4 Step Strategy Review yang Perlu Diketahui Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

strategy review
Isi Artikel

Strategy review atau tinjauan strategi adalah suatu proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mendiskusikan rencana yang akan dilakukan di tahun mendatang.

Seperti yang Anda ketahui, membuat perencanaan bagi suatu perusahaan sangatlah penting. Hal ini dilakukan agar karyawan bisa mengetahui tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan di masa depan.

Lalu bagaimana cara atau step yang dapat dilakukan oleh perusahaan ketika ingin meninjau strategi? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan artikel LinovHR tentang strategy review berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Strategy Review?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, strategy review adalah suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menetapkan rencana yang akan dilakukan pada periode tertentu.

Tinjauan strategi juga dapat dilakukan oleh perusahan untuk memantau kemajuan perusahaan dari tingkat strategis. Tindakan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan telah berada di jalur yang benar dalam proses mencapai tujuan.

 

Perbedaan Strategy Review dan Operational Review

Selain istilah strategy review atau tinjauan strategi, biasanya Anda juga akan mengenal istilah operational review. Kedua istilah tersebut sering kali dinilai memiliki kesamaan. Namun, pada kenyataannya keduanya memiliki perbedaan yang jauh.

Operational review adalah pandangan yang mendalam mengenai gambaran besar dari suatu tujuan, menangani masalah komunikasi, prosedur operasi, masalah profitabilitas, serta faktor lainnya yang dapat mempengaruhi suatu bisnis dan menjadikannya tidak stabil.

 

Baca Juga: Cara Membuat Performance Review dengan Benar

 

Kapan dan Seberapa Sering Harus Melakukan Strategy Review 

Dalam melakukan strategy review, biasanya perusahaan akan melakukannya sesuai dengan ketentuan perusahaan masing-masing. Namun, sebagian besar perusahaan akan melakukan tinjauan strategi setahun sekali yang biasanya dilakukan pada akhir siklus tahunan perusahaan.

Perusahaan yang melakukan tinjauan strategi akan mendapat keuntungan, yakni dapat mengetahui hasil capaian dari tahun sebelumnya dan elemen apa saja yang mungkin perlu diubah untuk periode terbaru.

Selain itu, tinjauan strategi juga dapat membantu para karyawan perusahaan untuk mengetahui tujuan dan jalan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Mengingat pentingnya manfaat tersebut, maka sebaiknya perusahaan melakukan strategy review setiap tahun setidaknya satu kali.

 

4 Langkah Melakukan Strategy Review 

Dalam melakukan tinjauan strategi, setidaknya terdapat 4 langkahp yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Meninjau Gambaran Besar dari Tujuan yang Ingin Dicapai

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan meninjau gambaran besar dari rencana yang ingin dicapai.

Dalam hal ini, Anda dapat memulai untuk merencanakan misi, visi, nilai perusahaan, hingga tujuan dan langkah-langkah apa saja yang ingin diterapkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan tersebut.

 

  1. Meninjau Rencana Secara Detail

Langkah kedua adalah dengan melakukan peninjauan terhadap rencana yang sudah dirancang secara detail. Hal yang perlu ditinjau mencakup tujuan, tindakan, dan inisiatif perusahaan.

Dalam menyusun suatu tujuan, maka perusahaan perlu membuat tujuan berdasarkan dengan data aktual yang ada, bukan hanya melalui firasat saja.

Selain menyusun tujuan, perusahaan juga perlu menyusun tindakan apa yang perlu dilakukan atau diubah guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dalam melakukan tindakan guna mencapai tujuan, maka perusahaan bisa melakukan pengubahan, penghapusan, maupun penambahan inisiatif baru selama proses tinjauan strategi.

 

  1. Meningkatkan Laporan Perusahaan

Setelah meninjau rencana perusahaan secara mendetail, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan laporan perusahaan.

Laporan ini sendiri penting untuk dibuat oleh perusahaan guna mengomunikasikan kinerja rencana strategis perusahaan secara keseluruhan. Jika perusahaan tidak melakukan laporan selama proses strategy review, maka segala strategi dan rencana yang sudah dibangun dengan susah payah akan menjadi tidak efektif.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan laporan perusahaan agar tujuan yang ingin dituju sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

 

  1. Mengomunikasikan Rencana pada Karyawan

Ketika perusahaan ingin melakukan tinjauan strategi, maka perusahaan juga perlu mempertimbangkan cara komunikasi strategi tersebut kepada karyawan.

Segala pembaruan atau perubahan yang berkaitan dengan karyawan harus dijelaskan agar mereka tidak kebingungan.

Komunikasi perlu dilakukan agar perusahaan mendapatkan dukungan dari seluruh karyawan. Dengan demikian, perusahaan semakin mudah untuk mencapai kesuksesan strategis.

 

KPI Software LinovHR Bantu Proses Strategy Review Perusahaan 

 

performance review

 

Dalam melakukan kegiatan strategy review, tentu perusahaan harus melakukannya secara baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah. Hal tersebut sangat penting karena munculnya masalah bisa berdampak negatif pada rencana yang telah disusun.

Untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan kegiatan tinjauan strategi, kini sudah hadir sebuah software yang dapat membantu perusahaan untuk menentukan dan mengelola tujuan yang ingin dicapai.

Adapun software terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Software HRIS Indonesia LinovHR Software tersebut memiliki berbagai macam modul dan fitur menarik, salah satunya adalah modul Performance Management.

Di dalam modul Performance Management terdapat KPI Software LinovHR.  Dengan Fitur tersebut dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan dan mengetahui sejauh mana keberhasilan karyawan dalam membantu mencapai tujuan perusahaan.

Selain itu, melalui fitur tersebut perusahaan juga dapat melakukan penilaian hasil kerja karyawan.

 

Tertarik dengan kemudahan modul Performance Management LinovHR?

Segera gunakan Software HRIS LinovHR sekarang juga!

 

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter