pandemi covid-19

Cara Menjaga Kesehatan di Kantor Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah menyerang banyak orang di dunia. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat pandemi berlangsung adalah menjaga imunitas dan kesehatan tubuh agar tak mudah jatuh sakit. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya manusia memiliki sel-sel imun yang berguna untuk mempertahankan diri dari virus dan kuman. Jika imun tubuh turun, maka karyawan akan rentan menjadi korban infeksi COVID-19. Sebaliknya, karyawan dapat bekerja dengan baik dan tetap sehat jika imun tubuh tetap kuat. 

Banyak perusahaan telah memulai kembali operasionalnya setelah sebelumnya melalui masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dimulainya kembali operasional ini tentunya harus memperhatikan protokol kesehatan agar lingkungan kantor tidak menjadi klaster baru dalam penularan COVID-19. Perusahaan juga menetapkan berbagai kebijakan selama pembukaan operasional kembali untuk meminimalisir berbagai resiko COVID-19. 

 

Menjaga Kesehatan Diri di Kantor

Baru-baru ini klaster COVID-19 di perkantoran mulai merebak. Salah satu media penularannya adalah mesin absensi fingerprint. Ini menjadi perhatian serius bagi perusahaan untuk mengganti mesin finger print mereka dengan cara absensi lain yang jauh lebih aman, tetapi tetap akurat dalam mencatat kehadiran karyawan.

 

Baca Juga: Pencegahan Penularan Corona Melalui Absensi Online

 

Ada banyak alat dan titik di kantor yang menjadi  tempat bersembunyinya virus dan bakteri mulai dari keyboard, meja, gagang pintu, tombol lift, dan lain-lain. Karyawan pun juga dituntut lebih aware untuk menjaga kesehatan diri secara mandiri di kantor. Dilansir dari  Centers for Disease Control and Prevention  di Amerika Serikat, berikut cara menjaga kesehatan diri di kantor selama pandemi COVID-19: 

 

Bersihkan Peralatan Kerja 

Peralatan kerja kantor menjadi sumber penularan yang tak disadari banyak orang. Padahal, sehari-hari karyawan selalu menyentuh peralatan kerja yang ada di di mejanya. Oleh karena itu, walau sudah dibersihkan secara rutin, tak ada salahnya bagi karyawan untuk datang lebih awal dan membersihkan peralatan kerja yang akan digunakan hari itu.  Bersihkan meja pribadi, mouse, keyboard, serta ponsel pintar yang paling sering disentuh. Biarkan permukaan perkataan tersebut tetap basah selama 3-5 menit untuk memastikan kuman dan virus sudah mati.

 

Patuhi Protokol Kesehatan

Pemerintah telah menetapkan telah menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mengendalikan penyebaran COVID-19. Patuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker,  jaga jarak dengan karyawan lain atau physical distancing, menghindari berjabat tangan, serta melakukan etika batuk dan bersih yang baik dengan menutup mulut menggunakan siku saat bersin atau batuk. Dengan mematuhi protokol kesehatan di kantor, karyawan berarti telah berkontribusi untuk memperlambat infeksi COVID-19. 

 

Hindari Kumpul-Kumpul Sepulang Kerja

Kumpul-kumpul bareng setelah pulang kerja bersama rekan kantor memang menyenangkan. Namun, kerumunan orang dalam jumlah banyak dapat memicu penyebaran COVID-19 kian cepat. Tundalah sementara waktu acara kumpul-kumpul bersama rekan kantor. Sebagai gantinya, gunakan video conference untuk tetap terkoneksi dan “kumpul-kumpul” bersama walau dari rumah masing-masing. 

 

Segera Laporkan Diri Jika Tak Enak Badan

Beberapa karyawan sering mengabaikan tanda-tanda sakit ringan pada tubuh mereka seperti pusing atau flu ringan dan memaksakan diri untuk tetap bekerja. Di masa pandemi COVID-19 saat ini, hal tersebut justru tidak boleh dilakukan.  Tanda-tanda tak enak badan yang awalnya kecil dan sepele dapat menjadi bumerang dan tanda-tanda awal infeksi COVID-19. Jika merasa tak enak badan, segera melaporkan diri ke HRD untuk beristirahat atau bekerja dari rumah. Namun, jika kondisi tubuh semakin memburuk segera hubungi petugas kesehatan terkait agar mendapatkan segera mendapatkan pertolongan. 

 

Baca Juga: Hal yang Perlu Dilakukan HRD Jika Karyawan Terinfeksi COVID-19

 

Rajin Cuci Tangan

Cuci tangan adalah salah satu cara untuk membunuh kuman dan virus tak kasat mata yang ada di tangan. Rajinlah mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah memegang gagang pintu, setelah memegang banyak tumpukan kertas, setelah dari toilet. Gunakan sabun yang mengandung antiseptik selama 20 detik di air mengalir dengan baik dan benar. Bila sedang berada di tempat umum yang tak ada sabun cuci tangan seperti bis atau kereta, gunakan hand sanitizer

 

Konsumsi Makanan Bergizi dan Multivitamin

Hindari menggunakan alat makan bersama dan gunakanlah alat makan seperti sendok, gelas, dan tempat makan dari rumah. Bila memungkinkan, bawalah bekal dari rumah yang jauh lebih sehat, higienis, dan bergizi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C dan vitamin D dapat meningkatkan sistem imun dan pertahanan tubuh. Untuk memenuhi asupan vitamin sehari-hari, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi multivitamin sesuai dosis dan anjuran yang disarankan. 

 

Demikianlah cara yang dapat digunakan karyawan untuk menjaga kesehatan diri selama di kantor saat pandemi COVID-19. HRD sebagai divisi yang bertanggung jawab untuk mengelola karyawan juga harus menjaga komunikasi dengan karyawan untuk berbagai penyesuaian kebijakan terkait pandemi COVID-19. Kegiatan mengelola karyawan juga harus lebih efektif dan efisien di masa pandemi saat ini. HRD dapat menggunakan Software HRD dari LinovHR untuk mengelola karyawan lebih akurat dan tepat. Segala tantangan dalam pengelolaan karyawan selama pandemi pun dapat dihadapi dengan optimal.