struktur penggajian

Sederet Metode Menyusun Struktur Penggajian Karyawan

Gaji karyawan merupakan salah satu hal yang patut Anda perhitungkan sebagai pemilik perusahaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat struktur penggajian karyawan sebagai acuan dalam menentukan skala gaji yang pas untuk dua pihak. Bagaimana cara menyusunnya? Mari kita pahami bersama! 

 

Apa Itu Struktur Penggajian Karyawan?

Besar kecilnya gaji seorang karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor penunjang. Misalnya perusahaannya masih skala kecil atau jabatan seorang karyawan.

Perusahaan membutuhkan karyawan yang berdedikasi dan terampil di bidangnya sebagai aset untuk memajukan perusahaan. Untuk mendatangkan karyawan seperti itu, gaji yang bersaing juga menjadi faktor penentu. Pastinya karena ilmu dan skill yang dipunya, menginginkan gaji yang sesuai juga. Karena itu, dibutuhkan struktur penggajian karyawan.

Struktur penggajian karyawan adalah sistem penggajian yang berdampak pada kinerja karyawan dan kompetensi yang akan diterima perusahaan. 

Struktur penggajian karyawan secara mendasar harus dihitung berdasarkan posisi dan tanggung jawab yang diemban.

Dasarnya dalam struktur penggajian terdapat empat level. Mulai dari yang teratas terdapat level top management atau dewan direksi, level general manager atau manager, level supervisor atau kepala bagian, dan level pelaksana teknis atau staff.

Penyusunan struktur penggajian karyawan juga memiliki poin yang dapat jadi bahan pertimbangan yang menghasilkan win win solution bagi pihak perusahaan dan pihak karyawan seperti :

 

  1. Gaji karyawan disesuaikan dengan posisi, tugas, dan tanggung jawab yang dibebankan
  2. Karyawan berprestasi atau memiliki dampak positif bagi perusahaan layak mendapatkan reward sebagai bentuk motivasi bagi karyawan lain dan rasa terima kasih perusahaan terhadap karyawan atas kerja kerasnya
  3. Karyawan berhak mendapatkan promosi atau kenaikan gaji bila tugas yang diberikan memang semakin berat

 

Baca Juga:  Cara Menghitung Standar Uang Transport Karyawan

 

Bagaimana Menyusun Struktur Penggajian Karyawan?

Untuk menyusun anggaran pengeluaran, gaji karyawan merupakan poin yang cukup menguras kas perusahaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyusun struktur penggajian karyawan. Terdapat lima tahapan yang dapat Anda ikuti.

 

Job Analysis

Job analysis (analisis jabatan) adalah proses untuk mempelajari sebuah jabatan dengan menganalisis dari segi pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan.

Selain itu, juga menganalisis skill dan ilmu yang individu tersebut punya dan berkaitan dengan konteks pekerjaan.

 

Job Evaluation

Job evaluation (evaluasi jabatan) adalah proses dimana menilai kelayakan pekerjaan dan jabatan yang diemban. Apakah dengan gaji sebesar ini, sesuai dengan tanggung jawab yang diemban? 

Pertanyaan ini merupakan hal dasar yang harus menjadi jawaban dalam tahap ini. Job evaluation sendiri akan menjadi topik diskusi internal yang cukup intens, karena berkaitan dengan kewajiban perusahaan bagi karyawannya.

Karyawan juga harus sejahtera sebagai bentuk imbal balik telah memberikan usaha penuh demi memajukan perusahaan. 

 

Pay Policy Identification

Pay policy identification (pembuatan kebijakan penggajian) adalah proses untuk menentukan gaji yang ditawarkan karyawan dan tawaran yang diberikan perusahaan.

Strategi ini menjadi penentu untuk tertarik atau tidaknya calon karyawan menjadi bagian dari keluarga perusahaan. Hal ini menjadi sulit terutama para perusahaan pesaing memberikan gaji yang lebih menggiurkan.

 

Pay Survey Analysis

Pay survey analysis (analisis survey penggajian) menjadi strategi dalam pembentukan gaji yang tepat. Biasanya menganalisis dari perusahaan lainnya atau melihat dari hasil survey yang ada.

Misalnya, dalam perusahaan X di level General Manager mendapatkan gaji sebesar 25 juta, namun dalam perusahaan Y di level yang sama mendapatkan gaji sebesar 27 juta. 

Hal ini dapat jadi pertimbangan dengan menghasilkan bahwa di level General Manager range gaji yang tepat 20 hingga 30 juta. Selain gaji pokok, disini juga melakukan analisis hak penunjang karyawan seperti bonus, asuransi, tunjangan, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Komisi Penjualan untuk Sales?

 

Pay Structure Creation

Pay structure creation (pembentukan struktur gaji) merupakan step terakhir sebelum Anda melakukan finalisasi terhadap angka gaji yang ditawarkan. Struktur gaji menjadi market pay line untuk menentukan range gaji di empat level yang berbeda.

Diharapkan dengan rentang gaji dan golongan gaji yang tepat, dapat diterima oleh SDM perusahaan.

 

Mudahkan Penggajian di Perusahaan Anda Bersama Jasa Payroll LinovHR

payroll

 

Jika perusahaan Anda masih bingung untuk menentukan range penggajian yang sesuai, LinovHR punya solusinya! LinovHR menyediakan jasa payroll yang lengkap untuk membantu mengelola data payroll yang aman dan akurat.

Dengan menggunakan jasa payroll dari LinovHR, perusahaan tidak perlu melakukan perhitungan gaji yang memakan waktu lama karena perhitungan sudah ditangani oleh tim internal LinovHR yang berpengalaman. Sehingga perusahan Anda lebih fokus untuk melakukan strategi pengembangan perusahaan. 

Tak hanya menawarkan perhitungan gaji, jasa payroll LinovHR juga menawarkan konsultasi mengenai penggajian serta membantu penyusunan laporan penggajian.

Perusahaan Anda pun jauh lebih mudah dalam menentukan model struktur penggajian seperti apa yang tepat dan akurat sesuai kondisi perusahaan.

Yuk, segera cari tahu lebih dalam mengenai jasa payroll LinovHR dengan klik tautan berikut ini!