EVP

Menarik Kandidat Unggul Menggunakan Employee Value Proposition (EVP)

Agar perusahaan dapat menarik kandidat unggul, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan EVP atau Employee Value Proposition.

Banyak orang yang mungkin masih asing dengan istilah EVP dan mengapa hal tersebut bisa dapat menarik calon karyawan terbaik. Agar Anda bisa mengetahui lebih jelas, langsung saja simak penjelasan artikel di bawah ini!

 

Daftar Isi

 

Employee Value Proposition atau EVP adalah sebuah nilai atau poin plus yang ditawarkan kepada perusahaan kepada karyawan dan calon karyawan. Poin yang ditunjukkan ini akan menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

Menurut Minchington (2005), EVP merupakan sekumpulan asosiasi dan penawaran yang disediakan oleh organisasi atau perusahaan sebagai bentuk imbalan atas keterampilan, kemampuan, serta pengalaman yang diberikan karyawan kepada perusahaan.

 

Faktor yang Mempengaruhi EVP

Terdapat beberapa aspek yang meliputi Employee Value Proposition, antara lain adalah:

 

Tugas dan Pekerjaan

Merupakan pemberian beban tugas yang diberikan kepada karyawan, tetapi akan selaras dengan jenjang karir mereka. Jadi semakin tinggi karir karyawan, akan semakin banyak tugas dan tanggung jawabnya. 

 

Penghargaan 

Apakah perusahaan telah memberikan penghargaan sesuai dengan harapan karyawan atau belum? Penghargaan ini akan membuat karyawan merasa lebih betah dan dihargai keberadaannya oleh perusahaan. 

 

Lingkungan Kerja

Apakah perusahaan telah memberikan lingkungan kerja serta fasilitas sesuai dengan harapan karyawan? Selain memberikan penghargaan bagi karyawan yang pantas, membangun lingkungan kerja yang sehat juga tidak kalah penting. 

 

Hubungan Kerja

Hubungan kerja yang terjalin antar karyawan mampu untuk mendorong pertumbuhan perusahaan dan juga kesuksesan karyawan. Oleh karenanya HRD harus aktif untuk membangun berbagai kegiatan yang akan meningkatkan kualitas relasi sesama karyawan. 

 

Kesempatan Berkarir

Tidak ada karyawan yang tidak mendambakan karir gemilang. Perusahaan sebaiknya membuka kesempatan berkarir seluas-luasnya kepada karyawan.

 

Baca Juga: 12 Cara Mendapatkan Kesuksesan Karir

 

Manfaat Jika Perusahaan Memiliki EVP

Dengan memiliki EVP, terdapat beberapa manfaat yang akan berdampak baik kepada perkembangan perusahaan. Diantaranya adalah:

  1. Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang karyawan
  2. Perusahaan lebih memiliki nilai yang lebih di mata calon karyawan
  3. EVP yang terus ditingkatkan akan memberikan daya tarik kepada calon kandidat
  4. Perusahaan akan memiliki ciri khas yang tidak didapatkan oleh kompetitor lain
  5. Employee Value Proposition akan menurunkan turnover atau perputaran karyawan di dalam perusahaan.
  6. Memberikan kepuasan dan kebahagiaan karyawan.
  7. Meningkatkan kualitas keuangan perusahaan.
  8. Karyawan akan secara sukarela mempromosikan perusahaan dengan menjadikan dirinya sebagai Brand Ambassador.

 

Sebuah EVP harus dibagun dengan kuat agar bisa selaras dengan strategi SDM perusahaan dan membuat karyawan lebih terfokus pada tanggung jawabnya.

 

Keterkaitan HR dengan Employee Value Proposition (EVP)

performance review

 

Divisi HRD dalam perusahaan menjadi peran yang sangat penting untuk menumbuhkan Employee Value Proposition dalam mempromosikan perusahaan. Maka dari itu, keterkaitan divisi HR dengan EVP ini sangatlah kuat.

HR harus mengetahui tujuan serta kebutuhan perusahaan untuk menarik kandidat unggulan. Setelah mengetahui tujuan dan kebutuhan tersebut, barulah HR bisa menentukan strategi yang tepat untuk melakukan promosi perusahaan. 

Untuk memperkuat EVP, divisi HR bisa lebih memfokuskan kepada sedikit top talent yang akan memberikan kontribusi besar dalam kemajuan bisnis. Hal ini akan menjadi langkah yang tepat untuk menyebar dan mempromosikan value perusahaan Anda.

Dalam hal ini, employee value proposition sangat berpengaruh dengan pengelolaan   karyawan. HRD dapat mengandalkan Software HRD LinovHR yang dapat memudahkan manajemen SDM, mulai dari perencanaan rekrutmen hingga tahapan seleksi serta sistem pengelolaan top talent. Sehingga HRD dapat fokus untuk menganalisis strategi daripada harus direpotkan dengan tugas administrasi. 

Dengan membangun EVP sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, calon karyawan akan tertarik untuk melamar karena beranggapan bahwa perusahaan memiliki nilai yang berbeda dari perusahaan lain.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud VUCA dalam Dunia Bisnis? 

 

Contoh Perusahaan dengan Employee Value Proposition Paling Menjual

EVP merupakan hal yang penting ditingkatkan dalam sebuah perusahaan. Berikut ini terdapat contoh perusahaan multinasional dan internasional yang memiliki EVP paling menjual.

 

1. Nike

Nike merupakan perusahaan besar yang memproduksi kebutuhan olahraga. Visi dan misi dari perusahaan Nike sendiri adalah membuat lingkungan yang aspiratif dan menginspiratif bagi para karyawannya serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh atlet dunia.

Para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut diangkat menjadi tim sukses atlet-atlet hebat di seluruh dunia serta yang terbentuk dalam satu tujuan yang sama.

EVP yang dibangun oleh Nike tersebut menjadi sebuah nilai jual yang tidak dimiliki oleh perusahaan kompetitor lain. Dengan visi dan misi yang unik tersebut, Nike dapat menarik ribuan calon kandidat yang ingin melamar kerja di berbagai divisi. Pada tahun 2018, Nike mendapatkan penghargaan Glassdoor sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja.

 

2. Google 

Google menjadi salah satu perusahaan terbesar yang setiap harinya akan selalu dikunjungi oleh ribuan pengguna di seluruh dunia. 

Employee Value Proposition yang diterapkan oleh Google adalah : “There’s No Kind Of Googler”.

Selain memiliki banyak pengguna, Google menjadi salah satu kantor dengan work experience terbaik dan menarik minat banyak pelamar. Salah satu cara Google dalam mencari calon karyawan adalah mencari orang-orang yang menginspirasi dan bisa memberikan perspektif dan pengalam baru yang tidak terlupakan.

Dari visi dan misinya tersebut, Google menjadi perusahaan dengan EVP yang paling menjual di dunia.

 

L’Oreal

L’Oreal merupakan salah satu perusahan kosmetik terbesar yang memiliki visi dan misi untuk membantu orang-orang dalam mengekspresikan kecantikannya.

Employee Value Proposition yang diterapkan L’Oreal adalah : “Lead The Future of Beauty”.

Saat menarik calon kandidat, L’Oreal memastikan bahwa mereka yang terpilih memiliki tujuan serta visi dan misi yang sama. Selain itu, perusahaan kecantikan ini juga menjanjikan lingkungan kerja yang kolaboratif dan edukatif agar setiap karyawan bisa terinspirasi.

 

Canva 

Tahukah Anda dengan Canva?

Canva merupakan salah satu perusahaan asal Australia yang bergerak pada alat desain grafis yang sederhana. Perusahaan Canva ini menawarkan banyak sekali manfaat kepada karyawannya, seperti makan pagi dan siang yang akan disiapkan oleh koki hotel ternama, free keanggotaan gym, dan mendapatkan anggaran relokasi.

Canva menekankan dengan membuat lebih dari 34 juta desain setiap bulannya, akan menjadikan para karyawannya untuk memiliki banyak peluang untuk mengerjakan proyek kerja yang unik dan menarik.

 

Chevron 

Chevron merupakan perusahaan energi multinasional yang aktif di lebih dari 180 negara. Di halaman karir Chevron, mereka menyatakan: “Di Chevron, Anda akan bekerja sama dengan beberapa orang yang terbaik dan tercerdas dari seluruh dunia untuk menciptakan solusi energi yang inovatif.” 

Chevron juga menjanjikan akan memberikan pengalaman kerja secara global dan kolaboratif bagi calon karyawan dan karyawan saat ini.

Komitmen jangka panjang yang dimiliki perusahaan Chevron adalah dengan menciptakan budaya di mana setiap karyawan akan dilibatkan untuk menjadi yang terbaik. Saat semua orang masuk, semua orang akan menang.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Employee Value Proposition atau EVP adalah nilai yang diberikan perusahaan kepada karyawan sebagai imbalan terhadap komitmen serta keterampilan yang mereka berikan kepada perusahaan. 

Dengan memiliki employee value proposition yang baik, perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan kandidat dengan skill tinggi dan pada akhirnya akan bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan bisnis. 

 

Semoga artikel ini dapat membantu dalam menarik kandidat unggul untuk perusahaan Anda!