Bonus Akhir Tahun

Cara Menghitung Bonus Akhir Tahun Bagi Karyawan Di Perusahaan

Salah satu benefit yang diberikan kepada karyawan dari perusahaan adalah bonus akhir tahun. Pemberian Bonus biasanya berupa uang atau bentuk pemberian lainnya yang ditawarkan kepada karyawan sebagai hadiah karena bekerja dengan baik selama satu tahun.

Tidak ada peraturan khusus dari pemerintah mengenai bonus ini. Bonus ini diberikan biasanya sebagai bentuk penghargaan bagi karyawan.

Pihak perusahaan diharapkan bisa memberikan bonus dengan adil kepada karyawan mereka yang berprestasi. Bagi beberapa karyawan, bonus yang diberikan perusahaan dapat melampaui gaji pokok mereka sehingga mereka mengharapkan dan menunggu bonus ini dengan penuh harapan.

Tetapi yang terpenting dari bonus akhir tahun itu sendiri adalah proses cara menghitungnya. Pada artikel kali ini LinovHR akan membahas tentang cara menghitung bonus tahunan yang benar.

 

Baca Juga:  Apakah Perusahaan Wajib Memberikan Bonus Akhir Tahun?

 

Rumus Bonus Akhir Tahun

Bonus akhir tahun, biasanya dihitung berdasarkan gaji, masa kerja, jabatan dan surat peringatan karyawan. Rumusnya sebagai berikut:

Bonus Tahunan = (Poin Masa Kerja x Level Jabatan x Departemen x Gaji) x Sanksi Surat Peringatan

1. Masa Kerja

 

Masa Kerja
Perhitungan Berdasarkan Masa Kerja

 

2. Level Jabatan

 

Level Jabatan
Perhitungan Berdasarkan Level Jabatan

 

3. Kategori Departemen

 

Kategori Departemen
Perhitungan Berdasarkan Kategori Departemen

4. Sanksi Surat Peringatan

 

Sanksi Surat Peringatan
Perhitungan Berdasarkan Sanksi Surat Peringatan

 

Baca Juga: Jika Festive Season Tiba, ini Cara Mempersiapkan Bonus untuk Karyawan

 

Contoh Menghitung Bonus Akhir Tahun

Untuk memudahkan anda memahami cara perhitungan bonus tahunan, berikut ini kami sajikan contoh perhitungannya.

 

Contoh:

Jika perusahaan Anda memiliki karyawan seperti dalam daftar di bawah ini, bagaimana perhitungan bonus akhir tahun 2017?

Perhitungan bonus akhir tahun
Perhitungan bonus akhir tahun

 

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

 

Bonus akhir tahun
Contoh Perhitungan Bonus Tahunan

 

Sebagai karyawan khususnya HR yang bekerja disuatu perusahaan, informasi seperti ini cukup penting untuk diketahui. Agar tidak terjadi mispersepsi antara pihak manajemen dan karyawan.

 

Hitung Bonus dengan Mudah bersama LinovHR

 

payroll

 

Bagi pihak manajemen yang bertanggungjawab dalam mengelola payroll perusahaan, menggunakan Aplikasi Payroll untuk kemudahan menghitung komponen-komponen payroll seperti bonus akhir tahun adalah sangat dibutuhkan untuk menghindari kesalahan hitung.

Salah satu software payroll yang dapat digunakan adalah LinovHR, Software Payroll memiliki banyak fitur dan modul yang akan memudahkan anda dalam mengatur urusuan payroll perusahaan,

Selain itu jika anda menginginkan solusi instan dalam mengelola bonus maupun komponen payroll lain, maka dapat mempercayakan pengelolaannya kepada Payroll Services LinovHR.

Dengan payroll services LinovHR semua perhitungan payroll akan dapat dilakukan oleh tim payroll specialist terbaik yang kami miliki, jadi dapat kami pastikan bahwa perhitungan yang kami lakukan akan akurat 100%.