sales executive

Skill dan Tugas Sales Executive Andalan untuk Penjualan

Penjualan sangat krusial bagi perusahaan karena disitulah sumber pendapatan utama mengalir. Untuk mendapatkan penjualan yang maksimal, perusahaan bersama sales executive berjuang untuk merancang strategi penjualan demi mendapatkan keuntungan. Melalui ulasan artikel ini, LinovHR akan menjelaskan pengertian, skill wajib yang harus dikuasai, tugas dan tanggung jawab mengenai profesi yang satu ini. 

 

Apa itu Sales Executive

Sales executive adalah orang dalam perusahaan yang berperan untuk merancang strategi penjualan perusahaan secara menyeluruh serta strategi yang melibatkan tim lain  ketika masih bersinggungan soal penjualan.  Pekerjaan ini menuntut bertemu banyak client bahkan yang berada di luar kota sekali pun. Jadi, tak heran jika mobilitasnya pun cukup tinggi. Semua itu demi mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. 

Dapat dikatakan juga bahwa posisi ini adalah jembatan antara perusahaan dengan client. Hal-hal yang “dijembatani” mencakup negosiasi harga, pengenalan, pemesanan, pengiriman serta komunikasi untuk menjaga relasi. 

 

Jenis Sales Executive 

Ada beberapa jenis posisi dalam sales. Dilihat dari jenis perusahaan tempat bekerja, ada beberapa jenis pekerjaan yang satu ini, yaitu: 

 

1. Sales Executive B2B

Peran penjualan dalam bisnis B2B adalah menjembatani perusahaan dengan perusahaan lain. Di mana perusahaan menjual produknya untuk perusahaan lain juga.  Pendekatan yang digunakan lebih ke arah manfaat organisasi, sehingga mereka harus mampu menjelaskan bagaimana manfaat produk bagi perusahaan lain. Contoh perusahaan yang memiliki banyak jenis sales ini adalah perusahaan distributor makanan untuk bisnis horeca (hotel, restaurant, cafe)

 

2. Sales Executive B2C

Jenis ini berorientasi pada pendekatan personal karena jenis clientnya adalah perorangan. Pengetahuan terhadap jenis pasar dan kemampuan untuk mendekati individu sangat  diperlukan dalam mendapatkan hati client dan akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk perusahaan.  Contoh dari jenis ini adalah perusahaan yang mengelola  pusat kebugaran tubuh atau gym

 

Tanggung Jawab dan Tugas Sales Executive

Tanggung jawab dan tugas sales tentu saja tak jauh-jauh dari penjualan. Seluruh rangkaian tersebut berguna dalam menjalankan strategi yang efektif.  Jika diuraikan, di bawah ini adalah tanggung jawab dan tugasnya: 

  1. Melakukan research dan merekomendasikan prospek untuk peluang bisnis baru
  2. Membuat perencanaan strategi penjualan
  3. Menganalisis opsi saluran penjualan
  4. Membangun hubungan dengan calon client potensial
  5. Mempertahankan hubungan dengan client lama
  6. Update tentang trend bisnis terkini
  7. Mengidentifikasi posisi penjualan kompetitor
  8. Mengumpulkan, menyiapkan dan menganalisis data atau informasi laporan penjualan 
  9. Membangun dan mengelola network perusahaan dengan profesional
  10. Bertemu dengan client lama maupun calon client untuk memastikan kebutuhan mereka 

 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Business Analyst

 

Skill yang Wajib Dikuasai

Skill sales executive diperlukan untuk menjaga dan mengembangkan penjualan agar tetap stabil dan berkembang. Apa saja skill yang harus dikuasai untuk mengembangkan strategi penjualan yang jitu? 

 

1. Product Knowledge 

Produk knowledge atau wawasan terhadap produk sangat mempengaruhi cara client menangkap nilai suatu produk. Penting untuk menjelaskan tentang bagaimana produk bekerja, manfaat yang ditawarkan,  dan promosi yang berlaku agar client tertarik dengan produk. Beberapa perusahaan menerapkan employee training untuk menerapkan product knowledge yang mendalam agar karyawan mengetahui produk dengan mendalam

 

2. Analisis Data dan Informasi Penjualan

Merancang strategi diperlukan analisis yang mendalam terhadap penjualan yang bersangkutan. Data dan informasi menyangkut client, posisi perusahaan, posisi kompetitor, trend bisnis, dan regulasi yang berlaku.  Kemampuan membaca serta menerjemahkan data dan informasi akan menghasilkan pola dan pemahaman terhadap kondisi pasar. Dari situlah strategi akan dirumuskan untuk kemudian akan diimplementasikan.

 

3. Fokus Terhadap Target

Setiap penjualan terhadap target penjualan agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Target penjualan menjadikan perusahaan lebih kompetitif disamping sebagai indikator dalam KPI perusahaan. Diperlukan eksplorasi pasar dan usaha sekreatif mungkin agar dapat fokus dan berhasil terhadap target penjualan. Dengan demikian, fokus terhadap target penjualan adalah hal yang selalu diwajibkan dalam penjualan.

 

4. Time Management 

Meeting dan bertemu  dengan banyak orang adalah hal yang familiar dalam kegiatan penjualan. Belum lagi follow up dengan client mengenai penawaran yang dilakukan minggu lalu. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengatur waktu atau time management adalah hal mutlak. Dengan begitu progress dan timeline penjualan lebih mudah dilacak dan dan dianalisis perkembangannya. 

 

Baca Juga:  Aplikasi untuk Mendukung Time Management 

 

5. Komunikasi 

Cara komunikasi dalam penawaran produk yang baik adalah dengan bercerita. Setelah bercerita, analisis dengan cepat poin yang sekiranya berhubungan dengan produk yang hendak ditawarkan. Barulah informasikan dan tawarkan produk yang berguna untuk client tersebut. Penjelasan mengenai produk harus dikomunikasikan dengan cara yang profesional namun tetap menyenangkan dan nyaman.  Urusan penjualan pun akan lebih lancar. 

Komunikasi tak hanya berkaitan dengan penjualan produk, melainkan juga berkaitan dengan reputasi perusahaan dan bagaimana menjaga relasi yang telah terjalin. Di samping itu, negosiasi tak kalah penting untuk mencapai kesepakatan terbaik antara client dan perusahaan. Jadi, seorang sales yang handal harus mampu berkomunikasi dengan baik.

 

6. Empati

Empati adalah kemampuan untuk mengenali dan menempatkan diri seakan-akan merasakan perasaan yang sama. Sikap ini diperlukan untuk memahami kebutuhan dalam pendekatan terhadap client. Tentu client akan merasa terbantu dan memutuskan membeli produk. Jika merasa puas dengan produk, kemungkinan client juga akan merekomendasikan produk perusahaan kepada rekan-rekannya. 

 

Karena penjualan menjadi titik penting dalam perusahaan, penting bagi sales executive untuk menjalankan tugasnya dengan maksimal dan sepenuh hati. Bagaimana? Tertarik untuk melamar posisi ini? Itulah penjelasan singkat dari LinovHR. Semoga dapat membantu untuk menambah wawasan!