Perluas Jejaring Anda di LinkedIn Menggunakan Cold Message!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

cold message linkedin
Isi Artikel

LinkedIn adalah jejaring sosial profesional yang ditujukan untuk menghubungkan orang-orang ataupun perusahaan di dunia kerja. Tentunya Anda ingin memperluas jaringan atau mendapatkan lowongan pekerjaan di LinkedIn, bukan? Maka hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengirimkan cold message

Apa itu cold message dalam Linkedin dan bagaimana Anda bisa mengirimkannya dengan tepat? Mari kita ulas semuanya di bawah ini!

 

Apa Itu Cold Message?

Cold message adalah cara untuk memulai dan mempertahankan sebuah hubungan profesional dalam dunia kerja. Cold message dikirim ke seseorang yang tidak mengenal Anda dan tidak mengharapkan untuk menerima pesan dari Anda.

Ini kebalikan dari warm message, di mana Anda mengirim pesan kepada orang-orang yang memang mengantisipasi pesan dari Anda.

Sebenarnya, cold message tidak hanya dapat dikirim melalui LinkedIn, melainkan berbagai saluran seperti email, Facebook, dan lainnya. Namun, cold message lebih populer dikirimkan lewat LinkedIn. 

Cold message melibatkan seseorang yang belum pernah berbicara dengan Anda. Oleh karena itu relatif sulit untuk mendapatkan tanggapan dan memerlukan jenis strategi tertentu untuk berhasil. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ulasan di bawah ini akan membantu Anda untuk melakukannya dengan mudah dan profesional! 

 

Baca Juga: Membangun Network di Dunia Kerja

 

Cara Mengirimkan Cold Message di LinkedIn

Berikut ini adalah cara mengirimkan cold message di LinkedIn yang dapat membuat Anda terlihat seperti seorang yang profesional! 

 

Jangan Awali dengan Maaf

LinkedIn adalah jaringan profesional, dan selama pesan Anda profesional, tidakpapa untuk mengirimkannya. Jadi Anda tidak perlu memulai pesan Anda dengan, “Maaf mengganggu Anda,” atau, “Saya tahu Anda benar-benar sibuk, tapi …”. Perlu menjadi catatan bahwa Anda tetap harus memulainya dengan sopan untuk mendapatkan rasa hormat mereka.

Mulailah dengan sopan dan percaya diri, lewati permintaan maaf dan langsung ke apa yang ingin Anda diskusikan dengan mereka. Dengan menjadi jelas sejak awal, Anda akan mendapatkan perhatian dan minat orang lain lebih cepat. 

 

Jelaskan Alasan Anda Menghubungi

Selanjutnya, pastikan pesan Anda jelas tentang apa yang Anda inginkan. Hindari kalimat yang bertele-tele, sampaikan secara jelas tentang apa yang Anda inginkan dari hubungan ini. Semakin jelas Anda, semakin cepat tanggapan yang akan Anda dapatkan.

Hindari pertanyaan langsung seperti “Maukah Anda melihat profil LinkedIn saya dan memberitahu saya bagaimana pendapat Anda?” atau bertanya, “Bisakah kita menelepon selama 15 menit?”. Harus sampaikan pesan dengan intensi yang jelas.

 

Buat Singkat dan Padat

Ketika seseorang membuka cold message Anda, mereka cenderung membacanya dan membalasnya jika terlihat mudah dibaca secara cepat. Idealnya, cold message LinkedIn berisikan kurang dari 100 kata atau 50-75 kata pun sudah termasuk ideal. Selalu ingat untuk menggunakan tata bahasa yang tepat dan baik.

 

Tidak Meminta Banyak Hal

Pastikan Anda meminta satu hal dalam cold message Anda, bukan banyak hal. Jika Anda meminta terlalu banyak hal atau mengajukan terlalu banyak pertanyaan, itu akan menjadi terlalu rumit dan membuat penerima kewalahan.

Anda selalu dapat meminta lebih banyak bantuan setelah mereka menjawab pertanyaan pertama. Tetapi kunci untuk mendapatkan respons pertama adalah membuatnya tetap singkat dan sederhana untuk memulai. Permudah mereka, dan Anda akan lebih cepat mendapatkan tanggapan.

 

Sesuaikan Pesan Anda untuk Setiap Orang

Anda harus selalu menambahkan beberapa penyesuaian untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda tidak hanya menyalin dan menempelkan pesan yang sama ke banyak orang. Dengan melakukan penyesuaian dan personalisasi, ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak tanggapan.

 

Hindari Lampiran

Satu hal yang harus dihindari dalam cold message LinkedIn adalah lampiran/file/tautan. Jika Anda ingin mendapatkan tanggapan, lebih baik Anda hanya mengirimkan teks saja.

Saat Anda mengirim cold message di LinkedIn, penerima akan melihat bagian bawah pesan terlebih dahulu saat membukanya.

Jika Anda langsung melampirkan dokumen PDF atau Word, atau paragraf panjang dengan dua atau tiga tautan, Anda akan dipandang terlalu agresif. Kemungkinan besar mereka tidak akan membalas sama sekali jika Anda melakukan ini.

 

Cari Koneksi Sebelum Menjangkau

Sebelum mengirim cold message, cari koneksi yang mungkin Anda miliki. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk melihat apakah Anda terhubung dengan beberapa orang yang sama dengan orang lain.

Jika Anda memiliki kesamaan koneksi, Anda dapat meminta perkenalan dan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil memulai percakapan dengan orang baru ini!

 

Baca Juga: Motto untuk Profile Linkedin Anda

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara mengirimkan cold message di LinkedIn. Jangan khawatir jika Anda merasa kesulitan untuk menulis cold message pertama Anda.

Seperti hal lainnya, banyak berlatih membuat Anda menjadi sempurna. Semoga dapat bermanfaat!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter