onboarding

Apa Itu Onboarding dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja yang berkualitas seiring waktu terus meningkat, baik itu untuk dapat memenuhi tuntutan produksi permintaan pasar yang bertambah atau karena adanya karyawan yang mengundurkan diri. Untuk itu terkadang perusahaan terus membukalowongan kerjauntuk mencari karyawan baru. Tetapi bukan sekedar merekrut karyawan baru yang biasa-biasa saja.

Diperlukan karyawan yang sesuai dengan bidang yang diperlukan perusahaan dan kompeten dalam bekerja. Dengan demikian, pertumbuhan perusahaan akan terus naik dan mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Sepanjang sejarah perekrutan karyawan yang baru, diperlukan perhatian bagi karyawan yang baru masuk. Agar mereka merasa nyaman dan paham dengan pekerjaan yang mereka kerjakan.

Terkadang karyawan baru, belum tentu bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan kerja di perusahaan. Namun ada juga karyawan lama yang mengalami kendala yang sama, mereka belum mampu beradaptasi dalam bekerja. Entah itu karena kinerjanya yang kurang memuaskan, kurang tepat dalam penempatan jabatan dengan bidang dari karyawan tersebut, tidak mampunya karyawan untuk beradaptasi dengan lingkungan perusahaan atau karena karyawan tersebut memang merasa kurang cocok dengan perusahaan tersebut. Apa pun penyebabnya, yang pasti karena di awal mereka bekerja, mereka tidak mendapatkan masa orientasi yang cukup.

Masa orientasi dalam di awal bekerja sering disebut onboarding. Bagaimanapun juga setiap merekrut karyawan baru perusahaan perlu melakukan onboarding bagi karyawan baru mereka untuk menghindari keluar masuk karyawan yang bekerja. Karena onboarding dapat membuat karyawan yang baru akan mulai bekerja mengenal lingkungan kerjanya. Secara sederhana, onboarding dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk penyesuaian karyawan baru dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Proses ini sudah meliputi jenis-jenis pekerjaan yang nantinya akan dihadapi, suasana kerja kantor, orang-orang yang setiap hari berinteraksi di dalamnya, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

Onboarding yang berkualitas akan membuat seorang karyawan baru mampu bekerja dengan sangat antusias dan cepat dalam beradaptasi dengan rekan-rekan kerjanya. Inilah yang akan membuatnya merasa nyaman dan lebih bersemangat untuk bekerja. Karyawan yang semangat tentunya akan mendukung produktivitas perusahaan.

Berikut adalah beberapa manfaat onboarding bagi perusahaan:

1. Membantu Karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan kerjanya

Secara sederhana, onboarding dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk penyesuaian karyawan baru dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Ini akan membuat karyawan baru merasa nyaman saat bekerja, dan betah bekerja. Dengan melakukan hal ini akan menolong kepercayaan diri karyawan bekerja. Ini dapat dilakukan dengan cara touring berkeliling ke perusahaan dan memperkenalkan area yang ada dalam perusahaan.

2. Membuat Karyawan paham akan Visi Misi perusahaan

Biasanya saat dilakukan onboarding inilah saat yang tepat untuk menjelaskan visi dan misi perusahaan tempat karyawan bekerja. Sehingga setiap karyawan baru juga dapat memahami apa yang menjadi targetnya dalam menolong perkembangan perusahaan mencapai visi dan misinya.

3. Ice breaking dalam perusahaan

Saat dilakukan onboarding biasanya karyawan baru akan berkenalan dengan karyawan yang telah lebih lama bekerja. Ini akan mencairkan suasana karena rasa kikuk sebelum berkenalan. Mungkin dengan perkenalan singkat akan tercipta keakraban saat bekerja di perusahaan atau kantor yang dapat menciptakan suasana nyaman saat bekerja.

4. Memperkenalkan Job Description

Memperkenalkan job description kepada karyawan baru bukan berarti dia diberikan beban yang menumpuk. Untuk karyawan yang baru masuk, coba diperkenalkan dengan deskripsi kerja yang jelas dan ringan, karena jika dari awal dia merasa stres, itu dapat membuat karyawan berhenti bekerja.

Jika sama sekali tidak ada onboarding yang dilakukan oleh perusahaan masih kurang berkualitas terhadap karyawan baru, maka akan semakin berdampak buruk terhadap perusahaan, yaitu membuat karyawan semakin merasa kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk itulah penting dilakukan onboarding di setiap perusahaan demi mencegah keluar masuk karyawan dan mengoptimalisasi pekerjaan karyawan di kantor.