Key Performance Indicator

Pelayanan pelanggan yang ekselen, antusiasme dan kepuasan karyawan, dan organisasi yang baik merupakan karakteristik perusahaan yang diinginkan. Mereka juga adalah Key Performance Indicators (KPIs), yang digunakan untuk mengukur, memonitor, dan mengelola kinerja. Mereka memungkinkan karyawan dan manajer melihat apa yang dibutuhkan untuk memperbaiki perusahaan.

 

Baca artikel lainnya tentang ‘Kinerja Karyawan

 

KPI melambangkan sekumpulan alat ukur yang berfokus pada kinerja perusahaan yang paling menentukan untuk keberadaan dan masa depannya. Memonitor, mengatur, dan menganalisa KPI membutuhkan waktu dan energi, jadi perlu dipilih kriteria yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karakteristik utama yang diperlukan untuk membuat KPI yang relevan adalah: (1) kebutuhan untuk diukur secara rutin (setiap hari atau setiap saat jika memungkinkan) dan (2) harus ada pemahaman mengenai apa yang harus dilakukan sebagai solusi dari hasil KPI tersebut.

Sebuah KPI akan memberitahukan tindakan yang perlu dilakukan, seperti indikator bahan bakar di mobil yang menunjukkan kapan harus mengisi ulang. Jika KPI ditentukan dengan benar, ini akan memiliki efek yang menguntungkan. Karyawan yang terlibat bisa memonitor dan menyelesaikan permasalahan sesuai dengan parameter KPI tersebut.

KPI juga bisa menjadi tolok ukur sebuah perusahaan. Seseorang bisa melihat kualitas bisnis mereka saat ini. Dengan menggunakan KPI, mereka bisa memvisualisasikan atau membayangkan bisnis seperti apa yang mereka inginkan, membantu perusahaan mencapai sukses melalui proses pengaturan, monitoring, dan analisa.

Dashboard kinerja biasanya digunakan untuk memfasilitasi monitoring KPI. Dashboard ini akan mengecek tingkat kenaikan (atau penurunan) KPI. Jika KPI tidak membaik, dashboard ini akan memberitahu karyawan secara visual tentang perubahan yang harus dilakukan. Karyawan bisa segera bisa melakukan analisa dan memperbaikinya dengan cepat.

Dashboard kinerja ini membantu memberikan informasi yang tepat kepada orang yang tepat pada saat yang tepat untuk mengoptimalkan keputusan, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat hasil. Dengan data yang ada terkumpul dalam satu lokasi, menjadi mudah untuk melihat KPI mencapai tujuannya (atau tidak).

Perusahaan harus memiliki KPI yang bagus, karena perusahaan yang dalam masalah bisa menyelesaikan problem mereka dan perusahaan yang sukses bisa secara proaktif merencanakan dan melanjutkan keberhasilan mereka.

Manfaat KPI bagi perusahaan adalah membuat HRD lebih mudah untuk membuat pengukuran dan evaluasi kinerja karyawan dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan. Contoh beberapa KPI untuk HRD:

 

  • Biaya aktual vs budget dalam perekrutan

  • Tingkat keluar masuk karyawan

  • Rata-rata lama waktu bekerja karyawan (total atau per departemen)

  • Rata-rata jumlah jam training per karyawan

  • Rata-rata biaya training per karyawan

  • Rata-rata kinerja karyawan yang keluar

  • Rata-rata gaji

  • Biaya kompensasi dihitung sebagai persentase pendapatan perusahaan

  • Rasio karyawan perempuan dan laki-laki

  • Jumlah karyawan paruh waktu dibandingkan karyawan penuh

 

KPI juga membuat karyawan menjadi lebih paham ekpektasi manajemen atau perusahaan. Karyawan bisa mengelola kinerja pribadi lebih baik dengan mengetahui KPI atau acuan yang diberikan.

KPI juga bisa menjadi parameter berharga bagi perusahaan untuk membuat sistem reward (penghargaan) dan discipline (hukuman) yang lebih obyektif. Subyektivitas atasan bisa dikurangi dan karyawan merasakan adanya atmosfir pertumbuhan yang memacu kinerja secara lebih alami.

Untuk departemen sales dan marketing, beberapa KPI yang lazim digunakan adalah:

 

  • Rasio penutupan berbanding presentasi

  • Rasio siklus penjualan

  • Variasi sumber pendapatan

  • Persentase konten yang digunakan oleh sales

  • Pendapatan perusahaan kontrak / akun / rekening

 

Kami sarankan Anda untuk mencari KPI yang tepat untuk setiap departemen. Uji cobalah selama beberapa waktu, buat penyesuaian jika dibutuhkan. Dan untuk menghimpun data-data yang menunjang KPI, gunakanlah Aplikasi HR LinovHR Cloud. Sehingga data-data yang disajikan menjadi sumber KPI yang dibuat menjadi akurat. Saat Anda menemukan KPI yang spesifik untuk departemen dan perusahaan, Anda siap untuk melaju dalam bisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>