surat paklaring

3 Contoh Surat Paklaring dan Manfaatnya untuk Karyawan

Ketika karyawan memutuskan untuk resign, karyawan akan mendapatkan dokumen khusus yaitu paklaring. Dokumen ini akan memudahkan karyawan untuk melamar kerja ke perusahaan lain. Nah, apa itu paklaring dan mengapa dokumen ini penting?

Apa saja contohnya? Simak ulasan berikut ini! 

 

Apa itu Paklaring?

Surat paklaring adalah sebuah dokumen yang memuat pengalaman seseorang pernah bekerja dalam suatu perusahaan di posisi jabatan tertentu. Dalam surat tersebut juga tercantum jenjang karir serta waktu awal dan akhir masa kerja.

Surat ini diterbitkan oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Akan tetapi, paklaring juga dapat dikeluarkan oleh lembaga lain di luar perusahaan. 

Ketika membuka posisi jabatan di bidang ahli, biasanya perusahaan akan mewajibkan pelamar menyertakan paklaring. Hal ini bertujuan sebagai bukti pelamar pernah bekerja di bidang yang serupa. 

Bahkan, melalui paklaring perusahaan dapat mengetahui kompetensi pelamar yang hendak direkrut menjadi calon karyawan. Dengan begitu, perusahaan dapat memperoleh pekerja yang berkualitas.

 

Baca Juga: Ingin Mengajukan Cuti? Inilah Contoh Surat Cuti yang Benar!

 

Manfaat dari Surat Paklaring

Selain untuk melamar pekerjaan, surat ini juga mendatangkan manfaat lain. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

 

1. Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat paklaring pertama, yakni untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Karyawan perlu bergabung dengan layanan BPJS agar bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua.

Dengan memiliki dokumen ini, karyawan bersangkutan dapat memperoleh seluruh layanan akan jaminan BPJS. Namun, perlu diingat jika Anda harus menyertakan paklaring yang telah dilegalisir oleh perusahaan agar dapat diterima oleh pihak BPJS.

 

2. Mengajukan Program Beasiswa

Surat paklaring juga dapat digunakan untuk mengajukan program beasiswa dari jalur profesional. Ada banyak pihak yang menyediakan jalur beasiswa ini, baik yang berasal dari pemerintah maupun swasta.

Nantinya, Anda akan berkesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi, mulai dari jenjang S2, sampai S3. Selain paklaring, penyedia beasiswa umumnya akan mewajibkan Anda untuk melampirkan dokumen pendukung lainnya.

 

3. Dokumen Pendukung Lamaran Kerja 

Ketika Anda memutuskan resign dari perusahaan lama dan bekerja ke perusahaan baru, Anda akan dimintai beberapa dokumen pendukung. Salah satunya adalah surat paklaring. Dengan surat ini, perusahaan baru akan memastikan bahwa Anda memiliki riwayat bekerja yang baik di perusahaan sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan baru tidak akan ragu untuk merekrut Anda untuk menjadi bagian dari dalam perusahaan. 

 

4. Mengajukan Pinjaman Pada Bank dan Kartu Kredit

Saat hendak mengajukan pinjaman pada bank, baik untuk kredit kendaraan bermotor, kredit kepemilikan rumah, maupun kredit tanpa agunan, Anda harus berstatus seorang karyawan. Dengan begitu, bank dapat mengetahui bahwa Anda memiliki penghasilan untuk membayar biaya cicilan.

 Untuk memberikan bukti yang kuat bahwa sedang bekerja, Anda dapat menyertakan dokumen paklaring saat ingin meminjam uang pada bank. Dalam membuat kartu kredit pun membutuhkan paklaring dengan tujuan serupa.

 

Syarat untuk Memperoleh Paklaring

Sebelum mengajukan paklaring, umumnya karyawan harus memenuhi beberapa syarat tertentu untuk perusahaan. Adapun syarat-syarat tersebut sebagai berikut.

 

1. Minimal Sudah Bekerja Selama Satu Tahun

Agar dapat memperoleh surat paklaring, karyawan harus telah bekerja paling sedikit satu tahun di suatu jabatan perusahaan. Apabila masih di bawah jangka waktu tersebut, karyawan dinilai belum matang dalam bekerja.

Selain itu, jika seorang karyawan bekerja kurang dari satu tahun dan kerap berpindah-pindah dari satu perusahaan ke yang lainnya akan dianggap “kutu loncat”. Artinya, individu tersebut kurang loyal atas menjalankan suatu pekerjaan. 

 

2. Mengundurkan Diri dengan Cara Baik

Jika Anda hendak resign lakukanlah dengan cara yang baik. Coba sampaikan alasan Anda tanpa menjelek-jelekan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan menganggap Anda sosok yang profesional

Apabila Anda hengkang dengan cara yang negatif seperti tanpa one month notice atau melanggar kontrak, tentu perusahaan tentu enggan memberikan surat paklaring. Alhasil, Anda akan kesulitan untuk melamar kerja di perusahaan selanjutnya.

 

3. Menyelesaikan Seluruh Kewajiban Pekerjaan

Anda perlu memenuhi semua tugas dan kewajiban sebelum melakukan resign. Hal ini berguna agar divisi yang Anda tinggalkan tidak akan kewalahan karena kosongnya salah satu posisi. Dengan begitu, Anda akan meninggalkan kesan yang baik walau memutuskan resign. Alhasil, perusahaan pun tanpa ragu akan memberikan surat paklaring pada Anda.  

 

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Kerah Putih, Kerah Merah, dan Kerah Biru

 

Contoh Surat Paklaring

Setelah mengetahui arti, manfaat, dan syarat dari surat paklaring, di bawah ini adalah contoh dari surat paklaring. 

software hris

Contoh 1

PT SINAR BULAN

Jl. Kemerdekaan No. 2 Papua

SURAT PAKLARING

No.: 97/HRD/VI/2029

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Omar Kocuk

Jabatan : Kepala HRD PT Sinar Bulan

Alamat : Jl. Kemerdekaan No. 2, Papua

Menyatakan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Ahmad Yanu Wishnoe

Alamat : Jl. Merpati No. 7, Maluku

Adalah benar merupakan karyawan di PT Sinar Bulan terhitung sejak 20 Juni 2022 hingga 20 Juni 2029 dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Marketing.

Saudara Ahmad Yanu Wishnoe telah bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi kepada perusahaan serta tidak pernah terlibat hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk bagi perusahaan selama menjadi karyawan PT Sinar Bulan.

Melalui surat ini, kami sampaikan bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi. Kami ucapkan terima kasih atas segala kinerja yang telah dilakukan selama ini. Semoga yang bersangkutan menjadi lebih sukses di masa depan.

Demikian surat ini dibuat agar digunakan sebagaimana perlunya.

 

Papua, 21 Juni 2029

TTD Omar Kocuk

Kepala HRD 

 

Contoh 2

SEGAR ANGIN PEGUNUNGAN

Ruko Menang Permai Blok ZVS No. 90

Jl. Raya  Wangi Sekali Km. 9,8 Makassar 232323

Telp. 13452311 Fax. 2355246 Mobile.753423

SURAT PAKLARING

No. : 45/HRD/X/2022

 

Dengan ini menyampaikan bahwa :

Nama

:

Andi Setya Pertama

NIK

:

544344

Alamat

:

Jl. Pekapuran No. 444 Makassar

Telah bekerja pada PT. SEGAR ANGIN PEGUNUNGAN, pada :

Jabatan

:

Staff Operasional

Departemen

:

Operasional

Masa Kerja

:

30 Maret 2019 – 30 Maret 2020

Alasan Pemutusan

:

Selesai Masa Kontrak

adalah benar merupakan karyawan PT. SEGAR ANGIN PEGUNUNGAN.  Selama menjadi karyawan, Saudara Andi  sangat bertanggung jawab dan sangat baik dalam melakukan pekerjaannya. 

Yang bersangkutan adalah aset berharga bagi perusahaan manapun karena hasil kerja yang baik dan memuaskan serta tidak pernah melakukan hal – hal negatif yang merugikan perusahaan. 

Kami ucapkan terima kasih atas semua usaha yang telah diberikan pada PT. SEGAR ANGIN PEGUNUNGAN. Semoga sukses dan lebih berhasil dimasa  depan.

Demikian surat  ini kami buat agar dapat digunakan semestinya.

 

Bandung, 8 April 2022

Direktur Utama PT. SEGAR ANGIN PEGUNUNGAN,

 

Toni Wahyudi Jaya

 

Contoh 3

 

MATAHATI SINAR SEKALI 

Jl. Sejahtera Maju No. 99 Solo

Telp. 08123123123

SURAT KETERANGAN KERJA

No. : I/IIII/IIII/MEI/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini menyampaikan bahwa sesungguhnya :

Nama

:

Sukir Pranoto

Jabatan

:

Kepala Cabang

Telah bekerja di PT. MATAHATI SINAR SEKALI  sejak tanggal 29 Maret 2019 sampai dengan 30 Mai 2022 sebagai Kepala Cabang di perusahaan MATAHATI SINAR SEKALI  yang beralamat di Jl. Sejahtera Maju No. 99 Solo

 

Demikian Surat ini kami sampaikan mohon untuk dipergunakan seperlunya.

 

Solo, 8 April 2022,

Direktur Jl. Sejahtera Maju No. 99 Solo

 

Sekian penjelasan dari surat paklaring. Meski terkesan seperti surat biasa, keberadaan surat ini sangat penting untuk melamar pekerjaan baru. Kredibilitas Anda sebagai karyawan pun dapat dipercaya dengan adanya surat paklaring. Semoga penjelasan di atas dapat membantu!