surat paklaring

5 Contoh Surat Paklaring Beserta Pengertian, Fungsi, Syaratnya

Ketika karyawan memutuskan untuk resign, karyawan akan mendapatkan dokumen khusus yaitu paklaring. Dokumen ini akan memudahkan karyawan untuk melamar kerja ke perusahaan lain. Nah, apa itu paklaring dan mengapa dokumen ini penting?

 

Berikut ini penjelasannya

 

Apa itu Paklaring?

Surat paklaring adalah sebuah dokumen yang memuat pengalaman seseorang pernah bekerja dalam suatu perusahaan di posisi jabatan tertentu.

Dalam surat tersebut juga tercantum jenjang karir serta waktu awal dan akhir masa kerja. Surat ini diterbitkan oleh perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Akan tetapi, paklaring juga dapat dikeluarkan oleh lembaga lain di luar perusahaan. 

Ketika membuka posisi jabatan di bidang ahli, biasanya perusahaan akan mewajibkan pelamar menyertakan paklaring. Hal ini bertujuan sebagai bukti pelamar pernah bekerja di bidang yang serupa. 

Bahkan, melalui paklaring perusahaan dapat mengetahui kompetensi pelamar yang hendak direkrut menjadi calon karyawan. Dengan begitu, perusahaan dapat memperoleh pekerja yang berkualitas.

 

Baca Juga: Ingin Mengajukan Cuti? Inilah Contoh Surat Cuti yang Benar!

 

Manfaat dari Surat Paklaring

Selain untuk melamar pekerjaan, surat ini juga mendatangkan manfaat lain. Berikut manfaat-manfaat tersebut.

 

1. Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat paklaring pertama, yakni untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Karyawan perlu bergabung dengan layanan BPJS agar bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua.

Dengan memiliki dokumen ini, karyawan bersangkutan dapat memperoleh seluruh layanan akan jaminan BPJS. Namun, perlu diingat jika Anda harus menyertakan paklaring yang telah dilegalisir oleh perusahaan agar dapat diterima oleh pihak BPJS.

 

2. Mengajukan Program Beasiswa

Surat paklaring juga dapat digunakan untuk mengajukan program beasiswa dari jalur profesional. Ada banyak pihak yang menyediakan jalur beasiswa ini, baik yang berasal dari pemerintah maupun swasta.

Nantinya, Anda akan berkesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi, mulai dari jenjang S2, sampai S3. Selain paklaring, penyedia beasiswa umumnya akan mewajibkan Anda untuk melampirkan dokumen pendukung lainnya.

 

3. Dokumen Pendukung Lamaran Kerja 

Ketika Anda memutuskan resign dari perusahaan lama dan bekerja ke perusahaan baru, Anda akan dimintai beberapa dokumen pendukung.

Salah satunya adalah surat paklaring. Dengan surat ini, perusahaan baru akan memastikan bahwa Anda memiliki riwayat bekerja yang baik di perusahaan sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan baru tidak akan ragu untuk merekrut Anda untuk menjadi bagian dari dalam perusahaan. 

 

4. Mengajukan Pinjaman Pada Bank dan Kartu Kredit

Saat hendak mengajukan pinjaman pada bank, baik untuk kredit kendaraan bermotor, kredit kepemilikan rumah, maupun kredit tanpa agunan, Anda harus berstatus seorang karyawan.

Dengan begitu, bank dapat mengetahui bahwa Anda memiliki penghasilan untuk membayar biaya cicilan.

Untuk memberikan bukti yang kuat bahwa sedang bekerja, Anda dapat menyertakan dokumen paklaring saat ingin meminjam uang pada bank. Dalam membuat kartu kredit pun membutuhkan paklaring dengan tujuan serupa.

 

software hris

Kelola karyawan lebih efektif bersama Software HRIS LinovHR.

Software HRIS LinovHR dapat menjadi satu software untuk semua solusi masalah dalam pengelolaan karyawan didalam perusahaan.  didalam Software ini terdapat berbagai fitur yang memudahkan HR untuk mengatur karyawan.

Mulai dari fitur payroll yang berfungsi untuk mengatur gaji karyawan, modul performance untuk memudahkan evaluasi karyawan, modul rekrutmen untuk membantu proses hiring dan masih banyak lagi.

Lihat berbagai fitur terlengkap dari HRIS LinovHR disini.

 

Syarat untuk Memperoleh Paklaring

Sebelum mengajukan paklaring, umumnya karyawan harus memenuhi beberapa syarat tertentu untuk perusahaan. Adapun syarat-syarat tersebut sebagai berikut.

 

1. Minimal Sudah Bekerja Selama Satu Tahun

Agar dapat memperoleh surat paklaring, karyawan harus telah bekerja paling sedikit satu tahun di suatu jabatan perusahaan. Apabila masih di bawah jangka waktu tersebut, karyawan dinilai belum matang dalam bekerja.

Selain itu, jika seorang karyawan bekerja kurang dari satu tahun dan kerap berpindah-pindah dari satu perusahaan ke yang lainnya akan dianggap “kutu loncat”. Artinya, individu tersebut kurang loyal atas menjalankan suatu pekerjaan. 

 

2. Mengundurkan Diri dengan Cara Baik

Jika Anda hendak resign lakukanlah dengan cara yang baik. Coba sampaikan alasan Anda tanpa menjelek-jelekan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan menganggap Anda sosok yang profesional

Apabila Anda hengkang dengan cara yang negatif seperti tanpa one month notice atau melanggar kontrak, tentu perusahaan tentu enggan memberikan surat paklaring. Alhasil, Anda akan kesulitan untuk melamar kerja di perusahaan selanjutnya.

 

3. Menyelesaikan Seluruh Kewajiban Pekerjaan

Anda perlu memenuhi semua tugas dan kewajiban sebelum melakukan resign. Hal ini berguna agar divisi yang Anda tinggalkan tidak akan kewalahan karena kosongnya salah satu posisi.

Dengan begitu, Anda akan meninggalkan kesan yang baik walau memutuskan resign. Alhasil, perusahaan pun tanpa ragu akan memberikan surat paklaring pada Anda.  

 

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Kerah Putih, Kerah Merah, dan Kerah Biru

 

Komponen dalam Pembuatan Surat Paklaring

Anda sebagai HR mungkin butuh panduan mengenai cara membuat surat paklaring. Di bawah ini adalah beberapa komponen yang harus ada dalam surat ini.

 

  • Kop Surat: Sebagai penanda institusi yang menerbitkan paklaring kerja
  • Judul Surat: Keterangan judul surat adalah “Surat Paklaring”, “Surat Keterangan Kerja”, atau “Surat Pengalaman Kerja”.
  • Nomor surat: Nomor untuk mempermudah identifikasi dalam pengarsipan.
  • Isi Surat: Berisikan keterangan karyawan, durasi kerja, posisi, dsb.
  • Pengesahan: Berisikan tanda tangan dan juga cap sebagai tanda sah dari surat tersebut.

 

Perbedaan Surat Paklaring dengan Surat Keterangan Kerja dan Surat Rekomendasi Kerja

Ketiga surat di atas sering disangka sebagai surat yang sama. Padahal, peruntukannya sangatlah berbeda. Tabel di bawah ini akan menjelaskan perbedaan ketiganya.

 

Surat PaklaringSurat Keterangan kerjaSurat Rekomendasi
Surat yang menerangkan bahwa karyawan pernah bekerja di suatu perusahaanSurat yang menerangkan bahwa karyawan masih aktif bekerja di suatu perusahaanSurat yang menerangkan performa karyawan selama bekerja di suatu pekerjaan
Diberikan saat karyawan sudah tidak bekerja di suatu perusahaanDiberikan saat karyawan masih aktif bekerja di suatu perusahaanDiberikan saat karyawan hendak mengikuti di suatu perusahaan

 

Contoh Surat Paklaring

Setelah mengetahui arti, manfaat, dan syarat dari surat paklaring, di bawah ini adalah contoh dari surat paklaring kerja. 

 

1. Contoh Surat Paklaring Kerja

Contoh Surat Paklaring
Contoh Surat Paklaring Kerja

 

Download Contoh Surat Paklaring Kerja

 

2. Contoh Paklaring Kerja

Contoh Paklaring Kerja
Contoh Paklaring Kerja

 

Download Contoh Surat

 

3. Contoh Surat Paklaring Kerja

Contoh Surat Paklaring Kerja
Contoh Surat Paklaring Kerja

 

Link Download Surat

 

4. Contoh Paklaring PT

 

contoh paklaring pt
Sumber: scribd.com

 

5. Contoh Paklaring Perusahaan

 

surat paklaring perusahaan
Sumber: scribd.com

 

Sekian penjelasan dari surat paklaring. Meski terkesan seperti surat biasa, keberadaan surat ini sangat penting untuk melamar pekerjaan baru.

Kredibilitas Anda sebagai karyawan pun dapat dipercaya dengan adanya surat paklaring.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu! 

 

Mudah Buat Paklaring Otomatis dengan Software HRIS LinovHR

Paklaring adalah salah satu dokumen wajib yang dikeluarkan HR ketika karyawan resign atau ingin mencairkan dana BPJS mereka. Bagaimana tidak, dokumen ini menjadi salah satu syarat yang perlu karyawan lampirkan untuk membuktikan bahwa karyawan memang benar bekerja di perusahaan tersebut.

Sekarang, tugas HR dalam membuat surat paklaring ini semakin dimudahkan dengan Software HRIS LinovHR yang sudah menyediakan berbagai template surat otomatis termasuk template paklaring.

 

LinovHR
Dengan template ini HR bisa menyingkat waktu mereka dalam pembuatan surat karena tidak perlu membuatnya dari nol. HR hanya perlu memasukan nama karyawan dan otomatis surat akan selesai.

Setelah surat paklaring selesai dibuat, karyawan pun bisa langsung mengakses dokumen surat tersebut melalui ESS mereka.

Urusan persuratan dan dokumen karyawan pun bisa selesai lebih cepat, selanjutnya HR bisa mengerjakan tugas-tugas yang lebih strategis.

Ayo percayakan pengelolaan human resource Anda bersama Software HRIS LinovHR sekarang. Ajukan demo gratisnya!