software slip gaji

Buat Slip Gaji Kini Tak Ribet, Gunakan Saja Software Slip Gaji!

Slip gaji merupakan hal yang tidak asing lagi di kalangan karyawan dan HRD. meskipun tampak kecil, dokumen satu ini mempunyai berbagai kegunaan. Contohnya untuk mengajukan cicilan rumah dan melamar pekerjaan baru. Sayangnya, proses penyusunan slip gaji sering kali terbengkalai karena padatnya tugas HRD. Ada alternatif lain untuk menyusun slip gaji, yakni menggunakan software slip gaji. 

 

Masalah Umum dalam Menyusun Slip Gaji

Memberikan gaji memang sudah kewajiban perusahaan kepada karyawan dan sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Tidak ada ketentuan khusus dalam format slip gaji. Akan tetapi, format umum yang tercantum adalah: 

  • Gaji pokok
  • Tunjangan dan insentif
  • Pajak penghasilan 
  • Potongan 
  • Upah lembur

 

Sebenarnya, pihak perusahaan tidak berkewajiban untuk memberikan slip gaji setiap bulan kepada karyawan. Tetapi jika karyawan butuh, karyawan bisa mengajukannya kepada HRD. 

 

Apa saja sih kendala yang dihadapi HRD dalam menyusun slip gaji? 

  1. Banyaknya komponen data yang harus disortir dan dimasukkan dalam slip gaji
  2. Informasi gaji karyawan rentan bocor dan memicu konflik serta kecemburuan sosial dalam internal
  3. Adanya tugas lain yang membutuhkan fokus dan analisis lebih, sehingga tugas administrasi seperti menyusun slip gaji bisa terganggu
  4. Salah input data karyawan dalam dokumen
  5. Sulit mengakses informasi karyawan dalam arsip yang menggunung

 

Baca Juga: Cara Hitung Gaji Harian, Bulanan dan Prorata

 

LinovHR, Software Payroll untuk Kelola Slip Gaji

LinovHR melalui software payroll dapat mewujudkan itu semua. Semua informasi terkait gaji karyawan mulai dari pajak penghasilan, tunjangan dan insentif, gaji pokok, potongan BPJS Kesehatan, dan sebagainya dapat diolah menjadi satu slip gaji yang siap diberikan kepada karyawan. 

Berdasarkan kendala yang telah dijelaskan di atas, tentu tak heran jika banyak perusahaan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan software slip gaji yang mampu memproses slip gaji secara otomatis dan cepat.

Dengan adanya bantuan dari software slip gaji LinovHR, HRD dapat memproses slip gaji hanya dalam hitungan menit! Karyawan pun tidak perlu menunggu waktu terlalu lama setelah pengajuan slip gaji kepada HRD. Otomatisasi dalam tugas administrasi seperti ini tentu akan membantu kinerja HRD jauh lebih efisien dan efektif, sehingga tugas lain yang jauh lebih penting bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. 

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Hitung Gaji Karyawan Outsourcing? 

 

Keunggulan Software Slip Gaji dari LinovHR 

LinovHR menawarkan kemudahan bagi HRD untuk mengelola karyawan secara holistik tanpa mengurangi kualitas. Lantas, apa saja keunggulan dari software slip gaji dari LinovHR? 

 

Aman

Konflik internal akibat kecemburuan sosial karena informasi gaji yang bocor mungkin sering di dengar. Biasanya karyawan akan mempertanyakan mengapa gaji yang diterima karyawan lain bisa lebih tinggi meski posisi mereka setara. Padahal, ada berbagai pertimbangan mengapa gaji karyawan tersebut lebih tinggi seperti waktu kerja yang lebih lama dari karyawan yang lain. 

Maka, software payroll dari LinovHR dilengkapi dengan cloud based server yang mampu menyimpan informasi gaji karyawan dalam satu pusat secara aman dan rahasia. Kebocoran data pun dapat diminimalisir. 

 

Cepat dan Akurat

Keunggulan berikutnya adalah cepat dan akurat. Berkat adanya otomatisasi dan sentralisasi penyimpanan data, penyusunan slip gaji yang awalnya berjalan lama dan rumit menjadi cepat dan akurat. Tidak perlu lagi berkutat pada pengelolaan administrasi yang memusingkan! 

 

Paperless

Penggunaan dokumen kertas tidak lagi praktis dan memakan tempat cukup banyak. Namun demikian, software slip gaji dari LinovHR tidak membutuhkan kertas. Slip gaji akan diolah secara otomatis dan akan menghasilkan format PDF. nantinya, slip gaji ini bisa langsung dikirim kepada karyawan melalui email atau dicetak jika memang harus ada bentuk fisiknya. 

 

Mudah Digunakan 

Tampilan dan fitur software slip gaji dari LinovHR sangat user friendly, sehingga mudah digunakan. HRD tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk beradaptasi dalam menggunakan software. Dengan begitu, pekerjaan yang lain pun akan cepat selesai. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa implementasi software slip gaji dapat memudahkan pekerjaan HRD dalam memproses slip gaji karyawan. Ucapkan selamat tinggal kepada proses administrasi yang berbelit dan beralihlah kepada teknologi yang lebih praktis!

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi tim LinovHR dan jadwalkan demo software slip gaji sekarang juga!