Benarkah Cuti Bersama Memotong Cuti Tahunan?

Menyiapkan liburan dengan mengambil jatah cuti sudah lazim dilakukan oleh karyawan yang bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta. Terutama, bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu setelah hari besar keagamaan (Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru) lebih banyak bersama keluarga, biasanya mereka mengambil jatah cuti bersama.

 

Apa itu cuti bersama?

Menurut wikipedia, cuti bersama adalah hari libur umum yang berlaku di Indonesia dan pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi pegawai pemerintah (aparatur sipil negara) agar sektor pariwisata dalam negeri lebih meningkat. 

Ternyata, pada perkembangan selanjutnya, cuti bersama juga diikuti oleh perusahaan swasta dengan beberapa penyesuaian cuti tahunan yang tetap sejalan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah Indonesia. Biasanya, cuti bersama yang berdekatan dengan hari libur keagamaan, akan dilaksanakan sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan operasional dari perusahaan masing-masing.

 

Baca Juga : Cara Membuat Form Cuti Karyawan

 

Pertanyaannya adalah, “apakah cuti bersama memotong cuti tahunan?”

 

Kebijakan Cuti Bersama dalam Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2010 

 

Pada surat edaran tersebut yang bernomor SE.302/MEN/SJ-HK/XII/2010 menyebutkan bahwa:

  1. Cuti bersama adalah bagian dari cuti tahunan yang dilakukan secara bersamaan
  2. Pelaksanaan cuti bersama bersifat pilihan berkaitan dengan cuti tahunan pekerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang Penetapan Peraturan istirahat Buruh Nomor 21 Tahun 1954
  3. Pekerja yang bekerja pada hari cuti bersama sesuai dengan SKB, maka hak cuti tahunannya tidak akan berkurang dan diberikan upah seperti hari kerja biasa
  4. Pekerja yang mengambil cuti pada hari cuti bersama sesuai dengan SKB, maka hak atas cuti yang telah diambil akan mengurangi cuti tahunan pekerja yang bersangkutan
  5. Cuti bersama bersifat fakultatif atau pilihan yang pelaksanaannya diatur berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan pekerja atau serikat pekerja sesuai dengan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan.

 

Dengan demikian, menurut Surat Edaran Nomor SE.302/MEN/SJ-HK/XII/2010 tersebut, sudah sangat jelas bahwa bagi pegawai swasta, jatah cuti yang diambil pada hari cuti bersama yang ditentukan oleh pemerintah secara otomatis akan memotong jatah cuti tahunan karyawan.

 

Baca Juga : Aturan Cuti Karyawan Kontrak di Indonesia

 

Kelola Cuti Karyawan Dengan Software HRD LinovHR

Saatnya Anda beralih ke  Software HRD LinovHR. Software ini adalah sebuah aplikasi berbasis cloud yang mampu menyimpan sekaligus mengelola data karyawan di perusahaan Anda. Melalui modul time management yang ada di Software HRD LinovHR akan memudahkan pengelolaan data absensi seluruh karyawan di perusahaan Anda mulai dari absensi, cuti, izin, lembur, sampai dengan jadwal kerja secara dinamis dan akurat.

 

Menu Leaves di Dalam Modul Time Management

 

cuti

 

Didalam Modul Time Management terdapat menu Leaves yang memudahkan pengaturan konfigurasi cuti karyawan. Pada menu ini, Anda dapat menentukan, berapa kuota cuti untuk masing-masing karyawan, berapa lama periode kuota cuti, dan siapa saja karyawan yang sudah berhak mendapatkan cuti.

Masih banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Software HRD LinovHR untuk mengelola cuti karyawan. Ujicoba gratis LinovHR melalui tautan berikut https://www.linovhr.com/#/request-free-trial atau Hubungi lewat no berikut +62 21 2854 2835