Recruitment Management

7 Tips Recruitment Management Terbaik untuk Perusahaan

Sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik berkat adanya karyawan atau pekerja yang berkontribusi di dalamnya. Namun, untuk mendapatkan karyawan yang mampu untuk berkontribusi secara baik dan benar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Seorang HR harus mampu untuk menentukan mana kandidat yang memiliki potensial untuk kemajuan perusahaan dan mana yang tidak dalam sebuah recruitment management.

Dalam pembahasan kali ini, LinovHR akan mengulik lebih dalam mengenai tips recruitment management yang baik dalam mencari kandidat yang terbaik untuk perusahaan.

Simak selengkapnya!

 

Pentingnya Manajemen Rekrutmen Karyawan yang Baik

Mengingat peran sebuah karyawan sangat besar dalam kemajuan dan keberhasilan suatu perusahaan, maka hal tersebut harus diperhatikan secara matang dan terstruktur.

Manajemen rekrutmen yang baik akan memudahkan perusahaan, khususnya HR untuk mencari dan mendapatkan kandidat yang memiliki potensi yang cocok dengan perusahaan.

Dengan begitu, akan meminimalisir kerugian yang dialami perusahaan, dari mendapatkan kandidat yang tidak sesuai.

Kandidat yang tidak sesuai akan merugikan perusahaan baik dari segi waktu, tenaga, dan juga biaya yang dikeluarkan dalam proses rekrutmen.

Oleh sebab itu penting untuk memiliki struktur dan manajemen yang baik, sebelum memutuskan untuk melakukan perekrutan.

 

7 Tips Recruitment Management Terbaik

Ada 7 tips yang bisa Anda perhatikan dan ikuti, sebelum merekrut calon kandidat baru yang akan mengisi posisi yang kosong di perusahaan Anda. yaitu:

 

1. Kenali Kebutuhan Perusahaan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebagai seorang talent seeker yaitu kebutuhan perusahaan. Kebutuhan perusahaan di sini tentunya menyangkut kandidat yang nantinya akan menjadi calon karyawan yang baru.

Dengan mengenali keinginan dan juga kebutuhan dari perusahaan, maka akan memudahkan Anda untuk mencari kandidat yang sesuai dengan posisi dan pekerjaan yang dibuka.

Mengetahui kebutuhan dan keinginan perusahaan juga akan meminimalisir untuk mendapatkan kandidat yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

2. Perhatikan Deskripsi Pekerjaan 

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu job description dari pekerjaan. Wajib bagi seorang recruiter untuk menuliskan deskripsi pekerjaan secara jelas dan benar.

Hindari kalimat-kalimat yang bisa membingungkan calon kandidat, dan kesalahan pengetikan atau typo. Buatlah kata-kata dalam deskripsi pekerjaan menjadi semenarik mungkin, guna menarik lebih banyak lagi kandidat-kandidat yang berpotensi.

Deskripsi pekerjaan tersebut harus bisa menjadi daya tarik bagi kandidat, dan bisa menjadi pekerjaan impian dari kandidat yang membacanya.

 

3. Libatkan Social Media dalam Mencari Kandidat

Tips recruitment management yang ketiga yaitu melibatkan media sosial. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini media sosial memiliki pengaruh yang begitu besar dalam banyak hal, termasuk dalam mencari potensi kandidat bagi perusahaan.

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan dalam mencari kandidat yang tepat yaitu LinkedIn. Penggunaan media sosial yang tepat akan memudahkan Anda dalam mencari tahu latar belakang, kemampuan, pengalaman, dan juga pendidikan yang dimiliki oleh seorang kandidat.

Anda juga bisa memanfaatkan platform media sosial lain seperti, Facebook, Twitter, atau Instagram untuk melihat lebih dalam latar belakang dari seseorang dan kehidupan sosialnya.

 

4. Sajikan Interview yang Berkualitas

Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan interview dengan calon kandidat yang baru. Mulailah untuk membenahi hal-hal yang kecil, seperti tepat waktu dalam melakukan interview baik online maupun secara langsung, bersikap ramah dan terbuka, memperlakukan kandidat dengan baik. 

Interview adalah tempat pertama yang dilihat oleh kandidat mengenai perusahaan.

Apabila HR sebagai interviewer tidak memberikan kesan pertama yang positif, kemungkinan besar kandidat potensial akan menolak pekerjaan yang ditawarkan.

HR juga dapat mempertimbangkan akan menggunakan sistem seperti apa untuk interview, contohnya behavioral based interview atau panel interview. 

Kepuasan kandidat dalam proses wawancara juga memainkan peran penting. Kandidat yang merasa puas selama proses interview berlangsung, kemungkinan besar akan merasa cocok dan mengambil pekerjaan yang ditawarkan.

Hal ini tentu saja di luar pertimbangan aspek lain seperti gaji, tunjangan, budaya perusahaan, dan sebagainya.

 

5. Gunakan Relasi di Sekitar Anda

Seorang talent seeker umumnya mencari kandidat melalui sumber-sumber eksternal seperti portal job. Namun, metode ini memiliki banyak keuntungan untuk dilakukan.

Salah satunya yaitu mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam mencari kandidat baru.

Selain itu, menggunakan relasi yang Anda miliki akan menambah pilihan yang Anda punya dalam memilih kandidat yang tepat. 

Merekomendasikan kandidat dari orang yang sudah dikenal disebut juga sebagai employee referral. Dalam beberapa kondisi, kandidat yang berasal dari referensi kerabat yang Anda punya akan lebih terpercaya dibandingkan dengan orang baru.

 

6. Pertimbangkan Memilih Berdasarkan Kemampuan Bukan Pengalaman

Sudah umum terjadi bahwa, banyak para talent seeker mencari kandidat yang memiliki pengalaman yang tinggi.

Nyatanya banyak sekali kandidat-kandidat yang belum memiliki pengalaman yang tinggi, namun mempunyai kemampuan yang luar biasa.

Mungkin hal ini bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

Berikanlah sebuah tes kepada calon kandidat guna mengetahui kemampuan yang mereka miliki. Dengan begitu, Anda jadi memiliki gambaran untuk melihat, apakah kandidat tersebut memiliki kemampuan dan potensi yang sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan.

 

7. Berikan Kompensasi yang Lebih Baik dari Kompetitor

Tips yang terakhir yaitu memberikan employee benefit dan kompensasi yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Jika Anda mencari kandidat yang terbaik untuk perusahaan, maka Anda juga harus menawarkan yang terbaik kepada kandidat tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, kandidat akan merasa bahwa segala kemampuan dan kontribusi yang diberikan sepadan dengan apa yang didapat. Jadi pastikan bahwa Anda menawarkan keuntungan yang lebih baik dari kompetitor, agar calon kandidat yang Anda cari tidak beralih ke perusahaan lain.

 

Mudahnya Manajemen Rekrutmen Bersama LinovHR

 

software hris

 

HRIS Software Indonesia LinovHR bisa membantu Anda dalam mencari talent-talent terbaik untuk perusahaan Anda, dengan modul recruitment.

Modul Recruitment akan membantu Anda mencari talenta terbaik, mulai dari perencanaan, mengelola lowongan pekerjaan, hingga review kandidat dan tahap seleksi, semua bisa dilakukan dengan LinovHR.

 

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mencari kandidat terbaik bagi perusahaan Anda, cukup dengan satu aplikasi bisa menjadi ratusan solusi dari masalah Anda.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Fitur Rekrutmen LinovHR, ketuk tautan berikut! 

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai tips recruitment management terbaik yang bisa Anda lakukan dalam mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Mengingat proses rekrutmen adalah bagian yang vital, penting untuk melakukannya dengan baik dan benar, agar tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Semoga bermanfaat!