rekening payroll

Apa yang Dimaksud Rekening Payroll? Mari Ikuti Pembahasan Ini!

Penggajian adalah hal kewajiban umum bagi perusahaan kepada karyawan. Regulasi mengenai kewajiban untuk membayar gaji sudah tertuang jelas dalam UU Ketenagakerjaan. Dalam penggajian, dibutuhkan rekening payroll yang menjadi bagian penting dalam proses penggajian perusahaan. 

Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan mengenai apa itu rekening payroll dan alasan perusahaan perlu menggunakannya di bawah ini! 

 

Apa Itu Rekening Payroll?

Rekening payroll adalah rekening bank terpisah untuk bisnis perusahaan yang hanya digunakan untuk penggajian. Layanan rekening payroll disediakan oleh pihak bank yang bertujuan untuk memudahkan distribusi gaji kepada karyawan.

Dengan begitu, perusahaan dapat langsung mengirimkan gaji kepada semua karyawan tanpa harus mencatat kemudian mengirimkannya satu-satu rekening pribadi milik karyawan atau menyerahkan gaji secara tunai.

Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem penggajian internal perusahaan terintegrasi dengan rekening payroll yang disediakan oleh pihak bank. Tentunya ada perjanjian resmi dan berlandaskan hukum antara pihak perusahaan dengan bank penyedia rekening payroll tersebut. 

 

Baca Juga: Keuntungan Pengelolaan Penggajian Menggunakan Payroll Information System 

 

Mengapa Perusahaan Sebaiknya Menggunakan Rekening Payroll?

Sudah seharusnya perusahaan memastikan bahwa proses penggajian berlangsung lancar. Sebab, proses penggajian yang terhambat akan berdampak kepada kinerja karyawan dan penilaian karyawan kepada perusahaan.

Menggunakan layanan rekening payroll menjadi aspek krusial untuk mendukung kelancaran sistem penggajian di perusahaan.  

Mengapa sebaiknya perusahaan menggunakan rekening payroll ketimbang metode manual seperti menyerahkan gaji secara tunai langsung ke karyawan? Inilah beberapa alasannya! 

 

Lebih Terorganisir

Dengan rekening payroll, sistem penggajian dalam perusahaan akan lebih terorganisir. Bayangkan jika perusahaan harus menyerahkan uang tunai kepada banyak karyawan dalam waktu yang terbatas, tentu akan lebih merepotkan dan berantakan bukan?

Oleh karenanya lebih baik mengandalkan rekening payroll. Secara  otomatis proses penggajian juga dapat lebih menghemat waktu. 

 

Aman

Faktor selanjutnya adalah soal keamanan. Menyerahkan gaji secara tunai sangat tidak aman dan beresiko terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti perampokan. Sementara itu, menggunakan rekening payroll tentu saja lebih aman karena gaji bulanan karyawan akan dikirimkan langsung dan diterima di rekening karyawan.

 

Akurat dan Tepat

Perhitungan gaji berlangsung tiap bulannya. Begitu gaji selesai dihitung dan diproses, gaji akan langsung dikirim ke rekening payroll. Semua proses ini berlangsung akurat dan tepat. HRD dapat memberikan slip gaji kepada karyawan sehingga penggajian pun dapat lebih transparan.

 

Memudahkan Karyawan untuk Mengambil Gaji 

Menggunakan rekening payroll juga akan memudahkan karyawan ketika hendak mengambil gaji bulanan karena gaji yang diterima tepat waktu dan akurat. Dengan begitu karyawan pun juga bisa lebih mudah mengelola gaji bulanan yang diterimanya. 

Banyak perusahaan yang merasa kewalahan dalam mengelola payroll. Umumnya hal ini disebabkan oleh keberagaman komponen gaji seperti PPh 21 atau dikenal sebagai pajak penghasilan, iuran BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, tunjangan, bonus, dan sebagainya.

Jika masih mengandalkan internal yang terbatas, bukan tidak mungkin sistem penggajian dalam perusahaan bisa lebih kacau dan sulit ditangani. 

 

payroll

Untungnya jasa payroll LinovHR menyediakan solusi penggajian yang lebih modern. Dengan jasa payroll LinovHR, proses penggajian dapat lebih optimal didukung dengan staff payroll yang berpengalaman di bidangnya.

Mulai dari perhitungan gaji beserta komponennya sampai siap kirim ke rekening karyawan, semua dapat diproses dengan cepat dan akurat serta dapat meminimalisir human error yang biasa terjadi dalam penggajian. 

Layanan lain yang disediakan oleh jasa payroll LinovHR adalah konsultasi perpajakan. Seperti yang diketahui, gaji bulanan karyawan harus dipotong pajak penghasilan atau PPH 21 setiap bulannya.

Sistem atau tarif pajak penghasilan ini berbeda-beda tiap karyawan tergantung besaran gaji, jumlah tanggungan karyawan dan status pernikahan karyawan. Jasa payroll LinovHR akan membantu perusahaan apabila mengalami kendala dalam menentukan sistem perpajakan ini.

Tak hanya itu, jasa payroll LinovHR juga dapat membantu perusahaan dalam menyusun strategi penyusunan gaji termasuk penyusunan laporan serta slip gaji.

Semua bisa lebih mudah dan praktis berkat LinovHR! Untuk tahu lebih lengkap mengenai bagaimana LinovHR mampu mengelola berbagai komponen pajak termasuk rekening payroll, segera hubungi tim layanan kami!