Bonus Akhir Tahun

Cara Menghitung Bonus Akhir Tahun Bagi Karyawan Di Perusahaan

Siapa yang tidak senang jika mendengar kata BONUS? setiap orang yang bekerja dengan baik dan maksimal akan senang jika hasil karyanya dihargai, dan salah satu caranya adalah diberikan bonus oleh perusahaan. Bonus biasanya berupa uang yang ditawarkan kepada karyawan sebagai hadiah karena bekerja dengan baik. Tidak ada peraturan khusus dari pemerintah mengenai bonus ini. Bonus ini diberikan biasanya sebagai bentuk penghargaan bagi karyawan.

Pihak perusahaan diharapkan bisa memberikan bonus dengan adil kepada karyawan mereka yang berprestasi. Bagi beberapa karyawan, bonus yang diberikan perusahaan dapat melampaui gaji pokok mereka sehingga mereka mengharapkan dan menunggu bonus ini dengan penuh harapan. Tapi bagi karyawan yang mempunyai gaji pokok yang cukup atau lebih sering kali mereka mengabaikan atau tidak terlalu memperhitungkan bonus-bonus yang diberikan oleh pihak perusahaan. Walaupun sebenarnya motivasi terbaik untuk seorang bekerja sebaiknya datang dari dalam diri sendiri, bukan berdasarkan bonus-bonus yang ditawarkan oleh perusahaan. Walau bagaimanapun juga, sikap dalam bekerja itu adalah segalanya.

 

Baca Juga: 7 Ide Kreatif HRD Agar Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

Rumus Bonus Akhir Tahun

Bonus akhir tahun, biasanya dihitung berdasarkan gaji, masa kerja, jabatan dan surat peringatan karyawan. Rumusnya sebagai berikut:

Bonus Tahunan = (Poin Masa Kerja x Level Jabatan x Departemen x Gaji) x Sanksi Surat Peringatan

 

1. Masa Kerja

Masa Kerja

 

2. Level Jabatan

Level Jabatan

 

3. Kategori Departemen

Kategori Departemen

 

4. Sanksi Surat Peringatan

Sanksi Surat Peringatan

Contoh:

Jika perusahaan Anda memiliki karyawan seperti dalam daftar di bawah ini, bagaimana perhitungan bonus akhir tahun 2017?

Perhitungan bonus akhir tahun

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Bonus akhir tahun

 

Sebagai karyawan yang bekerja disuatu perusahaan, informasi seperti ini cukup penting untuk diketahui. Agar tidak terjadi mispersepsi antara pihak manajemen dan karyawan. Bagi pihak manajemen yang bertanggungjawab dalam mengelola payroll perusahaan, menggunakanSoftware Payrolluntuk kemudahan menghitung komponen-komponen payroll seperti bonus akhir tahun adalah sangat dibutuhkan untuk menghindari kesalahan hitung.