absensi cloud

Mengenal Apa Itu Absensi Cloud dan Keunggulannya

Perkembangan teknologi juga berdampak pada dunia HR. Salah satunya adalah dengan hadirnya absensi cloud menggantikan absensi manual.

Dibandingkan dengan teknologi-teknologi absensi sebelumnya, absen berbasis cloud ini memiliki berbagai keunggulan terutama dalam segi keamanan data karyawan.

Perlu Anda ketahui, absensi sendiri bertujuan untuk mengetahui daftar kehadiran dari setiap karyawan yang ada di dalam perusahaan. Maka dari itu sudah sepatutnya, sistem absensi yang dimiliki oleh setiap perusahaan memiliki kemudahan dan keamanan dalam melakukannya.

Dalam artikel ini LinovHR akan menjelaskan secara lengkap, singkat, dan padat mengenai absensi berbasis cloud dan keunggulan yang ada di dalamnya.

Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Mengenal Apa Itu Absensi Cloud

Absensi cloud merupakan sebuah sistem pencatat kehadiran untuk karyawan yang berbasis cloud. Sistem cloud sendiri memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis file dengan bantuan media internet.

Dengan cloud, perusahaan dapat memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan harddisk, flashdisk, atau lainnya.

 

Absensi Online
Absensi Cloud

 

Cloud ini biasanya sudah terhubung atau terintegrasi dengan aplikasi atau program di komputer yang terhubung melalui internet, sehingga data yang ditampilkan sifatnya real-time.

Kehadiran absensi cloud merupakan sebuah bentuk nyata, dari keterlibatan teknologi di dalam dunia HR. Penggunaan cloud akan dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan daftar kehadiran yang menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk HR perusahaan maupun karyawan itu sendiri.

Apabila dilihat dari sisi  HR perusahaan, penggunaan absensi berbasis cloud ini dapat menghemat waktu dan juga energi. Dengan menggunakan sistem cloud ini, kegiatan rekapitulasi absensi dapat dilakukan secara digital dengan mudah dan cepat.

Sedangkan dari sisi karyawan, penggunaan absensi cloud  dapat membuat proses absensi lebih fleksibel dalam melakukan absensi, terutama bagi karyawan yang bekerja secara remote atau sering berada di luar kantor. 

Hanya dengan aplikasi, kegiatan absen bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Geotagging dalam Absen Online?

 

Keuntungan Menggunakan Absensi Cloud 

Perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat seperti saat ini tentunya memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia, termasuk di dalam sebuah bisnis. Menggunakan absensi cloud di dalam perusahaan, dapat memberikan berbagai keuntungan.

 

  1. Sistem Keamanan yang Tinggi

Data yang masuk ke dalam sistem cloud umumnya sudah terenkripsi dengan sangat baik. Selain itu, terdapat juga fitur untuk melakukan back-up pada data yang ada. Dengan begitu, potensi terjadinya kehilangan dan kegagalan sistem bisa diminimalisir dan diantisipasi dengan baik.

Data-data tersebut nantinya akan disimpan pada server khusus dan terlindungi dari ancaman atau potensi kecurangan. Sistem cloud sendiri umumnya bisa mendeteksi jika terjadi upaya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

 

  1. Efisiensi Biaya

Dalam menggunakan sistem absensi manual, perusahaan perlu untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kegiatan seperti pembelian, pemasangan, dan juga perawatan juga merupakan bagian dari sistem absensi manual.

Sedangkan absensi cloud hanya memerlukan koneksi internet dan juga software atau aplikasi yang sudah terhubung dengan cloud tersebut. Proses absensi juga bisa dilakukan secara cepat dan akurat, dimanapun karyawan berada. 

Hal ini tentunya akan meringankan beban perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk kegiatan absensi karyawan.

 

  1. Sangat Efektif untuk Karyawan

Efektif yang dimaksud yaitu karyawan tidak perlu datang ke kantor terlebih dahulu untuk melakukan absensi. Terutama bagi karyawan yang bekerja secara remote atau sering berada di luar kantor.

Hal ini tentunya akan sangat menghemat waktu dan juga biaya yang diperlukan oleh karyawan dalam melakukan absen. 

Dalam menggunakan absensi cloud, karyawan hanya perlu untuk mengunduh aplikasi yang sudah disediakan untuk melakukan absensi secara mudah dan cepat, yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

 

  1. Menyajikan Data Secara Real Time

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa absensi berbasis cloud mampu untuk menampilkan data karyawan secara real-time. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi para HR yang sedang membutuhkan data karyawan secara mendadak atau cepat. 

Sehingga Anda tidak perlu untuk menunggu rekapitulasi data periode waktu tertentu untuk mendapatkannya.

 

Baca Juga: Perbandingan Absensi Sidik Jari Dengan Absensi Online

 

Saatnya Beralih ke Absensi Cloud LinovHR

Melihat begitu banyak manfaat dari absensi cloud bagi perusahaan dan karyawan. Sudah saatnya perusahaan harus beralih menggunakan absensi cloud. Dengan absensi cloud perusahaan akan menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Ditambah lagi, sistem cloud menjamin keamanan data perusahaan.

 

mobile ess

 

Aplikasi Absensi LinovHR berbasis cloud mampu untuk membantu Anda dalam melakukan absensi yang ada di perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi absensi ini, karyawan dapat dengan mudah melakukan clock in dan clock out hanya dengan menggunakan face recognition.

Selain itu, Anda sebagai karyawan juga dapat melakukan pengecekan kehadiran, pengajuan cuti, dan pengajuan lembur. Semua bisa dilakukan secara cepat, tepat, dan akurat hanya melalui Aplikasi Absensi Online LinovHR.

Bagaimana, apakah Anda sekarang sudah lebih paham mengenai absensi cloud beserta dengan keunggulannya?

Mengingat absensi adalah hal yang penting, maka Anda perlu untuk memiliki sistem yang terintegrasi dan memiliki tingkat keamanan, serta fleksibilitas yang tinggi.

Semoga bermanfaat.