pada paket on cloud, perusahaan harus memilih paket apa yang akan mereka gunakan sesuai dengan pilihan yang tersedia. Jadi fitur pun tidak dapat dikostumisasi. 
  2. Berbeda dengan paket on premise, perusahaan yang menggunakan sistem on cloud tidak leluasa untuk menyimpan kerahasiaan datanya. Karena sistem yang digunakan bekerja sama dengan pihak vendor atau eksternal perusahaan. 

 

Kesimpulan: Pilih On Premise atau On Cloud? 

Pada dasarnya, kedua paket sama-sama akan membantu perusahaan dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Jika perusahaan Anda ingin mengelola sistem sendiri dan ingin melindungi kerahasiaan data, maka menggunakan HRIS on premise adalah pilihan yang tepat. 

Tetapi, jika perusahaan mempunyai anggaran terbatas dalam pemeliharaan sistem, HRIS on cloud bisa menjadi opsi akurat bagi kondisi perusahaan. Anda bisa menyesuaikan paket tersebut sesuai dengan kebutuhan. Semua ini disesuaikan kembali dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. 

LinovHR menyediakan HRIS Software on premise dan on cloud yang berpengalaman membantu banyak perusahaan dari berbagai industri. Apa pun pilihan perusahaan Anda, LinovHR menjamin keamanan data perusahaan hanya untuk keperluan pengelolaan tenaga kerja. Anda tidak perlu risau mengenai adanya kemungkinan manipulasi atau kebocoran data. 

Sudahkah Anda memutuskan mana yang tepat bagi perusahaan Anda? HRIS on premise atau on cloud?  Untuk lebih lengkapnya, segera konsultasikan kebutuhan dan kendala perusahaan kepada layanan pelanggan LinovHR dengan klik tautan berikut! 

LinovHR/Contact/