CV Freshgraduate

Cara Menulis CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Beserta Contoh!

Mengetahui cara menulis CV sangat penting dalam membantu Anda melamar pekerjaan. Menulis CV yang mencakup kualitas terbaik Anda dapat membantu Anda mengesankan recruiter dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Melamar pekerjaan memang bukan perkara yang mudah khususnya bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali, misalnya fresh graduate. 

Meski belum memiliki pengalaman profesional, Anda masih dapat menyesuaikan CV fresh graduate agar terlihat bagus di mata recruiter. Dalam artikel ini, LinovHR membahas cara membuat CV fresh graduate yang menarik yang dapat meyakinkan recruiter untuk mempekerjakan Anda. 

 

Tips Membuat CV Fresh Graduate Walau Tanpa Pengalaman

Hal yang terpenting dalam membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman adalah memastikan bahwa CV mencakup keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. 

Berikut langkah-langkah membuat CV untuk fresh graduate yang tepat:

 

Pilih Format CV yang Sesuai

Sebelum Anda membuat CV, pertama-tama Anda harus memilih format yang sekiranya dapat diterima oleh perusahaan yang Anda lamar. 

Usahakan format yang Anda pilih dapat menunjukkan kualitas dan menjadikan Anda kandidat yang ideal untuk posisi tersebut. 

Sebagian perusahaan lebih menyukai format CV kronologis, yang dimana Anda mencantumkan pengalaman dan pencapaian dari yang terbaru hingga yang terlama. 

Selain format kronologis, Anda juga dapat menggunakan format CV fungsional atau kombinasi jika Anda merasa format tersebut bisa lebih menampilkan diri Anda sebagai kandidat yang paling cocok untuk posisi tersebut. Terlepas dari format CV, pastikan dokumen memiliki struktur yang konsisten secara keseluruhan.

 

Baca Juga: Mendapat Undangan Interview Online? Inilah Beberapa Tips Interview Online! 

 

Gunakan Header Pada CV

Tips kedua untuk membuat CV FG adalah menggunakan header. Header berisikan detail kontak Anda yang mencakup nama, alamat email, dan nomor telepon. 

Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin ada yang meminta Anda untuk memasukan informasi kewarganegaraan, foto, alamat rumah, dan akun linkedin Anda jika ada.

Bagian header ini harus dicetak tebal dan jelas sehingga recruiter dapat dengan cepat menemukan nama dan detail pribadi Anda jika mereka perlu menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut ataupun sebaliknya.

 

Tulis Ringkasan Profesional yang Menarik

Ringkasan atau pernyataan profesional merupakan informasi yang merangkum ambisi, kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan Anda.

Bagian ini menggambarkan pencapaian Anda sejauh ini dan apa yang ingin Anda bawa ke pekerjaan tersebut apabila perusahaan mempekerjakan Anda.

Ringkasan profesional biasanya terbatas pada dua atau tiga kalimat,  jadi Anda harus menunjukkan kualitas yang paling membuat Anda memenuhi syarat. Apabila Anda pernah mengambil sertifikasi khusus terkait posisi yang dilamar, sebaiknya sebutkan pada bagian ini.

 

Masukan Garis Besar Pencapaian 

Dikarenakan Anda seorang fresh graduate tanpa pengalaman pekerjaan, Anda dapat memuat informasi terkait pendidikan Anda dengan cara yang menarik.

Selain nama institusi pendidikan, pada bagian pendidikan Anda dapat disertakan rincian mata kuliah utama yang relevan, penghargaan, kegiatan, publikasi ilmiah, dan nilai (GPA).

Penting bagi Anda untuk menyertakan prestasi akademik yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi kandidat yang lebih diinginkan untuk dipekerjakan oleh perusahaan.

 

Cantumkan Kegiatan yang Relevan

Jika pelamar lainnya bisa mencantumkan pengalaman kerja mereka, bukan berarti Anda tidak memiliki hal yang dapat dicantumkan.

Pada bagian pengalaman kerja, Anda dapat menggantinya dengan memasukan aktivitas atau kegiatan di masa lalu yang terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diharapkan oleh perusahaan apabila Anda diterima di pekerjaan tersebut. 

Tak hanya itu, pada bagian ini Anda juga dapat memasukan pengalaman magang, pengalaman volunteer, part-time, kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

Saat menulis pengalaman Anda, buat daftar tanggung jawab dan pencapaian sebagai poin-poin penting, sertakan angka untuk mengukur hasil Anda jika memungkinkan. 

 

Baca Juga: Apakah Kegiatan Volunteer Berguna untuk Karir Anda? 

 

Sebutkan Keterampilan yang Relevan

Tips keenam dalam membuat CV fresh graduate adalah sebutkan beberapa keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Penting untuk memasukan keahlian yang Anda miliki ke dalam CV. Sebelum menuliskannya, sebaiknya Anda pelajari terlebih dulu iklan lowongan pekerjaan tersebut khususnya pada bagian keterampilan dan kompetensi khusus yang dicari pihak pemberi kerja. 

Setelah mengidentifikasi, buat daftar keahlian yang Anda miliki dan cantumkan dalam CV. Keahlian dan keterampilan yang paling sesuai dengan role tersebut dapat menjadi salah satu faktor penentu bagi recruiter untuk memilih dan mempekerjakan Anda. oleh karena itu, tulis keahlian yang paling relevan.

 

Sertakan Bagian Tambahan untuk Meningkatkan Kualitas CV

Selanjutnya, agar CV fresh graduate Anda semakin menarik di mata recruiter, Anda dapat menambahkan informasi lain seperti keterampilan bahasa, hobi dan minat, sertifikasi, dan detail lain yang dapat memperkuat lamaran pekerjaan Anda.

Usahakan bagian tambahan ini hanya mencakup poin-poin penting yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi tersebut. 

 

Contoh CV Freh Graduate tanpa Pengalaman

Berikut beberapa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Contoh CV Freh Graduate
Sumber: https://novoresume.com/career-blog/resume-advice-for-students-with-no-experience
Contoh CV
Sumber: https://www.template.net/business/resume/graduate-fresher-resume-template/

 

Lihat Contoh CV Lebih lengkap disini-> https://www.linovhr.com/contoh-cv/

 

Menjadi lulusan baru tanpa pengalaman kerja bukan berarti halangan untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Dengan cara yang tepat, Anda sebagai lulusan baru pun bisa meraih pekerjaan dengan mudah! Semoga ulasan di atas dapat membantu!