barang komlementer

Barang Komplementer: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Dalam proses aktivitas bisnis tentu ada suatu hal baik berupa barang atau jasa yang memiliki nilai dan dapat diperjualbelikan. Barang komplementer merupakan salah satu dari jenis barang-barang yang bisa Anda temukan di sekitar lingkungan. Apa itu barang komplementer?

 

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer adalah suatu objek yang memiliki fungsi untuk saling melengkapi satu sama lain. Barang komplementer juga dapat diartikan berupa dua buah objek yang saling melengkapi dalam penggunaannya. Atau umumnya barang komplementer dikenal sebagai objek pelengkap.

Sederhananya, barang komplementer adalah objek yang penggunaannya memerlukan adanya suatu objek lain. Dari hal tersebut terjadilah sebuah ketergantungan antara satu sama lain. Untuk penggunaannya, perlu kombinasi antara kedua objek tersebut. 

 

Ciri-Ciri Barang Komplementer

Apabila Anda masih bingung akan pengertian di atas dan kesulitan mengetahui apa itu barang komplementer, dapat membaca penjelasan dari ciri-cirinya sebagai berikut.

 

  • Berupa Dua Barang yang Berpasangan

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertiannya, barang komplementer merupakan dua buah objek yang saling berkaitan dalam penggunaannya. Kedua objek ini tidak dapat berfungsi dengan baik apabila digunakan terpisah.

Contohnya, objek A tidak bisa digunakan apabila tidak dilengkapi objek B. Maka, objek A disebut sebagai barang komplementer. Tanpa pasangannya, objek pokoknya, pelengkap tidak bisa digunakan dengan baik.

 

Baca Juga: Perbedaan Barang dan Jasa yang Wajib Diketahui!

 

  • Nilai Barang Komplementer Lebih Kecil 

Barang komplementer memiliki nilai yang lebih kecil dari objek yang dilengkapinya. Bahkan, barang ini memiliki harga yang lebih rendah dari objek lainnya yang berguna untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Namun, nilainya masih bisa meningkat apabila permintaan di pasar tinggi. Apabila nilai objek pelengkap telah meningkat, berarti sudah berfungsi dengan baik atas barang yang dilengkapinya.

 

  • Tidak Mampu Berfungsi Sendiri

Barang komplementer tidak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya barang yang hendak dilengkapi. 

Apabila objek yang dilengkapi oleh barang komplementer memiliki kenaikan harga di pasaran, maka harganya akan turun. Mengapa demikian? Hal tersebut lantaran barang komplementer menjadi jarang digunakan akibat naiknya harga objek pasangannya.

 

Contoh Barang Komplementer

Berikut contoh dari barang komplementer yang ada di kehidupan.

 

1. Gula dan Kopi

Gula hadir sebagai pelengkap kopi. Apabila kopi dan gula dapat digunakan bersamaan maka akan menghasilkan rasa yang lebih baik. Jika harga kopi naik di pasaran, maka penjualan gula dapat menurun. Hal tersebut karena gula jadi jarang digunakan pada kopi.

Namun, gula pun masih bisa menjadi objek pelengkap selain kopi. Gula dapat juga memiliki fungsi pelengkap  pada teh, kue, atau makanan lainnya.

 

2. Tinta dan Pulpen

Tinta merupakan pelengkap bagi pulpen. Tanpa kehadiran pulpen, tinta akan sulit untuk menggunakannya. Begitu pun pulpen, tanpa adanya tinta, pulpen tidak dapat digunakan. Jadi, keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain.

 

3. Kartu Jaringan dan Handphone

Kartu jaringan hadir sebagai barang komplementer untuk handphone. Tanpa adanya kartu jaringan, maka handphone tentu tidak dapat berfungsi secara maksimal. Sebuah handphone hanya bisa menggunakan jaringan wifi untuk memperoleh sinyal apabila tidak ada kartu jaringan.

Jadi, apabila sebuah handphone telah dilengkapi oleh kartu jaringan, maka nilai kegunaannya akan meningkat. Keduanya merupakan barang yang memiliki kaitan antara satu sama lain.

 

Baca Juga: Memahami Faktor & Proses Produksi dalam Perusahaan Manufaktur

 

4. Bensin dan Mobil 

Bensin merupakan bahan komplementer untuk mobil. Bensin merupakan bahan bakar untuk mobil.  Tanpa adanya bensin, mobil tentu tidak mampu berfungsi dengan baik.

Keberadaan bensin sangat dibutuhkan oleh mobil.  Lantaran kedua barang ini saling melengkapi. Selain untuk mobil, bensin juga menjadi objek pelengkap untuk kendaraan bermotor jenis lainnya.

 

5. Kaset Video Game dan Konsol Game

Sebuah konsol game perlu kaset video game untuk menggunakanya. Kaset video game berfungsi untuk memainkan permainan yang diinginkan. Konsol game tidak bisa berfungsi dengan baik apabila tidak ada kaset game untuk memainkannya.

console game

 

6. Baterai dan Remote Control

Remote control memiliki beragam kegunaan. Mulai dari penggunaan remote pada televisi, AC, dan lainnya. Nah, agar remote control dapat berfungsi, memerlukan sebuah baterai. Jadi,  keberadaan baterai menjadi pelengkap untuk remote control.

 

7. Gas dan Kompor

Sebuah kompor tidak akan menyala tanpa adanya gas. Jadi, gas adalah objek pelengkap untuk kompor. Bayangkan, tanpa adanya sebuah gas, tentu kompor tidak bisa digunakan untuk memasak apapun. 

 

Perbedaan Barang Komplementer dan Barang Substitusi

Berbeda dengan barang komplementer, barang substitusi adalah barang yang menjadi pengganti untuk barang yang lain tetapi memiliki fungsi yang sama. Berikut perbedaan dengan barang substitusi.

 

  • Dari Segi Tersedianya Barang Pokok

Barang komplementer sangat rentan akan penurunan nilai fungsi apabila pasangannya tidak tersedia. 

Hal tersebut karena keberadaan barang komplementer tidak bisa digantikan keberadaannya. Contohnya, seperti baterai dan remote control. Apabila baterai tidak tersedia di pasaran maka remote control tidak dapat digunakan.

Sedangkan barang substitusi, masih memiliki alternatif pengganti agar dapat bisa berguna dengan baik. Contohnya, seperti nasi. Apabila tidak ada nasi, maka Anda dapat menggunakan jagung atau roti sebagai penggantinya.

 

  • Segi Fungsi

Perbedaan dari segi fungsinya, kedua jenis barang ini cukup mencolok. Sedangkan barang substitusi, fungsinya adalah untuk barang pengganti. Jadi, apabila suatu barang substitusi tidak tersedia, maka akan ada barang penggantinya.

 

  • Segi Ketergantungan

Barang komplementer dan barang substitusi memiliki tingkat ketergantungan yang berbeda. Sebuah objek pelengkap akan sangat bergantung akan adanya objek yang dilengkapi.

Sedangkan barang substitusi, tidak memiliki ketergantungan dengan barang lain. Karena sifat dari barang substitusi adalah pengganti, jadi apabila tidak tersedia maka dapat digantikan.

 

Kesimpulan

Setiap barang dan jasa dalam lingkungan serta saling berhubungan satu sama lain untuk melengkapi hidup Anda. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan contoh dari barang komplementer. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda!