Performance Review: Metode untuk Bantu Penilaian Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Performance Review adalah
Isi Artikel

Di dalam dunia kerja, perusahaan tentunya akan melakukan penilaian terhadap setiap karyawannya dalam jangka waktu tertentu.

Penilaian ini dilakukan dalam rangka menilai sudah sebaik apa performa karyawan. Hal tersebut biasanya dikenal dengan istilah performance review

Dari review performance ini, nantinya perusahaan mendapatkan data mengenai seperti apa kinerja karyawan, sejauh apa mereka dapat menyelesaikan tugasnya dan memenuhi ekspektasi perusahaan.

Untuk membantu Anda lebih memahaminya, artikel dari LinovHR berikut ini akan menjelaskan mengenai performance review secara menyeluruh. Simak ulasannya berikut ini, ya!

Apa Itu Performance Review?

Performance review adalah proses evaluasi kinerja karyawan yang dilakukan oleh manajer berdasarkan peran dan kontribusinya terhadap perusahaan.

Penilaian ini berfungsi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan karyawan, menetapkan tujuan, dan memberikan umpan balik.

Jika kinerja karyawan dinilai stabil dan cenderung meningkat, perusahaan dapat menawarkan promosi jabatan. Performance review biasanya dilakukan secara berkala, baik tahunan, setiap enam bulan, atau bulanan, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Baca Juga: Performance Review Tools Terbaik

Tujuan Performance Review

Performance review dilakukan untuk mencapai beberapa tujuan dalam perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengevaluasi Kinerja Karyawan

Hal ini dilakukan agar seorang karyawan menerima feedback yang bersifat objektif dan konstruktif seputar kinerjanya agar bisa memperbaiki kelemahan dan memanfaatkan kekuatannya dalam bekerja.

2. Menentukan Tujuan dan Sasaran Perusahaan

Review kinerja dapat dilakukan apakah pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, karyawan dapat fokus terhadap pekerjaan yang harus dilakukan agar tepat sasaran ke arah yang benar.

3. Pengembangan Karir Karyawan

Performance review dapat menjadi kesempatan bagi karyawan dan pemimpin untuk mendiskusikan keterampilan yang perlu ditingkatkan. Sesi yang efektif juga mencakup career mapping dan transparansi mengenai seberapa dekat karyawan dengan kemungkinan kenaikan jabatan.

4. Pemberian Kompensasi

Hasil evaluasi dan upaya peningkatan kinerja karyawan dapat memberikan keuntungan bagi mereka, seperti bonus untuk proyek tertentu. Selain itu, performance review juga menjadi kesempatan bagi karyawan untuk menyampaikan keinginan mereka terkait kenaikan gaji.

5. Penetapan Tujuan

Objective and Key Results (OKR) sebaiknya diterapkan tidak hanya pada skala tim, tetapi juga pada tingkat individu. OKR memberikan tujuan yang jelas bagi karyawan, sehingga mereka merasa memiliki arah dan tetap termotivasi.

Baca juga: Kenali Performance Review Generator dan Rekomendasinyax

Jenis Performance Review

Terdapat berbagai metode performance review yang dapat diaplikasikan, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaannya sendiri. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang beberapa metode tersebut:

Evaluasi Berbasis Tujuan

Metode ini fokus pada penilaian sejauh mana karyawan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Evaluasi ini membantu dalam mengukur efektivitas karyawan dalam mencapai target spesifik dan memberikan gambaran jelas tentang hasil kerja mereka.

360-Degree Feedback

Dalam metode ini, umpan balik dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk rekan kerja, manajer, dan bawahan. Pendekatan ini memberikan perspektif menyeluruh tentang kinerja karyawan, memungkinkan penilaian yang lebih objektif dan komprehensif.

Self-Assessment

Metode ini mengharuskan karyawan untuk menilai kinerja mereka sendiri. Ini membantu dalam mengembangkan kesadaran diri dan tanggung jawab pribadi terhadap kinerja mereka. Self-assessment juga memungkinkan karyawan untuk merefleksikan pencapaian dan tantangan mereka sendiri.

Continuous Feedback

Berbeda dengan review tahunan, continuous feedback memberikan umpan balik secara berkelanjutan. Metode ini memungkinkan isu-isu dan tantangan untuk ditangani secara real-time, membantu dalam pertumbuhan dan pengembangan karyawan secara berkelanjutan.

Managerial Review

Penilaian ini dilakukan oleh manajer langsung karyawan. Ini berfokus pada penilaian kinerja berdasarkan pengamatan dan interaksi sehari-hari. Managerial review membantu dalam memberikan panduan dan arahan yang lebih personal dan langsung untuk pengembangan karyawan.

Contoh Performance Review

Seorang manajer di perusahaan IT di Bali melakukan performance review terhadap anggota timnya. Ia menggunakan metode 360-degree feedback untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang kinerja setiap anggota tim.

Selain itu, ia juga mendorong self-assessment agar karyawan dapat merefleksikan kinerja mereka sendiri.

Dalam situasi saat ini, di mana banyak pekerjaan dilakukan secara remote, manajer tersebut memanfaatkan software LinovHR.

Fitur Feedback

Dengan Modul Performance Appraisal Management dari LinovHR, performance review dapat dilakukan lebih mudah dan efisien.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Performance Review Calibration?

Cara Melakukan Performance Review

Agar Performance review tersebut befungsi optimal, pembuatannya harus baik dan mudah dipahami. Lalu, bagaimana cara membuat Performance review yang baik tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Menentukan Aspek Kompetensi Karyawan

Di dalam sebuah Performance review yang baik, harus memasukkan aspek kompetensi apa yang dibutuhkan seorang karyawan.

Aspek kompetensi ini disesuaikan dengan jabatan karyawan yang bersangkutan. Ini artinya, antar karyawan akan mendapat format performance review yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, seorang kepala divisi memiliki kompetensi dasar berupa kemampuan komunikasi, kepemimpinan, inisiatif, penyelesaian masalah, dan pengelolaan rencana.

Berbeda lagi dengan staf divisi, aspek kepemimpinan dan pengelolaan rencana bisa dihapuskan dalam Performance review-nya.

Baca Juga: 8 Langkah Praktis dalam Menerapkan Sistem Manajemen Kompetensi

2. Menentukan Aspek Hasil Kinerja

Performance review yang baik juga dilengkapi dengan aspek hasil kinerja. Komponen review ini bertujuan untuk melakukan pemetaan hasil kerja karyawan dalam serangkaian indikator performa yang terukur.

Sebagai contoh di divisi produksi maka indikator reviewnya adalah berapa jumlah barang yang dihasilkan per shift dan persentase produk yang tidak layak jual.

Melalui aspek penilaian hasil kerja, maka bisa dijadikan rujukan dalam proses evaluasi kinerja karyawan. Skor yang diberikan adalah penilaian yang secara jelas bisa memberi gambaran akan kinerja karyawan dan aspek apa yang harus diperbaiki.

3. Memberikan Ulasan Pengembangan Karyawan

Performance review akan lebih baik ketika memasukkan aspek pengembangan karyawan (employee development). Aspek ini berisikan saran kepada karyawannya untuk pengembangan diri seperti apa yang harus diambil oleh karyawan tersebut.

Hal ini tentu berkaitan dengan dua komponen review yang sudah dibuat penilaiannya di atas sehingga saran menjadi lebih terukur dan beralasan.

Sebaiknya pula Performance review dilakukan secara tatap muka untuk menghargai karyawan. Dorong pula karyawan untuk melakukan evaluasi dirinya sendiri sesuai pandangan pribadi. Berikan ruang bagi mereka menyampaikan alasan jika ada poin yang memiliki review kurang baik.

Lakukan Performance Review dengan Performance Management Software LinovHR

Melakukan performance review sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan perusahaan. Hal ini tentu saja dapat membantu perusahaan dalam mengatasi hambatan yang seringkali terjadi kepada karyawan yang bisa saja mempersulit pencapaian goals perusahaan.

Di dalam proses review, data perkembangan kinerja karyawan menjadi bahan yang penting sebagai evaluasi. Maka tidak mengherankan bila semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan software performance management dalam proses penilaian kinerja.

Software performance management membantu perusahaan untuk memonitoring perkembangan performa serta menyajikan data analisis terkait performa tersebut. Hasilnya, proses penilaian bisa lebih objektif dan terukur.

performance review

Performance Management Software dari LinovHR akan memungkinkan perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja dengan data-data yang komprehensif berdasarkan tugas yang dikerjakan oleh karyawan itu sendiri. Tentunya juga berdasarkan KPI yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Pada Software Performance Management LinovHR terdapat fitur menarik yang bisa membantu perusahaan dalam melakukan performance review.

Seperti fitur Goals & KPIs yang memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai oleh para karyawan. Perusahaan pun dapat melihat secara real time sejauh apa pencapain tujuan yang sudah ditetapkan, baik itu mingguan, bulanan, atau tahunan.

Dengan menggunakan Performance Management Software LinovHR, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan, terutama dalam melakukan penilaian kinerja karyawan secara lebih akurat dan objektif.

Segera gunakan Performance Management Software LinovHR untuk memperoleh kemudahan dalam performance review sekarang!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter