Contoh Value Proposition Canvas

Kembangkan Bisnis Menggunakan Value Proposition Canvas!

Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat pebisnis harus memutar otak untuk membuat produk dan layanan yang unik dan berbeda namun sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Value proposition canvas merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Kali ini akan mengupas tuntas bagaimana penggunaan value proposition canvas untuk diaplikasikan sebagai alat bantu bisnis Anda. Mari kita pelajari bersama!

 

Apa Itu Value Proposition Canvas?

Value Proposition Canvas adalah alat yang dapat membantu memastikan bahwa suatu produk atau layanan diposisikan di sekitar nilai dan kebutuhan pelanggan.

Value Proposition Canvas awalnya dikembangkan oleh Dr. Alexander Osterwalder sebagai kerangka kerja untuk memastikan bahwa ada kesesuaian antara produk dan pasar.

Hal ini sebagai tampilan yang lebih detail pada hubungan antara pelanggan dan bisnisnya. Hal ini sering digunakan ketika ada kebutuhan untuk menyempurnakan penawaran produk atau layanan yang ada atau saat penawaran baru sedang dikembangkan dari awal.

 

Komponen Value Proposition Canvas

Value Proposition Canvas membentuk dua blok sebagai customer profile dan value map. Untuk penjelasan lebih jelasnya, simak dibawah ini.

 

Customer Profile

  • Gains : manfaat yang diharapkan dan dibutuhkan pelanggan, apa yang akan menyenangkan pelanggan dan hal-hal yang dapat meningkatkan kemungkinan mengadopsi proposisi nilai.
  • Pains : pengalaman negatif, emosi dan risiko yang dialami pelanggan.
  • Customer jobs : tugas fungsional, sosial dan emosional yang coba dilakukan pelanggan, serta masalah dan kebutuhan yang ingin mereka penuhi.

 

Profil pelanggan harus dibuat untuk setiap segmen pelanggan, karena setiap segmen memiliki keuntungan, kesulitan, dan pekerjaan yang berbeda.

 

Value Map

  • Gain creators : bagaimana produk atau layanan menciptakan keuntungan pelanggan dan bagaimana menawarkan nilai tambah kepada pelanggan.
  • Pain relievers : bagaimana produk atau layanan sebagai mood booster atau solusi bagi masalah konsumen
  • Products and services :produk dan layanan yang menghasilkan keuntungan dan dan mendukung value added bagi pelanggan

 

Baca Juga: Menjual Barang Lebih Murah di Luar Negeri dengan Politik Dumping

 

Manfaat Menggunakan Value Proposition Canvas

Menggunakan alat bantu pastinya karena ingin merasakan manfaat jika tidak menggunakan alat bantu. Apa saja manfaatnya?

 

Fokus Pada Perencanaan

Dengan membuat value proposition canvas, diharapkan pebisnis dapat dengan mudah untuk fokus dalam perencanaan bisnis kedepannya.

Membuat peta struktural yang melihat bagaimana bisnis dan pelanggan akan berhadapan, menjadikan sebagai acuan untuk terus membuat rencana kedepan.

 

Meningkatkan Jangkauan Pemasaran

Meluncurkan produk baru melibatkan banyak upaya dalam pemasaran dan branding. Hal ini melibatkan testimoni pelanggan bagaimana kesan dalam produk dan sebagai pemenuh kebutuhan.

Dengan menggunakan teknik ini, dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mengembangkan rencana kedepannya. Dipastikan promosi dan iklan akan menarik perhatian pelanggan dengan mudah.

 

Melibatkan Pelanggan Loyal

Orientasi pelanggan adalah kunci untuk melibatkan pelanggan dengan merek dan produk Anda. Melalui pendekatan ini kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam pengembangan produk.

Manfaat value proposition canvas adalah fokus pada elemen yang paling dihargai pelanggan. Dengan demikian, membangun keterlibatan pelanggan yang kuat.

 

Praktis dan Mudah

Value proposition canvas memberikan gambaran sederhana tentang fungsionalitas bisnis. Metode ini juga membantu menganalisis strategi dan kinerja produk menjadi komprehensif namun dengan tampilan yang sederhana.

 

Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Sistem Ekonomi Kerakyatan

 

Cara Mengisi Value Proposition Canvas

Terdapat tata panduan cara membuat value proposition canvas dengan baik dan benar agar menjadi alat bantu yang efektif dan efisien.

 

  1. Tentukan segmen pelanggan
  2. Identifikasi produk atau layanan Anda dan prioritaskan sesuai dengan seberapa penting produk atau layanan itu bagi pelanggan Anda
  3. Selanjutnya, Anda juga harus memahami produk atau layanan sebagai pain reliever atau solusi bagi masalah konsumen
  4. Lalu, tetapkan keuntungan dari produk dan layanan
  5. Pilih 3-5 teratas pain reliever dan keuntungan yang paling penting yang berhubungan dengan pelanggan 
  6. Buat daftar semua manfaat produk atau layanan Anda.
  7. Membuat list gains dan pains
  8. Pilih 3-5 gains dan pains yang membuat perbedaan terbesar bagi pelanggan Anda.
  9. Tautkan seluruh komponen sesuai dengan tempatnya
  10. Tentukan bagaimana Anda lebih baik dari pesaing
  11. Ciptakan berbagai proposisi nilai yang jelas dan bebas jargon dan yang membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda

 

Contoh Template Value Proposition Canvas

Daripada Anda salah atau penasaran seperti apa template ini sebenarnya, ini dia terlampir contoh value proposition canvas yang dapat Anda gunakan dan isi sesuai dengan panduan di atas.

 

Contoh Value Proposition Canvas
Contoh 

 

Value proposition canvas dapat menunjang dan memastikan jika produk atau jasa berhasil diposisikan sesuai target perusahaan.

Dengan begitu, bisnis pun juga ikut lancar karena berhasil mengambil simpati dari masyarakat luas.  Semoga membantu!