karakteristik wirausaha

7 Karakteristik Wirausaha Menuju Kesuksesan

Menjadi seorang wirausaha yang sukses tidaklah mudah. Anda harus memiliki modal yang cukup dan semangat yang kuat. Anda juga wajib memiliki karakter yang membantu Anda menuju keberhasilan. Apa saja karakteristik wirausaha yang perlu dimiliki untuk meraih kesuksesan?

Mari simak karakteristik wirausaha menuju sukses di bawah ini! 

 

Pengertian Karakteristik Wirausaha

Mari pertama-tama mendapatkan pengertian mengenai apa itu wirausaha. Seperti yang dikutip dari beberapa pakar, mereka menjelaskan konsep karakteristik wirausaha sebagai berikut:

 

  • Richard Cantillon (1775) mengemukakan bahwa kewirausahaan adalah bekerja sendiri. Terutama ketika seseorang membeli barang saat ini untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang belum ditentukan. 
  • Joseph Schumpeter (1934) mengatakan bahwa wirausahawan adalah seseorang berjiwa inovasi yang menerapkan kombinasi baru ke dalam pasar. 
  • Sedangkan Peter F. Drucker menjelaskan kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan untuk mencipta sesuatu hal yang berbeda dan baru. 

Selain pengertian mengenai wirausaha di atas, ada beberapa ciri karakteristik kewirausahaan yang menjadi pembeda, di antaranya:

  1. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi
  2. Memiliki orientasi kepada tugas dan hasil
  3. Berani mengambil risiko
  4. Mampu menjadi pemimpin
  5. Orisinil
  6. Memandang ke masa depan

 

performance review

Tujuan Melakukan Wirausaha

Wirausaha adalah sesuatu yang dilakukan secara mandiri dengan semangat inovasi dan mengkombinasikan hal-hal yang berbeda maupun hal baru. Tetapi apakah ada tujuannya? Di bawah ini adalah beberapa tujuan wirausaha:

  1. Meningkatkan pelaku wirausaha baik secara kualitas maupun kuantitas
  2. Menyebarkan sebuah spirit kemandirian usaha kepada masyarakat
  3. Mengenalkan dunia wirausaha lebih jauh kepada masyarakat
  4. Memberikan peluang kerja baru ke tengah masyarakat
  5. Kegiatan wirausaha dapat menekan angka pengangguran
  6. Dampak tidak langsung dari wirausaha adalah angka kemiskinan akan berkurang
  7. Penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak ke berbagai sektor
  8. Meningkatkan daya kreativitas para pengusaha

 

Baca Juga: Jenis dan Karakteristik Lingkungan Industri Kreatif

 

Karakteristik Wirausaha Menuju Sukses

Bila kita membahas wirausaha, tentu Anda ingin tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Salah satu faktor terpenting adalah karakter yang Anda miliki. Berikut adalah karakteristik wirausaha yang harus dimiliki apabila Anda ingin menggeluti dunia bisnis dan sukses di dalamnya. 

 

1. Jujur

Karakteristik wirausaha yang paling pertama adalah kejujuran. Dalam semua aspek, kejujuran adalah hal penting di dunia ini. Dalam dunia bisnis pun sangat penting bagi Anda untuk bersikap jujur. Dari kejujuran sikap akan timbul rasa percaya. Bila Anda sudah dipercaya maka niscaya perjalanan Anda di dunia wirausaha akan jauh lebih mudah. 

 

2. Memiliki Tujuan Jangka Panjang

Seseorang dengan karakter wirausaha ditandai salah satunya dengan memiliki tujuan wirausaha jangka panjang. Suka tidak suka, proses menjadi wirausahawan yang sukses tidak ditempuh dalam satu hari. Anda pasti mengalami naik dan turun baik dari sisi emosi, modal, menghadapi tantangan, dan lain sebagainya. 

Salah satu yang bisa tetap menjaga Anda untuk meraih kesuksesan adalah tujuan yang Anda miliki. Semakin kuat dan jelas tujuan yang ingin Anda raih di masa depan, maka akan jauh lebih kuat pijakan kaki Anda saat berproses menuju kesuksesan. Jadi, apa kira-kira tujuan jangka panjang yang Anda miliki? Dapatkah Anda bayangkan bagaimana dan berada di manakah bisnis Anda 5, 10, atau bahkan 20 tahun ke depan? 

 

3. Bersedia untuk Bekerja Keras

Walaupun Anda sudah sering mendengar kerja cerdas, tetapi jangan pernah lupakan sebuah resep ampuh dalam menjalankan bisnis yaitu kerja keras. Anda bisa mengkombinasikan antara kerja keras dan kerja cerdas. 

Bayangkan seorang yang ingin mendapatkan air. Bila Anda hanya bekerja keras, mungkin Anda rela menjadi pengangkut air dengan cara berjalan bolak-balik antara sumur menuju rumah. Apabila Anda kombinasikan kerja keras Anda dengan kerja cerdas, maka Anda akan berpikir keras bagaimana caranya menyalurkan air menggunakan pipa menuju rumah Anda. 

Di sini Anda bisa lihat perbedaannya bukan? Seorang wirausaha bersedia untuk bekerja keras dengan cara yang cerdas. 

 

Baca Juga: 10 Kompetensi Pemimpin Wajib dalam Perusahaan

 

4. Walk The Talk

Apa yang dipegang oleh orang lain dari Anda? Hal yang pertama kali mereka jadikan pegangan komitmen Anda adalah ucapan yang keluar dari mulut Anda. 

Apabila Anda mampu menjalankan apa yang Anda katakan, maka orang lain akan menaruh kepercayaan dan yakin Anda bisa berpegang teguh kepada komitmen yang telah Anda buat sendiri. Hal ini hampir sama dengan karakter kejujuran yang telah dibahas di atas. 

Hanya saja dalam walk the talk, orang lain akan melihat sejauh mana Anda mampu bertingkah laku sesuai dengan apa yang mereka dengar dari Anda. Konsistensi antara apa yang Anda katakan akan Anda lakukan merupakan salah satu karakter penting dari seorang wirausaha sukses. 

 

5. Mampu Bekerja Sama dengan Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial, begitu juga dalam dunia wirausaha. Agar Anda menjadi seorang wirausaha sukses, maka Anda harus mampu bekerjasama dengan orang lain. Pihak yang akan sering berhubungan dengan Anda adalah distributor dan pembeli.   Rasanya hampir tidak Anda melakukan segala sesuatunya seorang diri dalam sebuah bisnis. 

 

6. Kreativitas Tinggi

Wirausaha adalah ruang di mana orang dengan daya kreativitas tinggi dapat menuangkan segala idenya. Semakin kreatif Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk sukses. 

Coba lihat contoh penjualan air mineral. Hanya dengan ditambahkan kalimat, “Kayak ada manis-manisnya,” saja semua orang sudah tahu perbedaan antara brand tersebut dengan brand lain yang sudah bercokol selama ini di puncak teratas industri air minum kemasan. Tuangkan daya imajinasi kreatif Anda untuk mendorong wirausaha milik Anda menjadi sukses dan berbeda dari yang lain. 

 

7. Memiliki Kedisiplinan

Disiplin adalah sesuatu yang menjadi resep universal kesuksesan di hampir semua bidang. Bedanya adalah, dalam dunia wirausaha, Anda seringkali harus mendisiplinkan diri sendiri. 

Sebab dengan menjadi wirausaha, Anda harus mampu memimpin diri Anda sendiri. Anda yang harus mampu mendisiplinkan diri Anda sendiri. Mulai dari hal kecil seperti kapan Anda bangun tidur, jadwal kerja harian, kapan Anda harus beristirahat, kapan Anda harus bertemu klien, dan lain sebagainya. 

Sekarang coba lihat ke dalam cermin kemudian tanyakan ini; Siapkah Anda menjadi seseorang yang disiplin demi meraih kesuksesan? 

 

Menjadi seorang pelaku wirausaha yang sukses menjadi impian banyak orang. Tetapi tidak semua orang mampu menguasai karakteristik tersebut.  Dari 7 karakter wirausaha yang ada di dalam ulasan ini, manakah yang sudah Anda miliki? Semakin kuat karakteristik wirausaha Anda, semakin besar kemungkinan Anda menuju sukses.