afirmasi positif

Ingin Kerja Lebih Baik? Terapkan Afirmasi Positif!

Selain lingkungan kerja yang nyaman, penerapan afirmasi positif dapat membuat seorang karyawan bisa lebih bersemangat dalam bekerja.

Pekerjaan yang dilakukan dengan semangat tinggi pastinya akan memberikan hasil yang maksimal, sebab pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan senang hati dan selalu bersugesti positif pada setiap tugasnya.

 

Apa itu Afirmasi Positif?

Afirmasi positif adalah sebuah ucapan atau pernyataan membiasakan pola pikir yang lebih positif. Anda dapat mengatakan hal-hal positif ini untuk mengurangi overthinking atau pikiran negatif yang ada di kepala. Afirmasi pun juga bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan diri untuk diri sendiri maupun orang lain.

Anda dapat membangun afirmasi positif dengan cara mencari kalimat yang akan membangunkan semangat agar lebih percaya diri dalam menjalani hari atau dalam memulai bekerja. Ucapan tersebut harus diucapkan berkali-kali sampai Anda merasa yakin terhadap diri sendiri.

 

Manfaat Afirmasi Positif di Lingkungan Kerja

Melakukan afirmasi positif terhadap diri sendiri ternyata memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan, khususnya di dalam pekerjaan. 

Apa saja manfaatnya?

 

Meningkatkan Skills

Sugesti positif yang terus Anda bangun dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan atau skill dalam melancarkan setiap pekerjaan. Misalnya sebelum memulai rapat atau presentasi, Anda bisa mengulangi pernyataan “Saya yakin”. Sehingga hal ini dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan presentasi yang akan Anda lakukan. Terapkanlah hal ini setiap Anda ingin memulai pekerjaan.

 

Membangun Kepercayaan Diri

Sebuah pikiran yang negatif akan membuat seseorang menjadi stress hingga insomnia yang akan mengganggu produktivitas dalam bekerja. Dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri, pastinya Anda bisa lebih bahagia sehingga meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam lingkungan kerja, seorang karyawan harus bisa percaya diri dengan kemampuan serta hasil yang telah mereka kerjakan. 

 

Baca Juga: Tips Mengatasi Rasa Minder di Lingkungan Kantor

 

Meningkatkan Kepuasan Kerja

Melakukan afirmasi positif dapat membantu Anda untuk membangun optimisme dan kebahagiaan tentang pekerjaan atau prospek karir. Kalimat afirmasi yang positif dapat meningkatkan penetapan tujuan kerja, menguasai keahlian baru, serta meningkatkan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Sehingga kepuasan dalam bekerja juga semakin meningkat.

 

Lebih Berfokus dalam Bekerja

Kalimat afirmasi dapat membantu Anda untuk menangkal gangguan yang terjadi di dalam lingkungan kerja. Karena Anda hanya berfokus pada tujuan yaitu  menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang baik. Sehingga dapat memotivasi Anda untuk membuat target yang dapat dicapai dan terukur untuk menyelesaikan proyek kerja Anda.

 

Mendorong Kolaborasi dan Kerjasama Tim

Selain bermanfaat pada diri sendiri, penerapan afirmasi positif akan mendorong Anda untuk bisa berkolaborasi dengan rekan kerja atau kerjasama dalam sebuah tim. Karena Anda tidak hanya berpikir kesuksesan mandiri, tetapi kesuksesan pada sebuah tim.

Selain itu, kalimat afirmasi ini bisa menularkan hal-hal positif kepada sesama rekan kerja atau anggota tim sehingga akan membuat kekompakan tim kerja.

 

Contoh Kalimat Afirmasi yang Bisa Anda Terapkan

Berikut ini terdapat contoh afirmasi yang bisa Anda terapkan. Diantaranya adalah:

 

“Saya bisa membuat masalah menjadi peluang untuk menjadi pribadi yang lebih baik”

Kalimat di atas merupakan salah satu contoh dari kalimat afirmasi untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Selain itu, Anda lebih bisa mencari solusi dari setiap masalah yang sedang dialami. Sehingga, setiap masalah yang terjadi akan menjadikan peluang bagi Anda untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

 

performance review

 

“Saya akan lebih rajin agar menjadi lebih baik di masa depan”

Saat bekerja pastinya terdapat kesulitan yang dihadapi sehingga Anda tidak mampu untuk menyelesaikan pekerjaan. Kondisi tersebut kerap kali dirasakan beberapa karyawan hingga membuat cemas, stress dan menghambat produktivitas.

Untuk itu, ucapkan kalimat di atas secara berulang kali agar tidak terlalu cemas pada setiap keadaan. Selain itu, Anda juga lebih berfokus untuk memperbaiki diri dan belajar dari setiap masalah dan kesulitan.

 

“Saya tidak takut pada tantangan apapun”

Tantangan dalam bekerja terkadang membuat Anda tidak percaya diri apakah dapat menyelesaikan dengan hasil yang maksimal. Padahal, hal negatif tersebut akan membuat hasil pekerjaan sesuai yang Anda pikirkan.

Lebih baik, percayalah dengan kemampuan diri Anda dengan mengucapkan kalimat “Saya tidak takut pada tantangan apapun”. Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya diri untuk bisa menyelesaikan tantangan kerja dengan hasil yang maksimal.

Ingatlah, apa yang Anda pikirkan adalah hasil yang akan Anda peroleh.

 

“Saya adalah karyawan terbaik perusahaan”

Rekan kerja Anda terkadang akan memposting hasil pencapaian yang telah mereka lakukan di media sosial dan hal tersebut membuat Anda ragu dengan kemampuan diri sendiri.

Untuk itu, tanamkanlah kalimat afirmasi “saya adalah karyawan terbaik perusahaan”. Yakinlah bahwa Anda adalah orang terbaik yang dimiliki perusahaan.

 

Baca Juga: Menggaet Kandidat Unggul dengan EVP

 

“Apa yang Saya kerjakan pasti akan membuahkan hasil”

Ingatlah bahwa apa yang Anda lakukan bukanlah hal yang sia-sia. Anda bisa melihat pencapaian-pencapaian kecil yang telah dilakukan untuk meyakinkan diri bahwa kerja keras yang Anda lakukan bisa memberikan hasil yang bermanfaat untuk perusahaan.

 

“Saya pasti bisa melewati hari ini”

Tumpukan pekerjaan yang banyak atau masalah pekerjaan terkadang membuat Anda tidak bersemangat untuk bekerja. Jika Anda merasakan hal tersebut, ucapkanlah kalimat di atas agar Anda lebih bersemangat dan yakin dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

 

“Hal yang terjadi hari ini adalah pembelajaran berharga di esok hari”

Semua hal yang telah dilakukan hari ini adalah pelajaran baik yang Anda terima. Dalam satu hari kerja, mungkin saja Anda melakukan beberapa kesalahan. Namun Anda harus percaya, bahwa kesalahan yang dibuat akan menjadikan diri Anda lebih baik di masa depan.

 

“Saya bisa mencapai hal besar”

Salah satu kalimat afirmasi yang kuat adalah dengan mengucapkan kepada diri sendiri bahwa Anda akan mampu untuk mencapai hal besar dalam hidup. Fokuskan diri Anda pada visi dan impian Anda. Sertakan emosi pada visi itu. Jika Anda percaya bahwa Anda mampu untuk mencapai hal-hal besar, maka Anda akan mewujudkannya. 

 

“Saya bersyukur atas pekerjaan yang masih bisa saya dapatkan hari ini”

Tidak ada yang lebih penting untuk mensyukuri dengan apa yang Anda miliki saat ini, salah satunya adalah pekerjaan. Dengan mensyukuri hal ini, Anda akan mengingat perjuangan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut sehingga lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja.

 

Jika Anda menginginkan kinerja yang baik, maka Anda harus mampu berpikir positif terlebih dahulu. Cara yang Anda bisa gunakan untuk bekerja lebih baik adalah afirmasi positif. Semoga pembahasan di atas dapat membawa perubahan lebih baik bagi kinerja Anda!