tunjangan anak

Mekanisme Umum Pemberian Tunjangan Anak untuk Karyawan

Jika berbicara tentang penghasilan atau gaji seorang karyawan pasti juga tidak bisa lepas dari komponen-komponen lain yang mengikutinya. Salah satunya adalah tunjangan anak yang termasuk ke dalam bagian dari komponen penggajian karyawan. 

Namun, saat ini tunjangan anak lebih akrab dan diketahui mayoritas adalah untuk pegawai negeri atau PNS dan karyawan dari perusahaan BUMN. Tunjangan untuk anak bagi PNS telah diatur dengan peraturan dan ketentuan tersendiri.

Bagaimana dengan karyawan di perusahaan swasta atau pegawai non PNS?

Simak ulasan tentang tunjangan anak di bawah ini!

 

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Seberapa Pentingkah Bagi Perusahaan?

 

Bagaimana Kebijakan Tunjangan Anak untuk Pegawai?

Pada dasarnya tunjangan untuk pegawai sudah ditetapkan sebagai salah satu hak karyawan dalam hal pemberian upah atau gaji. Sebenarnya ada berbagai jenis tunjangan yang bisa diberikan untuk pegawai.

Mulai dari yang paling dikenal seperti Tunjangan Hari Raya atau THR, Tunjangan kesehatan, Tunjangan Pensiun, dan yang sedang dibahas saat ini yaitu Tunjangan Keluarga. 

Tunjangan anak sendiri sebenarnya lebih familiar di kalangan PNS. Tunjangan ini diberikan kepada masing-masing pegawai negeri yang mempunyai telah anak (anak kandung, anak tiri dan anak angkat) dengan besaran mencapai 2 persen dari gaji pokok.

Adapun syarat untuk menerima tunjangan ini adalah anak harus berusia di bawah usia 18 tahun, belum menikah, dan belum berpenghasilan. Namun, batas usia anak bisa diperpanjang dari usia 21 tahun sampai 25 tahun, jika anak masih duduk di bangku sekolah dengan beberapa ketentuan, yakni:

  • Menunjukkan surat pernyataan langsung dari sekolah atau perguruan tinggi bahwa anak masih bersekolah atau menjadi mahasiswa di perguruan tinggi.
  • Masa pelajaran sekolah atau perguruan tinggi yang diikuti sekurang–kurangnya satu tahun.
  • Tidak sedang menerima beasiswa

 

Baca juga: Wajibkah Perusahaan Memberikan Tunjangan Makan Kepada Karyawan?

 

Bagaimana dengan pegawai yang bukan PNS?

Pegawai bukan PNS juga mendapatkan tunjangan untuk anak melalui tunjangan keluarga. Tunjangan keluarga ini salah satu tunjangan yang biasanya diberikan kepada karyawan atau pegawai yang telah berkeluarga. 

Namun, untuk besarannya tunjangan ini diatur oleh perusahaan masing-masing tempat karyawan bekerja. Di sisi lain, tunjangan keluarga ini telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa karyawan berhak mendapatkan tunjangan anak maksimal 3 anak dengan batas usia 23 tahun. 

Ada beberapa perbedaan tunjangan anak pada setiap perusahaan. Ada batasan 21 tahun hingga 25 tahun. Hal ini bergantung dengan kondisi dari anak yang mendapatkan tunjangan.

 

Apakah dalam Perusahaan Swasta Juga Terdapat Tunjangan Anak?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tunjangan anak ini adalah bagian dari penggajian karyawan perusahaan. Ketentuan mengenai tunjangan ini di suatu perusahaan akan diatur dan ditetapkan dengan peraturan perusahaan masing-masing. 

Sementara, tunjangan untuk anak yang memiliki aturan pasti hanya berlaku bagi PNS saja. Sedangkan bagi perusahaan swasta, tunjangan anak dan atau tunjangan keluarga wajib diberikan kepada karyawannya yang sudah berkeluarga dengan aturan-aturan tertentu serta persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain tunjangan keluarga dalam komponen penggajian yang wajib diberikan perusahaan karyawannya, adapun tunjangan lain seperti kesehatan, tunjangan hari raya dan tunjangan lainnya. 

 

payroll

Pengaturan tunjangan pada perhitungan gaji karyawan Anda dapat diatur dengan mudah dengan modul atau Aplikasi Payroll dari LinovHR! 

Mengapa modul Payroll LinovHR? Modul Payroll ini merupakan modul yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan dan perhitungan payroll karyawan perusahaan. Tentu termasuk di dalamnya segala komponen yang berkaitan dengan penggajian seperti tunjangan anak.

Tunjangan bukan bagian dari gaji pokok, namun tambahan dari gaji pokok yang diberikan setiap bulannya. Hal-hal seperti tunjangan ini akan diatur dengan mudah perhitungannya melalui modul payroll LinovHR. 

Modul Payroll ini akan membantu mengelola payroll perusahaan Anda dari awal hingga akhir. Mulai dari perhitungan payroll hingga laporan payroll. Modul ini juga memiliki fitur yang lengkap seperti pencetak slip gaji elektronik hingga perhitungan pajak penghasilan.

Jika perusahaan Anda memiliki banyak pegawai dan dengan status yang berbeda-beda, jangan khawatir! Modul Payroll akan membantu pengelolaan payroll Anda agar lebih praktis. Tunggu apalagi? Ayo schedule a demo, sekarang!