Broadbanding adalah

Mengenal Broadbanding dalam Struktur Penggajian

Broadbanding adalah salah satu istilah yang sering ditemukan dalam proses penggajian karyawan. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada struktur gaji yang memiliki rentang lebar antara gaji minimum dan gaji maksimum yang dimiliki oleh perusahaan.

Mengetahui cara kerja dari struktur penggajian satu ini, tentu dapat membantu perusahaan dalam menentukan apakah struktur penggajian sudah sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang Anda jalani.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu broadbanding, simak penjelasan artikel LinovHR kali ini sampai tuntas, ya!

 

Pengertian Broadbanding Adalah 

Broadbanding adalah suatu struktur penggajian yang membagi tingkatan gaji karyawan menjadi beberapa level. 

Di mana masing-masing level ini, nantinya akan berisi beberapa tingkat pekerjaan dengan jenjang gaji tertentu berdasarkan tanggung jawab pekerjaan yang dimiliki oleh para karyawan di suatu perusahaan.

Struktur upah ini sendiri dinilai memiliki banyak manfaat kepada perusahaan dalam memberikan kompensasi kepada karyawan. 

Karena dengan menggunakan broadbanding pay systems, perusahaan dapat mengurangi terjadinya tumpang tindih antara tingkatan gaji yang dimiliki oleh beberapa karyawan. 

Namun, sistem ini juga dapat memberikan kesulitan bagi karyawan dalam meningkatkan produktivitas kerja mereka, karena sistem ini memiliki program yang terlalu kompleks dan dapat menghadirkan ketidakpastian bagi karyawan. 

 

Siapa yang Menggunakan Broadbanding Pay System

Biasanya, broadbanding pay system akan digunakan oleh perusahaan yang lebih menggunakan kebijakan pemberian gaji berdasarkan keterampilan dan pengalaman seorang karyawan daripada kinerja yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

Selain itu, sistem broadbanding juga sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang masih memiliki karyawan yang sedikit, salah satu contohnya adalah perusahaan startup.

Hal ini sendiri dilakukan oleh perusahaan, karena biasanya mereka lebih banyak memiliki karyawan dengan keahlian yang tinggi dalam melakukan banyak fungsi di suatu perusahaan. 

Penerapan broadbanding pay system pada suatu perusahaan juga dapat memungkinkan untuk menemukan prospek multi talenta yang dapat meningkatkan gaji mereka tanpa pindah ke posisi baru. 

 

Keuntungan Broadbanding 

Broadbanding dalam kompensasi sendiri dinilai memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya. Di mana, sistem ini akan memberikan banyak peluang bagi karyawan yang ada di dalam suatu perusahaan tentang peran dan kompensasi yang mereka miliki. 

Adapun beberapa keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan sistem ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat memungkinkan bagi manajer perusahaan untuk menentukan kompensasi yang akan diterima oleh karyawan
  • Memberikan motivasi kepada karyawan untuk terus tumbuh dan berkembang, terutama dalam keterampilan yang mereka miliki
  • Dapat menunjukkan kepada karyawan betapa berharganya mereka bagi perusahaan
  • Mengurangi kebutuhan perusahaan akan suatu peran khusus
  • Dapat menghasilkan kualitas kerja karyawan yang lebih tinggi

 

Kerugian Broadbanding 

Dibalik keuntungan, tentu terdapat juga beberapa kerugian. Begitupun dalam penerapan broadbanding yang memiliki beberapa kerugian bagi perusahaan yang menerapkannya, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki titik tengah yang tidak jelas
  • Mengabaikan biaya penerapan gaji berdasarkan pengetahuan, keahlian, dan perilaku
  • Dapat mempersulit perusahaan untuk melakukan perbandingan pasar gaji berdasarkan tingkat pekerjaan

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Pay Equity Audit di Perusahaan?

 

Penerapan Broadbanding yang Tepat

Untuk menghindari kerugian dalam penerapan sistem ini, maka perusahaan Anda harus mengetahui bagaimana penerapan yang tepat dari broadbanding pay system.

Berikut adalah beberapa elemen kunci yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan sistem broadbanding secara tepat.

 

  1. Menginformasikan Kepada Karyawan Mengenai Penerapan Broadbanding

Hal pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah dengan memastikan bahwa setiap pekerjaan yang terdapat di dalam perusahaan memiliki nilai yang sama. 

Hal ini sendiri dilakukan guna menghindari keluhan dari para karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan yang dimilikinya.

Jika masalah satu ini dapat ditangani, maka penerapan broadbanding dalam kompensasi tidak mungkin ditentang oleh para karyawan.

  1. Mengembangkan Struktur Penggajian

Jika para karyawan sudah menerima mengenai penerapan sistem ini, maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan mengembangkan struktur pembayaran berdasarkan dengan broadbanding model. Dalam hal ini, Anda dapat menetapkan kisaran pembayaran di atas 60% dan progres di atas 30%.

 

  1. Menjelaskan Manfaat Penerapan Broadbanding Pay System Kepada Karyawan

Salah satu kunci utama dalam melakukan langkah ini adalah komunikasi. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus bisa menjelaskan kepada karyawan tentang mengapa perusahaan menggunakan struktur penggajian broadbanding dan bagaimana mereka akan mendapatkan manfaat dari penerapan sistem ini.

 

  1. Merancang Struktur Broadbanding dengan Sungguh-sungguh

Sebelum memulai penerapan sistem ini, Anda juga harus memastikan bahwa perusahaan Anda sudah merancang kebijakan dan prosedur yang jelas agar tidak mengecewakan karyawan yang Anda miliki.

Dalam hal ini, Anda harus fokus pada pemberian penghargaan kepada karyawan atas kontribusi yang mereka lakukan terhadap perusahaan.

 

Baca Juga: Manfaat Sistem Informasi Penggajian Bagi Perusahaan

 

Terapkan Struktur Penggajian Lebih Mudah dengan Aplikasi Payroll LinovHR

Penerapan broadbanding pada suatu perusahaan membantu perusahaan untuk memiliki struktur yang sesuai dengan tingkat pekerjaan karyawan. Namun, di dalam penerapan cenderung sulit untuk dilakukan dan dapat menimbulkan beberapa kerugian terhadap perusahaan.

Apalagi bila perusahaan masih menggunakan cara-cara manual, hasil perhitungan dan pembuatan struktur upah bisa tidak sesuai.

Untuk mempermudah perusahaan dalam proses penggajian, Anda dapat menggunakan aplikasi payroll yang dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi HR perusahaan maupun divisi payroll dalam mengelola penggajian karyawan.

 

payroll

 

Adapun aplikasi payroll terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan adalah Aplikasi Payroll LinovHR yang memiliki banyak fitur-fitur menarik yang dapat mempermudah perusahaan dalam proses penggajian karyawan.

Dengan menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR, maka perusahaan akan sangat mudah dalam melakukan seluruh kegiatan penggajian mulai dari perhitungan payroll, pembayaran gaji beserta komponen-komponennya, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll.

Ingin melakukan proses penggajian karyawan secara cepat, tepat, dan mudah? Segera gunakan Aplikasi Payroll LinovHR sekarang juga!