contoh body email lamaran kerja yang baik

Kiat Menulis dan Contoh Body Email Lamaran Kerja

Melamar kerja kini dapat dilakukan dengan mudah melalui email. Salah satu hal penting yang tidak boleh terlupa ketika Anda melamar pekerjaan dengan email adalah menulis body email. Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang masih kebingungan bagaimana contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar. 

Body email sangat penting untuk memberikan kesan yang baik sehingga recruiter tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang lamaran Anda. Sebenarnya, seberapa pentingkah body email? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

Mengapa Body Email Begitu Penting? 

Recruiter terkadang terlalu sibuk untuk menyisir banyak lamaran yang masuk di email, ibarat mencari  jarum di tumpukan jerami. Maka inilah pentingnya body email. Jika Anda mengosongkannya begitu saja, maka bisa jadi Anda akan kehilangan kesempatan berharga untuk dilirik oleh recruiter. 

Dengan body email yang baik dan benar, maka Anda dapat menarik perhatian recruiter pada pandangan pertama dari sekian banyaknya pelamar. Tata penulisan yang baik dan benar juga mengesankan bahwa Anda adalah pribadi yang profesional dan punya attitude yang baik. 

 

Baca Juga: Apa Manfaat Follow Up Email Pasca Interview?

 

Cara Menulis Body Email yang Baik dan Benar 

Jangan sampai Anda hanya fokus dan menghabiskan waktu pada resume atau CV Anda. Menulis email lamaran kerja dengan baik dan benar juga sama pentingnya. Untuk itu, perhatikanlah cara menulis body email yang baik dan benar di bawah ini.

 

Mengisi Subject Line 

Subject line atau baris subjek sangat penting untuk memberitahu penerima apa yang ada di email Anda, dan ini akan menentukan apakah recruiter akan membuka email lamaran Anda atau menghapusnya. 

Dalam menulis baris subjek, Anda harus menulisnya dengan pendek dan to the point agar tidak membingungkan recruiter. Gunakan pernyataan seperti ‘Job Application – Content Writer- Rahma’ untuk mempermudah recruiter menyaring lamaran Anda.

 

Awali dengan Salam Pembuka

Dalam menulis surat atau pesan, salam merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Dalam menulis body email lamaran kerja, Anda dapat menggunakan kalimat “Yang Terhormat” diikuti dengan nama lengkap perusahaan yang Anda lamar.

Ini akan menunjukkan rasa hormat Anda dan membuat body email lamaran Anda semakin terlihat profesional.

 

Menulis Posisi yang Dilamar

Langsung di bawah salam, Anda harus menyertakan pernyataan yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Anda juga bisa menjelaskan kapan dan bagaimana caranya Anda bisa menemukan lowongan tersebut atau dimana Anda menemukannya. Pada bagian ini, Anda juga harus memberikan pernyataan bahwa Anda tertarik untuk mengisi posisi tersebut. 

 

Deskripsikan Diri Anda Sebagai Kandidat yang Ideal

Ini harus menjadi pernyataan singkat namun dapat menyoroti kualifikasi serta keterampilan teknis dan non teknis yang paling relevan dan dapat diterapkan pada posisi pekerjaan yang dimaksud. 

Jelaskan secara singkat mengenai latar belakang pendidikan atau pengalaman Anda sebelumnya yang menjadikan Anda kandidat yang baik untuk peran tersebut. Anda dapat menggunakan kalimat seperti  “Saya adalah mantan sosial media spesialis dengan pengalaman lebih dari lima tahun bekerja di bidang pemasaran dan media digital”.  

 

Memberikan Closing Statement

Pernyataan penutup Anda harus ditempatkan pada barisnya sendiri, di bawah kalimat terakhir dari bagian inti pesan Anda.

Ini harus menjadi pernyataan yang mengungkapkan antusiasme untuk diskusi lebih lanjut tentang posisi pekerjaan dengan recruiter, seperti “Saya berharap dapat mendengar kabar dari Anda sesegera mungkin.” 

Dalam pernyataan penutup Anda, jangan lupa juga untuk sertakan salam penutup seperti “Hormat saya”. Ucapkan pula “terima kasih” karena HRD sudah membaca email lamaran dan mempertimbangkan Anda. 

 

Cantumkan Contact Details 

Di bawah closing statement, Anda harus menyertakan nomor telepon, alamat email, dan lokasi umum tempat tinggal. Hal ini akan memudahkan recruiter ketika ingin menghubungi Anda lebih lanjut.

Pada bagian ini Anda juga dapat menyisipkan tautan situs web atau halaman profesional Anda jika ada. 

 

Baca Juga: Panduan Cara Membalas Email HRD untuk Undangan Interview

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja 

Untuk memperlengkap ulasan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh body email lamaran kerja:

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate 

Jika Anda merupakan seorang fresh graduates, simaklah contoh body email lamaran kerja fresh graduate di bawah ini untuk memulai perjalanan karir Anda.

Jika Anda seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda dapat menjelaskan pengalaman lainnya yang Anda miliki, salah satu contohnya seperti kegiatan organisasi di kampus yang pernah Anda ikuti. 

 

Subject line: Lamaran – Guru Olahraga – Paula Putri 

 

Yang Terhormat,

Hiring Manager IndoTech

 

Perkenalkan, Saya Paula Putri, lulusan Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Bangsa. Saya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dengan posisi web developer di IndoTech dari Instagram @lokerjakarta pada tanggal 20 Desember 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Saya telah lulus di tahun 2021 dari kampus Nusa Bangsa dengan predikat cumlaude dan IPK 3,77. Selama kuliah saya aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi. Selain itu, saya juga pernah menjadi perwakilan kampus pada perlombaan IT Convert tingkat nasional. Saya merupakan orang yang cekatan dan dapat bekerja cepat. 

Bersama lamaran ini, saya lampirkan curriculum vitae dan sertifikasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan. Demikian surat lamaran pekerjaan dari saya. Besar harapan saya untuk dapat memperoleh kesempatan bekerja.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

 

Hormat saya,

Paula Putri

081288876100

Jakarta

Paula199@gmail.com

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Jika Anda ingin terlihat lebih profesional dalam menulis body email lamaran kerja, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menulisnya dengan bahasa inggris. Berikut ini adalah contoh body email lamaran kerja bahasa inggris. 

 

Subject line: Job Application – Adin Putri – Social Media Specialist

 

Dear Hiring Manager of PT Wiki One

 

I came across a very exciting position on your job portal that I believe fits me perfectly. I am interested in applying for the position of Social Media Specialist at PT Wiki One. After learning the job description and requirements , I know that I would be a valuable asset to your company. 

My name is Adin Putri. I am a Bachelor in Communication from Universitas Indonesia. I am looking forward to to work in a well-known company such as yours. During my college time, I participated in social media officer internships for 4 months with tech companies and have gained the necessary skills needed to be a successful social media specialist. 

I Attached you the cover letter, resume and certificates for your consideration matters. Please reach out if you would like ask additional information. Thank you so much for your time and consideration for this position and I look forward to hearing from you soon.

 

Sincerely,

Adin Putri

081787771021

Yogyakarta

Adin_put@email.com

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja dengan Pengalaman

Jika Anda telah bekerja selama beberapa tahun dan sedang mencari pekerjaan baru di perusahaan lain, maka simaklah contoh body email lamaran kerja dengan pengalaman di bawah ini. Perlu diingat bahwa pengalaman Anda di sini sangat penting dan harus ditekankan dalam email Anda.

 

Subject line: Job Application – Content Writer – Aulia Rahman

 

Yang terhormat, 

HRD PT Media Nusantara

 

Perkenalkan, saya Aulia Rahman. Saya menemukan informasi lowongan pekerjaan sebagai Content Writer di Linkedin Media Nusantara. Oleh karena itu, saya tertarik dan mengirim email ini dengan maksud untuk melamar pada posisi tersebut. 

Saya memiliki background yang kuat di bidang komunikasi dengan gelar Magister Marketing Communication dari Boston University. Sebelumnya, saya memiliki pengalaman bekerja sebagai reporter media online selama 2 tahun. Selama menjadi reporter, saya telah menghasilkan lebih dari 2,000 artikel dengan berbagai topik seperti ekonomi, pariwisata, hingga sains. Selain itu, saya juga memiliki pemahaman yang baik mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Bersama email ini, saya lampirkan CV dan portofolio yang bisa Bapak/Ibu jadikan pertimbangan. Terima kasih atas waktunya untuk membaca email ini dan mempertimbangkan saya untuk menjadi Content Writer di PT Media Nusantara. 

 

Hormat saya, 

Aulia Rahman

081288871621

Jakarta 

Aul21@gmail.com 

 

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara menulis body email dan contohnya. Semoga pembahasan contoh body email lamaran kerja yang benar di atas dapat membantu Anda meraih pekerjaan impian!