technical skill

Tips HR: Mengembangkan Technical Skill Karyawan

Technical skills merupakan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas yang spesifik. Kemampuan technical ini dibutuhkan di berbagai sektor  industri untuk memenuhi kinerja sehari-hari.  Saat ini, banyak industri yang bergantung dengan karyawan dengan pengetahuan technical, tidak peduli perusahaan Anda bergerak di sektor apa, karena tugas yang yang dilakukan karyawan setiap hari bergantung pada tools dan proses yang berbeda. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda  untuk memastikan karyawan mempunyai technical skill yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaannya dengan sukses. Dengan memberikan keterampilan yang dibutuhkan karyawan Anda, maka pekerjaan yang dijalani pun jadi lebih produktif. Untuk mencapai hal ini, Anda harus memberikan pelatihan technical skill kepada karyawan Anda. 

 

Tetapkan titik awal untuk belajar technical skill

Salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan keterampilan teknis para karyawannya adalah dengan menetapkan titik awal untuk belajar. Oleh karena itu,  penilaian keterampilan teknis sangat penting sebagai dasar atau titik awal sebelum perusahaan  memberikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan. Cara ini dilakukan perusahaan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari pelatihan dan pengembangan yang dilaksanakan. 

Melalui penilaian tersebut, memungkinkan perusahaan untuk mengukur tingkat keterampilan, bakat dan minat karyawan saat ini.Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan teknis karyawan untuk kepuasan kerja mereka sendiri dan untuk meningkatkan kesuksesan dan keuntungan perusahaan dengan menciptakan tenaga kerja dengan keterampilan tinggi. 

 

Sediakan pelatihan dan pengembangan skill

Seperti yang kita ketahui, belajar di dalam kelas dapat lebih efektif dan lebih menguntungkan dibanding belajar online atau belajar sendiri. Sama halnya dengan belajar technical skills, proses pembelajaran akan lebih mudah dimengerti dan dipahami jika karyawan mengikuti pelatihan dengan instruktur yang profesional dan berkualitas.

Pelatihan dan pengembangan yang dilaksanakan harus mengimplementasikan program yang dapat meningkatkan kemahiran teknis atau pelatihan yang dapat membantu karyawan memperoleh keterampilan baru.  

Pelatihan dan pengembangan skill termasuk salah satu cara yang cukup efektif  karena karyawan dapat berinteraksi dengan instruktur yang berpengalaman dan anggota lainnya. Dianjurkan karyawan menanyakan perihal pelatihan dan pengembangan ini kepada perusahaan. Sebab, beberapa perusahaan memfasilitasi karyawannya untuk mengembangkan skill yang dimiliki. 

 

Motivasi Karyawan untuk menambah pengetahuan tentang technical skill

Selain mengajak karyawan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan skills, Anda bisa mengajak karyawan untuk meluangkan waktunya membaca buku tentang keterampilan teknis. Beri saran kepada karyawan untuk membuat jadwal khusus setiap hari untuk membaca,  karyawan bisa mulai dengan meluangkan waktu untuk  membaca buku 2-3 jam sehari. Membaca buku setiap hari dapat menambah pengetahuan dan pemahaman karyawan tentang kemampuan teknis. Sebaiknya, pilih buku yang sesuai dengan tingkat pengetahuan agar lebih mudah memahaminya.

 

Baca Juga : HR Wajib Tahu! Leadership Soft Skill yang Mampu Meningkatkan Retensi 

 

Biarkan karyawan belajar tools baru

Sebagai bentuk latihan terhadap technical skill, biarkan karyawan untuk mengeksplor dan mempelajari tools baru. Cara ini cukup efektif untuk mengetahui perkembangan tools terbaru  yang sedang ramai dan mengaplikasikannya terhadap pekerjaan. Dengan demikian, karyawan akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan teknologi. Jadi, biarkan karyawan untuk mengeksplor software dan program baru kemudian mengaplikasikannya.

 

Beri kesempatan karyawan mengimplementasikan yang dipelajari

Sebanyak apapun pengetahuan yang didapatkan jika tidak diimplementasikan maka semuanya akan sia-sia. Oleh karena itu, setiap software atau teknologi baru yang dipelajari oleh karyawan, biarkan mereka  menganalisanya untuk mengetahui hal baru apa yang sedang dikembangkan dan bagaimana produk tersebut di desain.  Dengan mencari tahu faktor-faktor tersebut, secara otomatis technical skill karyawan akan meningkat. 

 

Baca Juga: Cara Mendelegasikan Tugas Kepada Junior

 

Motivasi karyawan untuk memperkaya keahlian

Motivasi karyawan Anda untuk memperkaya keahliannya dengan belajar sedikit tentang programming. Perlu diketahui, programming merupakan seni memberikan perintah terhadap komputer untuk mengerjakan tugas. Dengan mempelajari programming, karyawan Anda dapat memecahkan banyak rintangan sebagai bentuk pengembangan diri. 

 

Untuk pertumbuhan karir di lingkungan kerja, technical skill tentunya sangat penting. Sebab, kita hidup di dalam masyarakat yang digerakkan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga penting bagi tenaga kerja atau karyawan untuk mengembangkan technical skill yang dimiliki.