interview user

Perbedaan antara Interview User dan HRD

Ketika fase test tertulis pada proses seleksi dan rekrutmen pekerjaan di suatu perusahan telah Anda lalui dengan baik, Anda boleh berbangga diri karena berarti Anda telah menyingkirkan ratusan bahkan mungkin ribuan calon kandidat pada sesi seleksi karyawan sebelumnya. Akan tetapi, jangan terlalu senang dulu, karena kini Anda akan benar-benar diuji melalui test interview atau wawancara.

Lazimnya, sebuah perusahaan melakukan dua test kali interview, yaitu interview HRD dan interview user. Interview HRD sangat erat kaitannya dengan test tertulis psikotest. Baik psikotest maupun interview HRD inilah yang nantinya akan menjadi pertimbangan bagi tim internal HRD perusahaan untuk menentukan kualitas calon kandidat. Apakah calon kandidat yang bersangkutan pantas untuk lolos ke tahap selanjutnya?

Tahap selanjutnya setelah calon kandidat melalui interview HRD adalah interview user. Interview user inilah yang nantinya menjadi tahap paling menentukan, karena pewawancara adalah calon atasan Anda kelak jika Anda memang diterima di posisi atau jabatan yang Anda lamar. Beberapa perusahaan besar seperti BUMN dan swasta terkadang memberlakukan sistem gugur dimana setiap calon kandidat ada yang harus terhenti langkahnya dan tidak bisa masuk ke tahap selanjutnya. 

 

Baca Juga : 10 Cara Mempromosikan Diri Paling Efektif Saat Interview

 

Tetapi tidak sedikit  juga yang tidak bisa membedakan antara proses interview hrd maupun proses interview user terutama para freshgraduate yang baru pertamakali melamar pekerjaan dan masuk tahap interview. Keduanya memiliki perbedaan baik dari tujuan interview tersebut maupun pertanyaan yang diajukan.

Nah berikut ini adalah pembahasan mengenai perbedaan antara interview hrd dengan interview user dilihat dari sudut pandang tujuan interview, pertanyaan yang diajukan, serta tips menjawab pertanyaan interview dengan hrd maupun dengan user.

 

1. Dilihat dari Tujuannya

Seperti yang dilansir di situs Geekforgeeks , nilai akademis yang bagus dan pengetahuan teknis yang mumpuni tidak cukup menjamin Anda lolos dalam interview HRD. Ini karena setiap perusahaan mempunyai kriteria yang terus di-update dari waktu ke waktu dari kriteria yang dibuat di tahun-tahun sebelumnya setelah melalui evaluasi kinerja masing masing karyawan dengan tujuan untuk menggali kepribadian dan kompetensi yang dimiliki oleh calon kandidat selanjutnya.

Hal ini sangat berbeda dengan interview user dimana setiap pertanyaan yang diajukan oleh calon atasan Anda pada dasarnya adalah untuk menemukan chemistry yang cocok antara user dengan kandidat terkait dengan teknis pekerjaan yang akan dilakukan oleh calon kandidat kelak. 

 

2. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjawab Test Interview

Ketika Anda menjawab pertanyaan seputar test interview HRD, yang harus benar-benar Anda perhatikan saat menjawab pertanyaan tim HRD adalah:

 

Jawab setiap pertanyaan dengan jujur, apapun kondisi Anda

Apakah Anda sedang kuliah saat melamar pekerjaan? Apakah kondisi Anda masih belum resign dari perusahaan lama Anda? Ini akan membuat tim HRD perusahaan memandang Anda sebagai seseorang yang kompeten dan kredibel dalam pekerjaan.

 

Jawab Pertanyaan secara Proporsional dan Profesional

Tidak perlu melebih-lebihkan jawaban dengan jawaban yang panjang dan tidak terkait dengan pekerjaan, Jawab setiap pertanyaan tim HRD secara profesional dan secara wajar, sesuai dengan porsinya.

 

Demikian juga ketika Anda memasuki tahap selanjutnya, yaitu interview user, ada beberapa hal yang perlu perlu Anda perhatikan yang tentunya sangat berbeda dengan interview HRD, antara lain:

Buatlah User Senang dengan Sikap Anda

Perhatikan sikap Anda ketika sedang berada pada tahap interview user. Duduklah dengan tegap, sapa user dengan ramah dan wajar, ketika usia user lebih tua daripada Anda, pastikan ketika memasuki ruangan, Anda menjabat tangan user, atau membungkukkan kepala sebentar, tanda penghormatan kepadanya. 

 

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Kegagalan Saat Interview

 

Usahakan Anda Bisa Menjual Apa yang Anda Miliki

Refresh dan update skill yang sudah Anda miliki sebelumnya. Bisa jadi, dulu Anda mahir di satu bidang, akan tetapi karena jarang Anda gunakan, Anda pun mulai lupa. Usahakan untuk terus mengembangkan bakat dan skill Anda. Jika perlu, Anda belajar tentang skill yang Anda miliki dan dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar saat ini.

 

 Perhatikan Juga Tata Bicara Anda saat Menjawab Pertanyaan User

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika menjawab interview user adalah menjaga intonasi dan cara bicara Anda. Salah satu cara untuk menarik perhatian user adalah dengan menganggap user seperti orang yang Anda kenal sehingga ketika Anda harus berbicara tentang hal-hal yang Anda kuasai, Anda bisa menyampaikannya dengan lancar tanpa beban.

 

3. Pewawancara atau Interviewer

Dilihat dari namanya saja, tentu Anda sudah paham, siapa yang melakukan tes interview HRD dan siapa yang melakukan test interview user. Ya, tentu saja test interview HRD dilakukan oleh tim internal HRD yang sudah berpengalaman di bidang perekrutan dan telah dipercaya oleh perusahan untuk melakukan proses rekrutmen karyawan baru hingga selesai.

Sedangkan test interview user dilakukan oleh atasan (user) pada jabatan atau posisi yang dilamar oleh calon kandidat. Biasanya, interview user dilakukan oleh atasan atau pimpinan yang usianya jauh lebih tua daripada usia calon kandidat, terutama di perusahaan-perusahaan besar baik perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN.

Bagaimana anda sudah memahami perbedaan nya? Ternyata test interview HRD dan interview user tidak sebegitu menakutkan seperti yang Anda sangka selama ini bukan? Asalkan Anda mengetahui perbedaannya, dan memperhatikan hal apa saja yang dibutuhkan saat test interview dari hrd maupun user, dimanapun Anda melamar pekerjaan, Anda pasti memiliki kesempatan yang lebih besar daripada calon kandidat lainnya.

Selamat belajar dan good luck for the interview!