dunia kerja

Prediksi Masa Depan Dunia Kerja, HRD Harus Tahu!

Perkembangan dunia kerja yang diiringi oleh virus corona ini membuat pengubahan seluruh sistem kerja agar proses bisnis perusahaan bisa tetap berjalan lancar. Selain berfokus pada perkembangan bisnis, sudah banyak hal yang dilakukan perusahaan agar setiap karyawannya tetap lancar dalam bekerja dan memastikan kesehatan mereka tetap berjaga.

Beberapa upaya yang dilakukan perusahaan terhadap para karyawannya seperti membuat sistem WFH (Work From Home) hingga proses kerja yang dilakukan secara virtual. Dilansir dari laman forbes.com, beberapa perusahaan telah menggerakkan bisnisnya dengan memanfaatkan layanan cloud. Sehingga, penggunaan layanan cloud yang dimiliki Software HRD seperti LinovHR menjadi solusi terbaik untuk diterapkan di perusahaan.

 

Lalu bagaimana prediksi masa depan dalam dunia kerja?

 Apa saja yang harus divisi HRD ketahui untuk mempersiapkan hal tersebut?

 

Banyak Bermunculan Bisnis Sampingan atau Perusahaan Rintisan (Start Up)

Jika dilihat pada awal pandemi, banyak para karyawan yang menjadi korban PHK perusahaan. Namun hal ini justru menjadikan peluang bagi mereka untuk mencoba membuka dan mengelola bisnis secara mandiri hingga mendirikan sebuah perusahaan rintisan atau dikenal dengan istilah Start Up.

Tidak dapat dipungkiri, hal tersebut ternyata dapat mendatangkan keuntungan yang besar dan membuka lowongan pekerjaan bagi banyak orang. Sehingga membuat bisnis atau mendirikan start up ini menjadi hal yang diminati dalam dunia kerja.

 

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Balanced Scorecard

 

Kerja dengan Sistem Remote atau Jarak Jauh

Untuk meminimalisir penyebaran virus, perusahaan menetapkan para karyawannya untuk bisa bekerja secara remote atau work from home (WFH). Karena hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang di 2 tahun terakhir, ternyata banyak keuntungan yang bisa dirasakan.

Hal-hal yang membuat sistem kerja secara remote ini diminati adalah karyawan bisa lebih menghemat biaya transportasi dan menghemat waktu. Mereka bisa bekerja secara nyaman dari rumah tanpa harus datang ke kantor. Sistem ini tentu saja membuat pekerjaan menjadi lebih efektif.

 

Penyewaan Kantor Berkurang 

Pada poin nomor 2 bahwa proses kerja bisa dilakukan secara efektif dengan cara menerapkan sistem remote. Kondisi ini juga dapat menjadi alasan bahwa pemilik perusahaan tidak lagi menyewa gedung untuk dijadikan tempat kerja atau kantor.

Dari pada mereka mengeluarkan biaya untuk biaya sewa gedung, lebih baik para manajer lebih berfokus dengan memprioritaskan pembangunan tim serta dan menciptakan peluang bagi karyawan untuk bersosialisasi.

 

Pemanfaatan Media Sosial Lebih Meningkat

Media sosial merupakan tempat untuk berbagi cerita atau hiburan. Tapi saat ini penggunaan media sosial sudah lebih bervariasi, seperti menjadi tempat berbisnis, melakukan screening kandidat, mengkampanyekan perusahaan, dan yang lainnya.

Pengguna aktif media sosial yang semakin meningkat dan tersebar di seluruh dunia ini membuat perusahaan harus bisa mengikuti arus perkembangan zaman dengan memanfaatkan penggunaan media sosial.

 

Jadwal Kerja yang Lebih Fleksibel

Dilansir dari website theladders.com, Rachel Greszler mengatakan bahwa kondisi pandemi saat ini menjadi dapat membuktikan bahwa seorang karyawan bisa tetap mempertahankan produktivitas kerjanya walau bekerja dari rumah.

Namun proses tersebut tidak luput dari dukungan pihak perusahaan yang dapat membuat jadwal kerja setiap karyawan secara efektif sehingga mereka bisa tetap melakukan pekerjaan secara lancar.

 

Baca Juga : Strategi Pembuatan Jadwal Kerja Selama Pandemi Covid-19

 

Karena saat ini tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan kerja yang dilakukan secara langsung, bekerja secara virtual menjadi alternatif terbaik yang diterapkan perusahaan. Untuk mensukseskan hal tersebut, pemanfaatan sistem teknologi sudah banyak digunakan perusahaan.

 

software hris

Pemanfaatan HRIS atau Human Resource System Information adalah solusi terbaik untuk digunakan oleh perusahaan pada saat ini ataupun di masa depan. Salah satu software terbaik yang memiliki sistem tersebut adalah LinovHR.

Software HRD LinovHR adalah sebuah layanan yang menawarkan sistem cloud atau premis untuk memudahkan perusahaan Anda dalam mengefektifkan pengelolaan karyawan. Di masa depan nanti, Software HRD menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Karena melalui perangkat lunak ini, Anda bisa mengerjakan seluruh pekerjaan dengan mudah yang bisa diakses di mana saja tanpa harus datang ke kantor.

Bersama LinovHR, Anda bisa mengefektifkan seluruh pekerjaan melalui fitur dan modul yang ditawarkan, antara lain:

  1. Organization Management, untuk mendeskripsikan tentang gambaran besar perusahaan.
  2. Personnel Administration, sebagai pengelolaan data karyawan terbaik yang dikerjakan secara detail dan aman.
  3. Recruitment, berfungsi untuk melancarkan proses rekrutmen agar mendapatkan calon karyawan terbaik.
  4. Payroll, berfungsi untuk melakukan perhitungan komponen gaji secara otomatis dan mendapatkan hasil yang akurat.
  5. Competency Management, dapat memudahkan untuk mengelola setiap kompetensi pada setiap unit kerja.
  6. Performance Management, memungkinkan HRD untuk melakukan penilaian karyawan secara objektif dan akurat.
  7. Time Management, memudahkan untuk membuat jadwal karyawan secara efektif.
  8. Reimbursement, mengelola perhitungan reimburse yang dimiliki setiap karyawan.
  9. Succession Management, dapat mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi perusahaan.
  10. Loan, melakukan pengelolaan fasilitas pinjaman karyawan secara baik.
  11. Employee Self Service (ESS), yaitu dapat dimanfaatkan karyawan untuk mengakses dan mengelola data dirinya secara mandiri yang ada pada sistem.
  12. Learning and Development, dapat membantu perusahaan dalam melakukan program pelatihan yang dibutuhkan karyawan.

 

Banyaknya pilihan modul yang terdapat dalam Software HRD LinovHR membuat seluruh pekerjaan Anda bisa dilakukan secara otomatis, cepat, dan tepat hanya memanfaatkan satu sistem saja.

Persaingan dunia kerja yang semakin tinggi membuat para perusahaan saling meningkatkan kualitas baik secara internal maupun eksternal. Implementasi Software HRD dari LinovHR dapat mengefektifkan sistem kerja sehingga perusahaan bisa segera mencapai tujuan dalam pengelolaan dunia kerja.