5 HR Trends 2024 yang Mesti HRD Ketahui

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

5 HR Trends (infografis)
Isi Artikel

Human resource adalah hal yang dinamis maka dari itu, ia terus bergerak dan melakukan penyesuaian dengan zaman dan teknologi yang berkembang. Maka dari itu, penting sekali bagi para praktisi di dalamnya untuk mengetahui HR trends yang sedang berkembang.

Setiap tahunnya, pastinya ada perubahan yang terjadi di dalam pengelolaan dan manajemen HR yang perlu kita sadari dan adaptasi.

Lantas, seperti apa tren di dunia HR pada tahun 2023 ini dan apakah Anda sudah mengimplementasikannya? Mari simak di dalam artikel LinovHR berikut ini!

5 Trend 2023 yang Perlu HR Ketahui

Seorang HR perlu memperhatikan trend tahunan agar terus dapat berkembang dan beradaptasi sesuai dengan kemajuan zaman. Berikut 5 tren yang perlu diketahui HR:

1. Sistem Perekrutan Jarak Jauh (Remote Hiring)

Setelah pandemi usai, banyak perusahaan yang mempertahankan opsi bekerja jarak jauh bagi karyawannya.

Hal ini membuat banyak HR berjuang keras untuk mencari cara memperbarui proses, strutkur, dan metode komunikasi dengan remote worker.

Selain sistem kerja yang berubah, metode perekrutan pun demikian di mana saat ini perusahaan telah banyak yang menerapkan sistem remote hiring untuk merangkul gig economy dan memenuhi kebutuhan organisasi yang mendesak.

Metode satu ini mengharuskan HRD untuk mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi yang memungkinkan wawancara dan perekrutan tanpa tatap muka. 

Proses ini mencakup penggunaan platform video wawancara, tes keterampilan daring, dan alat kolaborasi tim.

Tantangan dari sistem perekrutan jarak jauh adalah menilai kemampuan dan keterampilan kandidat dengan tepat tanpa interaksi langsung. 

Oleh karena itu, HRD harus dapat mengidentifikasi indikator kinerja yang relevan dan berfokus pada hasil yang dapat diukur untuk memastikan seleksi kandidat yang tepat.

2. Berinvestasi Terhadap Learning & Development

HR trends yang semakin meningkat adalah investasi yang lebih besar dalam program learning and development (L&D) untuk karyawan. 

Perubahan cepat dalam teknologi dan tuntutan pasar yang berkembang membuat organisasi harus memastikan karyawan mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk tetap relevan.

HRD perlu bekerja sama dengan manajemen dalam mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang spesifik dan menyusun program L&D yang efektif. 

Penerapan model pembelajaran yang beragam seperti e-learning, project based learning, atau mentorship akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan dan berorientasi pada hasil.

Bahkan, 72% organisasi percaya bahwa e-learning mampu meningkatkan daya saing karyawan, dan memungkinkan karyawan untuk mengikuti aspek-aspek yang terus berubah di bidang mereka.

3. Lebih Aware Terhadap Kesehatan Mental

Tren ini mencakup peningkatan dukungan terhadap mental well-being melalui program kesehatan, konseling, dan sumber daya lainnya. 

Perusahaan yang memprioritaskan kesehatan mental karyawan akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan produktif.

HRD harus memastikan kebijakan dan prosedur yang mendukung kesehatan mental diterapkan dengan baik dan dijalankan secara konsisten. 

Mereka juga dapat memberikan pelatihan tentang kesehatan mental kepada manajer dan karyawan untuk mengenali tanda-tanda kesulitan mental dan bagaimana memberikan dukungan yang tepat.

4. Menggunakan HRIS untuk Penerapan Strategi HR

Human Resource Information System (HRIS) akan menjadi alat yang semakin penting dalam menunjang HR strategy. HRIS memungkinkan otomatisasi berbagai tugas administratif HR, termasuk penggajian, manajemen data karyawan, dan analisis kinerja.

Menerapkan HRIS akan membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam berbagai proses HR, memungkinkan HRD untuk lebih fokus pada aspek strategis seperti analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Selain itu, HRIS juga dapat membantu dalam melacak dan meningkatkan kinerja karyawan serta memberikan wawasan berharga tentang tren karyawan di dalam organisasi.

5. Menerapkan Sistem Hybrid Office

Tren terakhir yang harus dipahami oleh HRD adalah penerapan sistem kerja hybrid office, yaitu kombinasi antara bekerja dari kantor dan bekerja dari rumah. 

Setelah pandemi, banyak organisasi menyadari bahwa pekerjaan jarak jauh bisa berhasil, sementara kehadiran di kantor juga memiliki manfaat.

HRD harus mengembangkan kebijakan yang jelas dan fleksibel terkait sistem kerja hybrid, termasuk kebijakan terkait jadwal kerja, alokasi ruang kerja, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mendukung karyawan yang bekerja dari jarak jauh. 

Pengaturan yang efektif dalam sistem hybrid office dapat membantu organisasi menarik dan mempertahankan talenta yang berkualitas serta menciptakan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi bagi karyawan.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Jadi Prioritas HR 2024

Ikuti HR Trends dengan Bantuan Software HRIS LinovHR

Aplikasi Absensi Online
Software HRD LinovHR

Mengikuti HR trends yang ada menjadi suatu keharusan bagi para praktisi HR. Hal ini sebagai bentuk dari bentuk adaptasi terhadap kebutuhan dan praktik terbaik dari human resource. Selain itu, perubahan terhadap tren dalam HR menunjukkan bahwa dunia HRD sangat dinamis.

Menerapkan tren di dalam dunia HR tentu tidak dapat berjalan dengan lancar tanpa dukungan teknologi yang memadai. Maka dari itu, implementasi teknologi sudah menjadi keharusan dalam dunia HR.

Software HRIS LinovHR, dengan modul dan fitur yang kaya menjadi sahabat yang ideal untuk para HR dalam mengikuti tren HR yang dinamis.

Hal ini karena Software HRIS LinovHR ditunjang oleh tim R&D yang andal yang mampu membaca kebutuhan perusahaan dan melakukan penyesuaian fitur sesuai dengan kondisi di lapangan. Sehingga, pengembangan fitur dan modul yang dilakukan memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

LinovHR

Selain itu, Software HRIS LinovHR juga memiliki sistem yang terintegrasi sehingga akan sangat adaptif ketika diimplementasikan di perusahaan.

Dengan terus mengikuti tren HR melalui bantuan Software HRIS LinovHR, perusahaan dapat meningkatkan kualitas karyawan mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan berdaya saing. 

Kemudian juga manajemen dapat merespons perubahan pasar dan kebutuhan perusahaan secara lebih cepat dan tepat sasaran. 

Software HRIS LinovHR menjadi solusi lengkap bagi perusahaan yang ingin tetap berada di garis depan dalam menghadapi perkembangan dan tantangan di bidang sumber daya manusia.

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter